Sukses

Buka Perawatan Kanker Pertama di Penang, Icon Sunsuria dan Island Hospital Tawarkan Layanan Kelas Dunia

Pusat perawatan kanker baru ini menawarkan layanan perawatan kanker komprehensif dengan fasilitas kelas dunia bagi pasien dari Malaysia serta negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Icon Sunsuria Sdn. Bhd. atau Icon Sunsuria mengumumkan kemitraan dengan Island Hospital. Kolaborasi tersebut membuka jalan bagi berdirinya pusat kanker pertama mereka di Malaysia yang menurut rencana akan dibuka di Penang pada wal 2024.

Pusat perawatan kanker baru ini menawarkan layanan perawatan kanker komprehensif dengan fasilitas kelas dunia bagi pasien dari Malaysia serta negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Kerja sama strategis ini menggabungkan keahlian onkologi regional dari Icon Sunsuria dengan kepemimpinan Island Hospital sebagai salah satu rumah sakit swasta terbesar di Malaysia dan destinasi pariwisata medis terkemuka, untuk memberikan pasien akses ke perawatan kanker berstandar dunia.

"Misi utama dari Icon Sunsuria adalah menjadikan perawatan kanker yang canggih dapat diakses dengan pendekatan yang komprehensif dan berfokus pada pasien," kata Chief Executive Officer Icon ASEAN dan Hong Kong Serena Wee.

"Kerja sama kami dengan Island Hospital adalah bukti dari misi ini, dengan menggabungkan keahlian onkologi kami yang luas dengan lembaga kesehatan ternama."

Sementara Chief Executive Officer Island Hospital Mark Wee mengatakan, kerja sama tersebut merupakan komitmen berani dari Island Hospital guna lebih mengembangkan onkologi sebagai salah satu pilar keunggulan medisnya.

"Melalui kerja sama ini, kami memperkuat komitmen untuk meningkatkan akses pasien dari seluruh wilayah ke perawatan dan teknologi terbaik, menawarkan berbagai perawatan kanker multidisiplin yang didukung tim profesional yang berdedikasi dan peralatan medis diagnostik dan terapeutik yang canggih di Island Hospital," ujar Mark Wee.

Penandatanganan kerja sama antara kedua belah pihak diwakili oleh Chief Executive Officer Icon ASEAN dan Hong Kong Serena Wee dan Chief Executive Officer Island Hospital Mark Wee pada Selasa, 17 Oktober 2023. Turut hadir dalam acara Tan Sri Datuk Ter Leong Yap yang merupakan Founder dan Executive Chairman Sunsuria Berhad serta Chief of Staf Island Hospital Lim Kooi Ling.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penang, Destinasi Favorit Wisatawan Medis dari Indonesia

Disampaikan Chief Executive Officer Sunsuria Healthcare Audrey Ooi, Penang dipilih sebagai lokasi pusat kanker pertama mereka karena letaknya strategis dengan reputasi mapan sebagai tujuan perawatan medis.

"Icon Sunsuria memilih Penang sebagai lokasi pusat pertama kami karena lokasinya yang strategis dan reputasi mapan sebagai tujuan bagi pasien yang mencari perawatan medis canggih. Dengan mendirikan pusat layanan di sini, kami tidak hanya meningkatkan akses ke perawatan kanker berkualitas tinggi untuk pasien dari Malysia dan wilayah Asia Tenggara yang lebih luas, termasuk Indonesia. Menurut Global Burden of Cancer Study (Globocan) dari WHO pada tahun 2020, Indonesia memiliki 396.914 kasus kanker dan 234.511 kematian akibat kanker. Bekerja sama dengan Island Hospital, salah satu lebaga kesehatan terkemuka di Malaysia, maka pasien kanker dari berbagai wilayah di Indonesia kini berkesempatan untuk mendapatkan perawatan kelas dunia di fasilitas baru kami," tutur Audrey.

Seperti disinggung Audrey, Penang telah menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan medis Indonesia. Menurut Penang Centre for Medical Tourism (PMED), ada 178.000 wisatawan medis yang mengunjungi Penang pada 2022. Sementara Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) melaporkan bawah pada dari 166.000 pengunjung medis, sekitar 90 persen merupakan warga Indonesia.

Penang Global Tourism menyebut, wisatawan Indonesia yang terbang ke Penang tahun lalu berasal dari Banda Aceh, Medan, Jakarta, Surabaya, dan lainnya. Pengobatan kanker menjadi salah satu alasan untuk bepergian ke luar negeri, selain pengobatan penyakit jantung dan gangguan pencernaan.

Sementara itu, Island Hospital yang berdiri sejak 1996 merupakan institusi perawatan kesehatan dengan 600 tempat tidur dan telah diakreditasi secara internasional. Diakui sebagai penyedia layanan kesehatan utama di Malaysia, rumah sakit ini melayani pasien dari komunitas lokal maupun internasional. Island Hospital pun didapuk menjadi satu-satunya rumah sakit di Penang yang masuk dalam daftar Kementerian Malaysia untuk Flagship Medical Tourism Hospital Programme (FMTH).

 

3 dari 3 halaman

Menyusul Kemitraan Sunsuria Healthcare dan Icon Cancer Centre Singapura

Kolaborasi tersebut menyusul kemitraan terbaru antara Sunsuria Healthcare--anak perusahaan Sunsuria Berhad--dan Icon Cancer Centre Singapura, bagian dari Icon Group penyedia perawatan kanker terpadu terbesar di Australia yang menghasilkan Icon Sunsuria.

Kerja sama itu menggabungkan keahlian mendalam Icon Group dalam onkologi, termasuk lebih dari 300 dokter, 50 pusat kanker, dan 5 fasilitas pembuatan obat kemoterapi dengan kekuatan dan pengetahuan Sunsuria Healthcare tentang jaringan lokal dan lanskap kesehatan untuk meningkatkan spesialis medis yang diakreditasi secara internasional serta fasilitas kelas dunia di Island Hospital. Hal ini memastikan pasien baik dari Malaysian maupun negara kawasan sekitar mendapat akses ke perawatan kanker yang komprehensif dan didasarkan pada bukti medis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.