Sukses

Berapa Asupan Minum Air Putih Sehari pada Orang Dewasa, Remaja dan Anak-Anak?

Jumlah air putih yang Anda butuhkan dapat bergantung pada ukuran tubuh, seberapa banyak olahraga yang Anda lakukan, seberapa panas cuaca, dan faktor lainnya.

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 60 persen dari berat badan terdiri dari air. Anda membutuhkannya untuk setiap fungsi tubuh. Mulai dari mengeluarkan racun dari organ-organ tubuh, membawa nutrisi ke dalam sel-sel tubuh, melindungi persendian, dan membantu mencerna makanan yang dikonsumsi.

Jika tidak mendapatkan cukup air putih, Anda bisa mengalami dehidrasi. Kasus dehidrasi yang parah dapat menyebabkan pusing, kebingungan, bahkan kejang.Itulah mengapa penting untuk memenuhi kecukupan air putih yang dibutuhkan tubuh Anda setiap hari.

Tidak ada jumlah tertentu yang tepat untuk semua orang. Jumlah air putih yang Anda butuhkan dapat bergantung pada ukuran tubuh, seberapa banyak olahraga yang Anda lakukan, seberapa panas cuaca, dan faktor lainnya.

Berapa Banyak Air Putih yang Anda Butuhkan Setiap Hari?

Kita semua pernah mendengar bahwa delapan gelas air putih setiap hari adalah yang terbaik. Namun kenyataannya, asupan air putih harian yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda.

Meski begitu, ada beberapa pedoman dasar:

  • Untuk pria, Institute of Medicine (IOM) merekomendasikan total 13 gelas (sekitar 3 liter) cairan setiap hari, mengutip dari WebMD.
  • Untuk wanita, mereka menyarankan 9 cangkir (sedikit di atas 2 liter) cairan setiap hari. Wanita hamil harus minum sekitar 10 gelas air setiap hari. Mereka yang menyusui membutuhkan sekitar 12 gelas.
  • Jika Anda berada di luar ruangan pada hari yang panas atau melakukan sesuatu yang membuat Anda berkeringat, maka Anda perlu minum lebih banyak cairan agar tetap terhidrasi. Hal yang sama juga berlaku jika Anda menderita penyakit yang menyebabkan Anda muntah, diare atau demam.
  • Jika Anda memiliki kondisi seperti gagal jantung atau jenis penyakit ginjal tertentu, Anda mungkin perlu membatasi asupan cairan seperti air putih. Bicarakan dengan dokter Anda tentang apa yang tepat untuk Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Asupan Air Putih untuk Anak-Anak

Seperti halnya orang dewasa, jumlah air putih yang dibutuhkan anak-anak tergantung pada banyak hal, seperti usia, berat badan, dan jenis kelamin. Hal lain yang juga berperan adalah seberapa sehat dan aktifnya mereka dan seperti apa iklim di tempat tinggal mereka.

 

Secara umum, anak-anak dan remaja membutuhkan sekitar 6 hingga 8 gelas air sehari. Mereka juga harus makan banyak buah dan sayuran segar, yang mengandung banyak air. Anak-anak yang lebih kecil membutuhkan lebih sedikit air.

Anak-anak berusia 1-3 tahun harus minum sekitar 4 gelas air putih sehari, dan mereka yang berusia 4-8 tahun membutuhkan sekitar 5 gelas.

Saat bermain atau berolahraga, sebaiknya anak minum setengah cangkir hingga 2 cangkir air setiap 15 hingga 20 menit.

Bayi adalah pengecualian untuk aturan ini. Bayi di bawah 6 bulan tidak boleh diberi air putih. Karena perut bayi seukuran telur, memberi mereka air putih dapat menghabiskan ruang terbatas di perut mereka untuk ASI. ASI ini sangat penting untuk pertumbuhan mereka.

3 dari 5 halaman

Manfaat Minum Air Putih

Air putih membantu menjaga kesehatan Anda dengan berbagai cara. Manfaat minum cukup air putih antara lain:Membantu membuang limbah dari tubuh Anda melalui air seni, tinja, dan keringatMembantu tubuh tetap berada pada suhu normalMembantu melindungi jaringan-jaringan halus dalam tubuh Menjaga sendi tetap lentur dan terlumasiMenambah kesehatan kulit dan menjaga kulit Anda tetap elastisKapan Tubuh Butuh Lebih Banyak Asupan Air Putih?Merujuk informasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, ada beberapa kondisi Anda harus lebih banyak minum air putih, yakni:Saat berolahraga atau aktif secara fisik.Cuaca yang sangat panas.Saat mengalami demam, diare atau muntah-muntah.Hamil dan menyusui. Wanita hamil disarankan mengonsumsi air sekitar 2,4 liter sehari. Sedangkan wanita yang menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter per hari.Apabila tubuh kekurangan air akan terjadi dehidrasi. Dehidrasi dapat merusak aspek fungsi kognitif (konsentrasi menjadi tidak fokus). Dehidrasi sangat berbahaya karena bisa terjadi tanpa adanya gejala yang signifikan. Gangguan dehidrasi yang fatal yaitu bisa menyebabkan pingsan, koma, bahkan kematian.Tips Memenuhi Kebutuhan Air Putih Setiap HariBerikut tips memenuhi kebutuhan air putih setiap harinya sehingga dehidrasi dapat terhindarkan:Sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa saat aktivitas setiap hari. Dengan demikian, Anda akan teringat untuk mengonsumsinya.Cobalah untuk membiasakan minum air putih setiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan.Anda bisa menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water.

Air putih membantu menjaga kesehatan Anda dengan berbagai cara. Manfaat minum cukup air putih antara lain:

  1. Membantu membuang limbah dari tubuh Anda melalui air seni, tinja, dan keringat
  2. Membantu tubuh tetap berada pada suhu normal
  3. Membantu melindungi jaringan-jaringan halus dalam tubuh
  4. Menjaga sendi tetap lentur dan terlumasi
  5. Menambah kesehatan kulit dan menjaga kulit Anda tetap elastis
4 dari 5 halaman

Kapan Tubuh Butuh Lebih Banyak Asupan Air Putih?

Merujuk informasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, ada beberapa kondisi Anda harus lebih banyak minum air putih, yakni:

  • Saat berolahraga atau aktif secara fisik.
  • Cuaca yang sangat panas.
  • Saat mengalami demam, diare atau muntah-muntah.
  • Hamil dan menyusui. Wanita hamil disarankan mengonsumsi air sekitar 2,4 liter sehari. Sedangkan wanita yang menyusui disarankan mengonsumsi air sekitar 3,1 liter per hari.

Apabila tubuh kekurangan air akan terjadi dehidrasi. Dehidrasi dapat merusak aspek fungsi kognitif (konsentrasi menjadi tidak fokus). Dehidrasi sangat berbahaya karena bisa terjadi tanpa adanya gejala yang signifikan.

Gangguan dehidrasi yang fatal yaitu bisa menyebabkan pingsan, koma, bahkan kematian.

5 dari 5 halaman

Tips Memenuhi Kebutuhan Air Putih Setiap Hari

Berikut tips memenuhi kebutuhan air putih setiap harinya sehingga dehidrasi dapat terhindarkan:

  • Sediakan gelas atau botol berisi air minum di meja atau tas yang Anda bawa saat aktivitas setiap hari. Dengan demikian, Anda akan teringat untuk mengonsumsinya.
  • Cobalah untuk membiasakan minum air putih setiap waktu makan atau saat mengonsumsi camilan.
  • Anda bisa menambahkan rasa pada air putih agar terasa lebih enak. Salah satunya dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pada minuman infused water

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini