Sukses

Mpox Bisa Menular dari Percikan Droplet tapi Bukan Bersifat Airborne

Penularan cacar monyet atau Mpox tidak bersifat airborne atau melalui partikel kecil di udara.

Liputan6.com, Jakarta - Penularan penyakit cacar monyet atau Mpox antarmanusia bisa terjadi melalui droplet atau percikan ludah jarak dekat kurang dari dua meter atau kontak mulut langsung, seperti disampaikan Ketua Pencegahan Infeksi dan Kontrol Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta Ari Prayitno.

"Tentu droplet masih dipengaruhi oleh gravitasi sehingga jarak memengaruhi," ujar Ari di Jakarta, Kamis, dilansir Antara.

Meski demikian, Ari menekankan bahwa penularan cacar monyet tidak bersifat airborne atau melalui partikel kecil di udara.

Jika suatu penyakit menular secara airborne maka gravitasi tidak ikut memengaruhi dan daya jangkau bisa lebih dari dua meter.

"Maka kalau droplet, di bawah dua meter risiko tetap ada," Ari menegaskan.

Penularan Mpox dari hewan ke manusia, tambah Ari, biasanya terjadi melalui luka, gigitan, cakaran, atau kontak erat dengan monyet atau seseorang yang mengonsumsi daging monyet seperti orang-orang di Afrika.

Ari kemudian menjelaskan, perawatan seseorang yang terinfeksi cacar monyet bisa dengan mencermati risiko dan komplikasi gejala yang timbul. Untuk cacar monyet dengan gejala ringan, maka cukup melakukan isolasi mandiri.

Jika pasien monkeypox hendak isolasi mandiri, harus terdapat standar pencegahan dan pengendalian infeksi. Hal tersebut terbagi menjadi kewaspadaan standar dan kewaspadaan berbasis isolasi, dalam hal ini kontak dan droplet.

"Untuk gejala ringan dari cacar monyet, cukup lakukan isolasi mandiri dan bisa dirawat di tempat tinggal namun harus terpisah dari orang lain seperti di rumah sakit," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tata Cara Isolasi Mandiri

Pasien yang isolasi mandiri harus berada pada ruangan terpisah dari orang lain yang ada di tempat tinggal, menghindari penggunaan handuk mandi, pakaian, dan alat makan yang sama dengan orang lainnya.

Lalu bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh penderita, lakukan kebiasaan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer berbasis alkohol serta tidak melakukan aktivitas seksual yang melibatkan fisik.

Pasien Mpox dengan gejala berat harus menjalani perawatan di rumah sakit.

 

 

3 dari 3 halaman

Isolasi di Ruangan Terpisah

Individu yang dicurigai atau dikonfirmasi terinfeksi cacar monyet wajib ditempatkan di ruangan untuk satu orang. Jika ada kasus yang sama lebih dari satu pasien, bisa dirawat secara bersama-sama dalam ruangan yang besar dan jarak tempat tidur minimal satu meter.

Pintu ruangan harus ditutup untuk memastikan pasien tidak berjalan-jalan ke luar sehingga dapat menularkan kepada orang lainnya. Pasien pun harus memiliki kamar mandi khusus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini