Sukses

Gejala Sulit BAB atau Sembelit pada Bayi, Salah Satunya Menyusu Lebih Sedikit

Perhatikan tanda-tanda sulit BAB atau sembelit pada bayi.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta Konstipasi atau sembelit pada bayi terjadi ketika feses menjadi keras dan kering. Kondisi ini menyulitkan mereka untuk Buang Air Besar (BAB).

Terkadang, buang air besar yang keras bisa menyakitkan. Biasanya bayi mengalami sembelit saat mereka beralih dari susu formula (atau sebaliknya) bisa juga peralihan ASI ke makanan padat.

Apa yang normal sembelit pada bayi?

Semua bayi itu unik, termasuk seberapa sering mereka buang air besar. Beberapa bayi yang baru lahir, buang air besar setiap kali menyusu. Sementara bayi lain hanya akan buang air besar sekali setiap beberapa hari sekali.

Ketika berbicara tentang seberapa sering bayi baru lahir buang air besar; sekali dalam 7 hari atau 7 kali dalam sehari keduanya baik-baik saja, selama bayi Anda tumbuh, bahagia dan sehat.

Akan tetapi, jumlah buang air besar tidak penting, jika bayi Anda tampak kesakitan ketika mencoba buang air besar atau feses terlihat sangat keras dan kering, Anda harus konsultasi dengan dokter atau perawat.

Merujuk situs Pregnancy Birth and Baby, Department of Health and Aged Care Australian Government pada 25 Oktober 2023, feses bayi Anda juga akan berubah seiring waktu ketika mereka tumbuh dan berkembang dan pola makan mereka berubah.

Apa saja gejala sembelit pada bayi?

Gejala utama sembelit ditandai buang air besar yang keras dan kering. Berikut ini beberapa tanda sembelit lainnya pada bayi:

  • Bayi mungkin menunjukkan tanda-tanda mengejan ketika mencoba mengeluarkan kotoran.
  • Bayi mungkin gelisah, mungkin tampak rewel atau jengkel.
  • Bayi mungkin makan lebih sedikit atau menyusu kurang baik dari biasanya.
  • Luka mungkin muncul di kulit di sekitar anus, yang kadang-kadang bisa berdarah
  • Bayi tidak BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu

Dalam beberapa kasus, jika bayi Anda mengalami konstipasi, perut terlihat kembung atau perut mungkin tampak lebih besar dari biasanya. Kadang-kadang mungkin dapat merasakan feses bayi (benjolan keras dan padat) sambil menekan perut dengan lembut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa yang Menyebabkan Sembelit pada Bayi?

Salah satu penyebab utama konstipasi pada bayi adalah perubahan pola makan. Perubahan pola makan mungkin termasuk:

  1. berubah dari pemberian susu formula
  2. berubah dari yang sebelumnya disusui
  3. terpapar makanan dan rasa baru
  4. tidak minum cukup cairan (ASI, susu formula atau air)
  5. Lebih umum bagi bayi yang diberi susu botol (susu formula) untuk mengalami sembelit daripada bayi yang disusui
  6. Konsumsi suplemen atau makanan yang mengandung zat besi tinggi.
  7. Naik tekstur terlalu cepat. Perubahan tekstur dari bubur lumat ke bubur yang lebih kasar harus bertahap untuk mencegah sembelit.
  8. Sembelit ini juga dapat menjadi tanda bayi alergi pada bahan makanan tertentu. Amati makanan yang mungkin jadi penyebabnya.
  9. Penyebab sembelit pada bayi juga bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti hipotiroidisme, alergi makanan, penyakit celiac, hingga keracunan makanan. Sementara, pada kasus yang lebih langka, sembelit pada bayi juga bisa disebabkan oleh penyakit Hirschsprung.

Jika bayi sudah mulai makan makanan padat, kurangnya serat dalam makanan mereka juga dapat menjadi penyebab sembelit. Beberapa bayi memiliki kecenderungan alami untuk mengalami sembelit, bahkan ketika mereka memiliki pola makan yang baik dan minum cukup cairan. Ini tidak berarti mereka tidak sehat atau tidak sehat.

