Sukses

Hilangkan Lemak Perut Membandel Tanpa Olahraga, Catat 5 Cara Ini Ya!

5 Cara Mudah Hilangkan Lemak Perut Tanpa Olahraga

Liputan6.com, Jakarta - Mengangkat dumbbell di ruang gym atau melangkah di treadmill tentu bukan hal yang mudah untuk sebagian orang. Aktivitas olahraga secara teratur memang terbilang efektif untuk menurunkan berat badan secara keseluruhan. Sayangnya, banyak orang tidak sanggup melakukannya.

Ternyata, masih banyak pilihan lain yang lebih ringan untuk mengusir lemak di perut, seperti menerapkan intermittent fasting dan konsumsi sayuran, serta sumber protein.

Sebagai peringatan, kita tidak bisa mengurangi lemak perut tanpa melakukan aktivitas fisik sama sekali dan menjalani gaya hidup kurang bergerak.

Oleh karena itu, bantulah dengan lima cara berikut ini untuk menghilangkan lemak perut, dilansir dari Eat This Not That pada Jumat, 1 Desember 2023.

1. Cobalah Intermittent Fasting

Intermittent fasting bisa meningkatkan upaya penurunan lemak yang tepat. Bagi yang belum mengetahuinya, puasa intermiten mengharuskan kita untuk menikmati makanan dalam jangka waktu tertentu. Lalu berpuasa sebelum dan sesudah jangka waktu tersebut.

“Puasa intermiten memungkinkan saluran pencernaan beristirahat dan tubuh bisa menggunakan nutrisi yang telah dikonsumsi pada hari sebelumnya. Selain itu, ini juga mencegah makan larut malam dan meningkatkan pencernaan yang optimal,” jelas ahli gizi dan nutrisi, Amy Shapiro, MS, RD, CDN.

Ia mekomendasi puasa intermiten untuk perempuan adalah selama 12 sampai 14 jam. Sedangkan pria selama 14 sampai 16 jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Batasi Karbohidrat

Cara mudah selanjutnya untuk menghilangkan timbunan lemak di perut adalah dengan membatasi karbohidrat. Menurut Shapiro, karbohidrat bisa berubah menjadi gula di tubuh.

“Karbohidrat yang tertimbun tanpa olahraga, ini akan tersimpan sebagai lemak,” ungkapnya.

Menghilangkan karbohidrat tidak sehat dari pola makan dan menggantinya dengan serat bisa membuat kita kenyang. Selain itu, protein dan lemak sehat juga bisa membuat kita merasakan manfaat yang sama.

Sementara jenis karbohidrat seperti nasi putih, roti, kue kering, makanan manis, dan sereal tertentu tidak mengandung nutrisi penting tersebut. Namun akan aman bila dimakan tidak terlalu banyak atau dibatasi.

3 dari 4 halaman

3. Santap Sayuran dalam Dua Kali Makan Sehari

Sayuran segar menawarkan serat dan air yang akan membantu seseorang merasa kenyang lebih lama. Sayuran juga tidak memiliki jumlah kalori yang tinggi, serta rendah lemak. Sehingga tidak akan membuat berat badan bertambah, meski makan banyak.

Saat mencoba menghilangkan lemak perut, santaplah lebih banyak sayuran untuk menggantikan makanan lain yang berkalori tinggi. Usahakan untuk menambahkan sayuran dua kali makan setiap hari.

4 dari 4 halaman

4. Tetap Terhidrasi

Menghindari minuman manis adalah ide yang cerdas untuk menghilangkan lemak di perut. Ini karena minuman manis mengandung banyak kalori dan tidak ada nutrisi sama sekali.

“Fokuslah untuk minum lebih banyak air mineral. Air bisa membantu meningkatkan metabolisme dan membuat kenyang,” ungkap Shapiro.

Sebelum makan sesuatu, minumlah segelas air dan rasakan kembali lapar dalam beberapa menit. Cara ini cukup efektif untuk mencegah kebiasaan makan berlebih.

5. Temukan Hobi Fisik yang Disukai

Hanya karena tidak menyukai gym atau olahraga yang terstruktur, bukan berarti tidak dapat menemukan hobi aktif yang disukai. Seperti yang sudah kita ketahui, menjalani hidup dengan kurang bergerak tidak akan membantu menurunkan berat badan dan lemak perut.

Tidak apa jarang berolahraga, tetapi minimal harus menggerakan tubuh setiap hari. Cobalah melakukan aktivitas ringan seperti, berjalan-jalan, melakukan peregangan dengan yoga, atau kegiatan lain yang benar-benar disukai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini