Sukses

Dokter Reisa Bagi 4 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Musim Penghujan

Berikut tips menjaga daya tahan tubuh saat musim penghujan dari dokter Reisa Broto Asmoro.

Liputan6.com, Jakarta - Musim penghujan seringkali disertai dengan perubahan cuaca dan peningkatan kelembapan yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh kita.

Beberapa penyakit dan kondisi lainnya cenderung meningkat selama musim hujan. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan ddaya tahan tubuh guna menjaga tubuh dari serangan penyakit yang datang saat musim hujan.

Pemerhati kesehatan dokter Reisa Broto Asmoro memberikan beberapa tips menjaga daya tahan tubuh saat musim hujan.

"Pencegahan adalah yang paling penting," kata Reisa.

"Intinya kita harus jaga supaya daya tahan tubuh kita tetap baik, tidak ada mengalaami penurunan daya tahan tubuh jadi tidak mengganggu meskipun ada perubahan iklim, cuaca atau suhu," ucap Reisa Broto  saat Siaran Sehat Bersama Dokter Reisa di Channel YouTube Kementerian Kesehatan RI ditulis Selasa (28/11/2023).

Berikut tips menjaga daya tahan tubuh saat musim penghujan:

1. Penuhi Kebutuhan Cairan

Pertama yang perlu dilakukan adalah memenuhi kebutuhan cairan setiap hari.

"Tubuh harus terhidrasi dengan baik, di mana kalau tubuh mengalami dehidrasi akan rentan mengalami berbagai penyakit yang kerap muncul," kata Reisa

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan sebab biasanya seseorang akan jarang merasa haus ketika musim hujan karena cuaca yang dingin. Namun, tubuh kita memerlukan asupan cairan yang cukup.

"Ini sangat penting ya, delapan gelas sehari atau dua liter. Atau mungkin hitungan spesifiknya minimal 0,03 liter dikali kg berat badan kita," jelas Reisa.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Penuhi Asupan Makanan Bergizi

Optimalkan untuk mengonsumsi vitamin C di musim penghujan. Vitamin C ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti jambu, brokoli, stroberi, jeruk hingga bayam yang juga tinggi vitamin C.

"'Ini penting untuk menunjang daya tahan tubuh, selain itu vitamin D juga penting apalagi musim hujan jarang bisa ditemukan sinar matahari. Nah ini sebaiknya tetap tercukupi dengan baik," kata Reisa

Vitamin D bisa didapatkan dari kuning telur, daging merah, susu, keju, ikan-ikanan, jamur dan banyak jenis makanan lainnya yang tinggi vitamin D.

 

3 dari 4 halaman

3. Tetap Lakukan Aktivitas Fisik

Saat sedang musim hujan, biasanya akan membuat kita malas untuk beraktivitas.Penting untuk tetap berolahraga meskipun di rumah agar tubuh tetap bugar.

"Lakukan olahraga-olahraga ringan yang bisa dilakukan di dalam rumah seperti naik turun tangga, sit up, gerakan duduk lalu berdiri secara beberapa kali atau angkat beban," jelas Reisa.

 

4 dari 4 halaman

4. Jaga Kebersihan

Kuman dan bakteri cenderung lebih banyak saat musim hujan, oleh karena itu disarankan untuk tetap jaga kebersihan.

"Mencuci tangan yang benar, pasti kita masih pada inget ya langkah-langkaah cuci tangan. Kapan dan bagaimana cara mencuci tangan yang benar," tutur Reisa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.