3 dari 4 halaman

Kapan Harus Pergi ke Dokter?

Jika merasa bayi mengalami konstipasi, temui dokter umum atau dokter anak.

Berikut ini kondisi-kondisi bayi pergi ke dokter saat bayi terlihat sulit BAB, dilansir dari situs Raising Children Australian Parenting:

1. Bayi yang disusui

Jarang bayi yang disusui mengalami sembelit. Pada minggu-minggu awal, sebagian besar bayi akan buang air besar setidaknya sekali sehari. Jika mereka buang air besar lebih jarang dari ini, itu mungkin pertanda mereka membutuhkan lebih banyak ASI.

Pada usia sekitar 6 minggu, beberapa bayi akan mulai buang air besar lebih lama, dan lainnya mungkin buang air besar hanya sekali seminggu. Jika feses mereka tetap lembut dan tidak kesakitan, mereka terus tumbuh dengan baik, ini normal.

2. Bayi yang diberi susu formula

Berapa kali bayi yang diberi susu formula, buang air besar dapat berkisar dari 3 kali sehari hingga hanya dua kali seminggu. Jika bayi buang air kecil lebih jarang dari ini, mungkin karena susu formula tidak dibuat dengan benar dan tidak memiliki cukup air di dalamnya.

Mencampur susu formula dengan benar dan memberi bayi Anda cairan ekstra mungkin bisa membantu.

3. Bayi yang sudah mulai makan makanan padat atau MPASI

Bayi yang sudah mulai makan makanan padat alias mulai memasuki Makanan Pendamping ASI (MPASI) mungkin akan buang air besar lebih kencang dan lebih jarang pada awalnya. Ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Menambahkan lebih banyak air ke makanan padat bayi Anda dapat membantu.

Selain itu, sembelit dapat disebabkan oleh masalah medis yang lebih parah. Tanda-tanda yang menunjukkan adanya masalah medis yang lebih mengkhawatirkan meliputi:

  • bayi tidak mengeluarkan mekonium (feses pertama dalam hidupnya) dalam waktu 48 jam setelah lahir
  • sembelit sejak lahir atau minggu-minggu pertama kehidupan
  • buang air besar berbentuk potongan feses
  • darah dalam tinja
  • mengalami keterlambatan perkembangan atau pertumbuhan yang buruk
  • tidak sehat disertai demam, muntah, ruam atau lesu
4 dari 4 halaman

Bagaimana Cara Mengatasi Sembelit?

Cobalah kiat-kiat ini untuk membantu bayi yang mengalami kesulitan buang air besar (BAB):

  1. Jika bayi minum susu formula, selalu ukur air terlebih dahulu sebelum menambahkan bubuk susu formula. Ini membantu memastikan bahwa rasio air dan susu formula sudah benar.
  2. Jika bayi sudah cukup umur untuk minum air putih, berikan minuman tambahan (direbus dan didinginkan terlebih dahulu).
  3. Gosok perut mereka dengan lembut untuk membantu menstimulasi usus bayi Anda mungkin juga merasa lebih baik dengan pijatan lembut untuk membantu mengatasi rasa nyeri akibat sembelit. Lakukan pijatan di bawah pusar atau dikenal sebagai pijat ILU dengan lembut selama 3-5 menit. Pijatan lembut ini dapat merangsang buang air besar.
  4. Tekuk paha bayi anda ke arah perut dan lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda dengan kedua kakinya. Ini dapat membantu feses terdorong keluar.
  5. Mandi air hangat dapat membantu menenangkan dan menenangkan bayi Anda serta meredakan ketidaknyamananJika bayi Anda berusia di atas 6 bulan, tambahkan buah dan sayuran ekstra ke dalam makanannya untuk meningkatkan asupan seratnya.

Jika bayi berusia di atas 9 bulan, menambahkan plum atau aprikot rebus ke dalam makanan mereka dapat membantu. Jika ini tidak membantu, bayi mungkin memerlukan obat-obatan untuk membantu mereka buang air besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.