Sukses

Sosok Doni Monardo di Mata Tokoh dan Rekan, Pribadi yang Berintegritas dan Berprestasi

Sosok Doni Monardo dikenang sejumlah pihak sebagai pribadi yang berintegritas.

Liputan6.com, Jakarta - Upacara pemakaman Letjen Purn. Doni Monardo akan dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak hari ini, Senin, 4 Desember 2023.

Mengutip Antara, jenazah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tahun 2019-2021 itu akan lepas secara militer dari rumah duka ke Mako Kopassus Cijantung dengan Inspektur Upacara Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad) Letjen TNI Arif Rahman sekitar pukul 08.00 WIB.

"Sekitar pukul 10.30 WIB, jenazah akan diberangkatkan menuju pemakaman TMP Kalibata dengan Inspektur Upacara KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak," ujar Perwakilan Persatuan Purnawirawan TNI-Angkatan Darat (PPAD) Brigjen TNI (Purn) Bambang Irianto di Jakarta, Minggu.

Mantan Kepala BNPB Doni Monardo meninggal dunia pada Minggu, 3 Desember 2023, pukul 17.35 WIB di RS Siloam Semanggi, Jakarta. Sebelum tutup usia, Doni dikabarkan menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak September 2023.

Sosok Doni Monardo dikenang sejumlah pihak sebagai pribadi yang berintegritas, salah satunya oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

"Wapres sangat menghormati integritas beliau sebagai seorang tokoh, sehingga tokoh seperti dia sangat dibutuhkan negara, kata Wapres," tutur Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi di Jakarta, Minggu (3/12) petang.

Menurut Masduki, Wapres akan berusaha menyempatkan diri melayat ke rumah duka mantan Kepala BNPB Doni Monardo pada Senin. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Andika Perkasa: Kita Kehilangan Salah Satu Perwira Tinggi Terbaik

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa pun memiliki kesan tersendiri terhadap almarhum Doni Monardo. Bagi Andika, Doni adalah sosok yang punya jati diri dan prestasi luar biasa.

"Karena Mas Doni adalah orang yang punya jati diri, punya prestasi yang luar biasa, sehingga beliau masih dinas," ujar Andika, Minggu.

Andika mengaku kehilangan sosok yang pernah menjadi Ketua Satgas Penanganan COVID-19 itu. Andika menyebut, Doni yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional pada 2018-2019 sebagai salah satu perwira terbaik di TNI dan TNI AD.

"Kami kehilangan salah satu perwira tinggi terbaik di Angkatan Darat maupun di TNI," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

Doni Monardo Sosok Pemimpin, Guru, dan Sahabat

Di mata rekan-rekan sejawatnya di BNPB dan Satgas COVID-19, Doni Monardo dikenal sebagai sosok pemimpin, guru dan juga sahabat. Kepemimpinan Doni selama 2 tahun 4 bulan meninggalkan kenangan manis.

Kala Doni Monardo mengakhiri masa tugas sebagai Kepala BNPB dan Ketua Satgas COVID-19, Sekretaris Utama (Sestama) BNPB kala itu, Lilik Kurniawan mengatakan banyak keteladanan dan pembelajaran yang diberikan oleh Doni.

"Pak Doni memberikan sumbangsih dan dedikasi kemajuan BNPB di Indonesia, terutama dalam aspek penanggulangan bencana," ucap Lilik pada 25 Mei 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini