Sukses

Bukan Benda dan Barang Mahal, Ini 4 Hal yang Bikin Anak Bahagia

Meluangkan waktu bersama anak adalah salah satu bagian terpenting agar mereka bahagia. Orangtua harus tahu!

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi orangtua merupakan suatu hal yang luar biasa. Orangtua mana pun akan selalu berusaha untuk menjadi sosok yang terbaik untuk anaknya.

Menghadapi anak juga bisa menjadi tantangan tersendiri. Di satu sisi orangtua ingin menyampaikan cinta penuh kasih tapi di sisi lain tidak bisa terus memberikan apa yang anak inginkan tapi butuhkan. Terlebih orangtua harus membagi perhatian dengan anak lain atau aktivitas lain seperti rumah tangga dan bekerja.

 Melihat situasi tersebut, psikolog anak, Laura Kauffman, Ph.D, menyarankan agar orangtua menunjukan cara mencintai berbeda antara anak satu dengan yang lainnya.

“Tujuan orangtua adalah untuk menyampaikan cinta tanpa syarat melalui perhatian dengan batasan yang jelas,” ujar Kauffman.

Nah, berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa para orangtua ikuti agar anak merasa spesial dan bahagia, dilansir dari laman Parents pada Kamis, 30 November 2023.

1. Kontak Mata dengan Anak

Orangtua mungkin bisa mendengar apa yang anak katakan sambil melakukan aktivitas lain. Namun, hal tersebut ternyata akan membuat anak merasa dirinya ditempatkan posisi kedua.

Oleh karena itu, sebaiknya ketika anak mengajak berbicara, lakukanlah kontak mata dan berikan perhatian penuh padanya.

Selain itu, orangtua juga bisa merespons ucapannya dengan mengajukan pertanyaan secara antusias.

Hal tersebut seolah akan menunjukkan sisi orangtua hadir untuk dirinya. Namun, jika tidak memungkinkan untuk menunda pekerjaan, sebaiknya jelaskan dan minta waktu kepada anak terlebih dahulu. Berilah pengertian tentang pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Luangkan Waktu Bersama

Sebagian orangtua mungkin sibuk dengan aktivitas yang cukup memakan waktu. Namun, penting bagi orangtua agar meluangkan waktu walau paling tidak 10 menit per hari untuk anak. Pada momen tersebut, pastikan tidak ada gangguan dengan mematikan ponsel jika memang dibutuhkan.

Berikan perhatian penuh, dengarkan cerita, bercanda bersama, dan sebagainya, merupakan kegiatan yang akan membuat anak merasa spesial.

Hal itu membuat anak merasa tidak sendirian dan punya sosok orangtua yang menyayanginya dengan sepenuh hati.

3 dari 4 halaman

3. Lakukan Momen Bermakna

Waktu sebelum tidur adalah kesempatan ideal untuk bersantai dan terhubung dengan anak. Orangtua bisa membacakan buku cerita atau mengobrol tentang hari-hari yang telah anak lewati.

Saling berbagi cerita indah satu sama lain juga merupakan momen yang bermakna. Hal ini akan membuat anak merasakan hangatnya sebuah keluarga.

Selain itu, memberikan pelukan, kecupan, kalimat selamat tidur, juga bisa orangtua lakukan untuk menunjukkan rasa kasih sayang.

4 dari 4 halaman

4. Dukung Kegemarannya

Bagi beberapa orangtua mungkin tidak terlalu tertarik dengan permainan anak-anak. Namun, menyukai apa yang digemari anak adalah cara yang bagus untuk menunjukkan rasa kasih sayang. Hal ini bertujuan agar anak mengetahui dirinya berharga dengan dukungan orangtua.

Melakukan kegiatan bersama yang disukai anak menjadi momen terpenting bagi mereka. Namun, pastikan orangtua turut larut dalam kecerian yang coba dibangun olehnya.

“Melakukan kegiatan yang disukai anak, tidak hanya membantu mereka merasa didukung. Namun, membuat mereka merasa juga, bahwa dirinya cukup penting bagi orangtua,” jelas Kauffman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini