Sukses

Keluarga Kiki Fatmala Minta agar Kiriman Karangan Bunga Diganti dengan Sumbangan ke Badan Amal

Karangan bunga untuk Kiki Fatmala sebaiknya diganti berupa sumbangan ke badan amal. Demikian permintaan pihak keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Pemeran Si Manis Jembatan Ancol, Kiki Fatmala meninggal dunia pada Jumat, 1 Desember 2023. Komplikasi kanker dikabarkan yang merenggut nyawa sang aktris senior di umur 56 tahun.

Kabar duka terkait meninggalnya Kiki Fatmala dibagikan melalui sebuah unggahan di akun Instagram terverifikasi centang biru, @qq_fatmala kira-kira sejam yang lalu.

Begini bunyi pernyataan tersebut:

 

Dengan kesedihan mendalam dan hati yang berat, kami ingin mengumumkan berpulangnya yang tercinta Kiki Fatmala, yang bukan hanya anggota terkasih keluarga kami tetapi juga seorang sahabat yang dikenal oleh banyak orang

Kiki Fatmala meninggal dunia pada 1 Desember 2023 pada usia 56 tahun, karena komplikasi akibat kanker

Di saat-saat sulit ini, keluarga kami memohon privasi dan pengertian atas rasa berduka dan kehilangan kami.

Meskipun kami menghargai minat publik untuk menghormati kenangan beliau, kami memilih untuk menyelenggarakan layanan memorial yang tertutup dan pribadi hanya untuk keluarga dan teman-teman terdekat

Kami meminta penghormatan dan pengertian Anda untuk memberi kami ruang untuk berduka dan mengenang Kiki Fatmala dalam suasana yang tenang dan intim

 

Masih melalui keterangan yang tercantum di unggahan itu, pihak keluarga Kiki Fatmala juga menyatakan tidak akan memberikan wawancara atau pernyataan tambahan.

Bahkan, pihak keluarga juga meminta bagi siapa saja yang ingin mengirimkan karangan bunga untuk diganti dengan sumbangan ke badan amal.

"Bagi yang ingin mengirimkan karangan bunga, keluarga meminta agar digantikan dengan sumbangan kepada badan amal sebagai penghormatan untuk Kiki Fatmala."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjuangan Kiki Fatmala Melawan Kanker Paru-Paru

Selama dua tahun terakhir, Kiki Fatmala memang beberapa kali tampil di muka publik untuk menceritakan soal perjuangannya melawan kanker. Kiki didiagnosis mengidap kanker paru-paru stadium pada 2021.

Dalam wawancara di kanal YouTube Maia Al El Dul TV bersama Maia Estianty, Kiki Fatmala mengungkap bahwa penyakit ini awalnya diketahui saat suaminya, Christopher, ingin melakukan pemeriksaan cancer marker dalam general checkup di RS.

Kala itu Kiki merasa kondisinya baik-baik saja, tapi suami memintanya tetap melakukan cancer marker karena dua sahabatnya terkena kanker.

"Akhirnya dicek, kita ke rumah sakit dicek semua pas keluar hasilnya, ada sesuatu di paru-paru. Masih, ‘Apa, nih?’ Dilanjutin di ct scan ternyata dokter bilang, ‘Wah ini kayaknya kanker’," ujar Kiki Fatmala kala itu.

3 dari 3 halaman

Kiki Fatmala Jalani Kemoterapi Usai Didiagnosis Kanker Paru-Paru

Untuk mengalahkan sel kanker yang bersarang di tubuhnya, Kiki menjalani kemoterapi hingga delapan kali. Dalam wawancara pada 2022 lalu, ia mengungkap penyakit ini akhirnya bisa dikendalikan.

"Setelah delapan kali dokter bilang sudah enggak ada yang dikemo lagi, karena kankernya sudah tidur. Kanker aku sudah mengecil. Sudah enggak kemo lagi, tapi sekarang aku imunologi," kata Kiki.

Meski begitu, dia tetap harus menjalani pengobatan dan berada di bawah pengawasan dokter.

Perjalanan Karier Kiki Fatmala

Kiki Fatmala adalah aktris kelahiran 26 Oktober 1969 yang kariernya di layar lebar dimulai pada 1988 lewat film Permainan di Balik Tirai dan Malu-malu Mau bersama Warkop DKI.

Kiki Fatmala juga dikenal sebagai gadis Warkop paling terkenal di eranya. Bersama trio Dono Kasino Indro, ia mencetak box office lewat film Bisa Naik Bisa Turun, Masuk Kena Keluar Kena, dan Bagi-bagi Dong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.