Sukses

Soleh Solihun Kecam Tindakan Disney Donasi Rp31 M ke Israel: Malah Kasih Bantuan Negara yang Bunuh Anak-Anak

Disney Donasi Rp31 M untuk Israel dan tindakan ini mendapat kecaman Soleh Solihun

Liputan6.com, Jakarta - Stand Up Comedian, Soleh Solihun, melalui akun Twitter alias (X) pribadinya, @solehsolihun, mengecam tindakan Disney yang terang-terangan memberi bantuan uang untuk Israel.

"100 tahun bikin karya buat menghibur anak-anak, eh sekarang malah ngasih bantuan buat negara yang membunuh anak-anak. Shame on you @Disney," kicau Soleh Solihun sebagai keterangan untuk unggahan berupa tangkapan layar (screen shoot) artikel berjudul 'The Walt Disney Company Donates To Support Humanitarian Relief Following Terrorist Attacks In Israel'.

 

Dikutip dari situs Variety pada Jumat, 10 November 2023, Disney diketahui menyumbang 2 juta USD atau setara Rp31,3 M untuk bantuan kemanusiaan Israel setelah serangan Hamas yang terjadi pada 7 Oktober 2023.

Berita soal donasi untuk Israel yang diberikan Disney dirilis Variety pada 12 Oktober 2023.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa perusahaan Walt Disney menyumbangkan uang sebesar itu kepada organisasi yang memberikan bantuan kemanusiaan kepada mereka yang terkena dampak perang Israel dan Hamas.

"Setelah serangan teroris mengerikan yang menargetkan orang-orang Yahudi di Israel akhir pekan lalu, kita semua harus melakukan apa yang kita bisa untuk mendukung orang-orang tak bersalah yang mengalami begitu banyak penderitaan, kekerasan, dan ketidakpastian --- terutama anak-anak," kata CEO Perusahaan The Walt Disney, Bob Iger.

"Kami mengutuk serangan-serangan ini, kebencian yang memotivasi mereka, dan semua tindakan terorisme, dan kami akan terus berupaya mencari lebih banyak cara untuk memberikan dukungan di kawasan ini, dan untuk menghormati para korban, keluarga mereka, dan semua orang yang terkena dampak perang ini," Bob menambahkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Donasi Disney untuk Israel

Disney mendonasikan 1 juta USD atau setara Rp15 M kepada Magen David Adom, yang merupakan bagian dari gerakan Palang Merah Bulan Sabit Merah dan menyediakan layanan medis darurat dan perbankan darah di Israel.

Kemudian, 1 juta USD lagi kepada organisasi nirlaba lainnya di wilayah tersebut dengan fokus memberikan bantuan kepada anak-anak.

Saat mengumumkan donasi mereka pada Kamis malam, Disney juga mengatakan bahwa perusahaan tersebut memberikan donasi amal dari karyawan Disney hingga 25 ribu USD atau setara Rp392.107.500.

Perusahaan-perusahaan lain telah mengambil tindakan untuk membantu upaya bantuan di tengah serangan teroris.

Skydance, milik David Ellison menjanjikan $1 juta kepada American Friends of Magen David Adom melalui program pencocokan karyawan.

"Skydance mendukung Israel, mengutuk keras serangan terhadap warganya, menyumbangkan dukungan kepada para korban aksi terorisme tragis ini, dan berdoa untuk pembebasan sandera yang tidak bersalah," kata pernyataan Skydance pada 8 Oktober 2023.

Selain itu, Comcast juga memberikan 2 juta USD untuk membantu upaya kemanusiaan yang dilakukan di Israel dan Timur Tengah, menurut laporan Variety.

Sumbangan Comcast segera mencakup 1,5 juta USD kepada Save the Children Federation Inc, Doctors Without Borders, Direct Relief, dan American Friends of Magen David Adom.

Selain itu, perusahaan mendonasikan hingga 500 ribu USD untuk seluruh donasi karyawan ke organisasi-organisasi tersebut, selain kontribusi yang telah diberikan oleh program hadiah pendamping Comcast.

3 dari 3 halaman

Warganet pun Ikut Mengecam Aksi Disney Donasi untuk Israel

Menyoal kecaman Soleh Solihun, berdasarkan pantauan Health Liputan6.com hingga Jumat malam, kicauan mantan wartawan tersebut mendapat 4,9 ribu respons dari warganet dan memeroleh tanda suka (likes) sebanyak 5,7 ribu akun.

"Biasanya kalau bang Soleh sudah speak up bakalan didengarin, nih," kicau akun @ahrie*****. Kicauan tersebut berhubungan dengan kasus STNK yang pernah terjadi pada Soleh.

"Disney makin ke sana makin ke sini. Mulai dari menyusupkan nilai-nilai kaum pelangi di setiap filmnya, sekarang malah dukung Israel. Shame on you @disney," cuit @sam*****

Sejumlah akun bercentang biru juga ikut mengomentari unggahan Soleh Solihun, seperti Miss Ririn English @hermionyyye.

"DISNEY yang orang tahu sebagian besar penggemar/penontonnya anak-anak. Sekarang malah mendukung children massacre?! Dua kata 'Tega dan Miris'," kicaunya.

Dokter anak K S Denta, @sdenta, pun merespons unggahan Soleh Solihun dengan mengatakan akan berhenti berlangganan Disney+ dan berhenti menonton film-filmnya.

"Hiburan dari mereka tidak sebanding dengan rasa sakit dan nyawa dari saudara-saudara saya," kicaunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini