Sukses

7 Manfaat Konsumsi Buah Naga, Tingkatkan Kekebalan Tubuh hingga Dukung Kesehatan Kulit

Buah naga mengandung banyak nutrisi dengan sedikit kalori. Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat jika mengonsumsi buah naga.

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Buah naga banyak ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia. Buah ini tumbuh pada tanaman kaktus merambat dari genus Hylocereus atau Selenicereus.

Tekstur daging buahnya yang lembut dan berair sering dijadikan jus atau tambahan dalam salad buah.

Melansir Verywell Health, buah naga mengandung banyak nutrisi dengan sedikit kalori. Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat jika mengonsumsi buah naga, termasuk:

Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah naga kaya akan vitamin C, flavonoid, antioksidan, vitamin B, mineral seperti kalsium dan fosfor.

Kandungan nutrisi ini dapat mendukung pengembangan sistem kekebalan tubuh yang kuat dengan meregenerasi dan meningkatkan sel darah putih. Sel ini bertugas melindungi tubuh dari bakteri, virus, dan radikal bebas (bahan kimia yang berpotensi merusak sel).

Tingkatkan Kesehatan Jantung

Biji buah naga yang berukuran kecil dan tersebar di seluruh bagian daging buahnya mengandung antioksidan. Kandungan ini memberi tubuh asam lemak omega-3 dan omega-9 yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Manfaatnya juga dapat menurunkan kolesterol total, termasuk kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Membantu Sistem Pencernaan

Buah naga kaya akan serat makanan yang terdiri dari oligosakarida. Meskipun tidak dicerna di perut, serat ini bertindak sebagai prebiotik, mendorong pertumbuhan bakteri sehat seperti bifidobacteria dan lactobacilli. Mereka membantu dalam proses pencernaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Konsumsi Buah Naga Berikutnya

Manfaat berikutnya dari konsumsi buah naga adalah:

Turunkan Gula Darah Diabetes Tipe 2

Serat dalam buah naga membantu pengidap diabetes tipe 2 merasa kenyang lebih lama, menurunkan berat badan, dan menormalkan kadar gula darah.

“Penelitian menunjukkan bahwa beberapa penderita diabetes tipe 2 yang tidak bergantung pada insulin mungkin dapat menurunkan kadar gula darah setidaknya 19 persen bila buah naga dikonsumsi setiap hari,” mengutip Verywell Health, Sabtu (18/11/2023).

Bantu Kurangi Sel Kanker

Buah naga merah mengandung likopen, antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi sel kanker dalam tubuh.

Bukti menunjukkan bahwa ekstrak buah naga merah dapat membantu mencegah dan mengobati kanker payudara.

3 dari 4 halaman

Kurangi Peradangan

Tak henti di situ, buah naga juga dapat mengurangi peradangan. Sifat anti-inflamasi buah naga dapat membantu mengatasi rasa sakit dan bengkak.

Hal ini dapat membantu mengurangi nyeri kronis, peradangan, dan nyeri akibat rheumatoid arthritis.

Dukung Kesehatan Kulit

Vitamin C dan antioksidan dalam buah naga dapat membantu mengatasi jerawat dan memperlambat perkembangan penuaan dini pada kulit.

Nutrisi ini juga dapat membantu memperbaiki kerusakan sel dan membantu mendapatkan penampilan yang lebih muda.

4 dari 4 halaman

Kandungan Nutrisi Buah Naga

Buah naga merupakan buah yang kaya akan vitamin, mineral, serat makanan, karbohidrat kompleks, dan antioksidan, tapi rendah kalori.

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), profil nutrisi dari porsi 100 gram (g) (kira-kira 3,5 ons) buah naga memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Kalori: 60
  • Protein: 1,18 gram
  • Total lipid (lemak): 0 gram
  • Karbohidrat: 12,9 gram
  • Total serat makanan: 2,9 gram
  • Gula: 7,65 gram
  • Kalsium: 18 miligram (mg)
  • Besi: 0,74 mg
  • Magnesium: 40 mg
  • Natrium: 0 mg
  • Vitamin C: 2,5 mg
  • Tiamin (B1): 0 mg
  • Riboflavin (B2): 0,1 mg
  • Niasin (B3): 0,353 mg
  • Vitamin A: 59 unit internasional (IU)
  • Total asam lemak jenuh: 0 gram
  • Kolesterol: 0 gram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.