Sukses

Sering Dianggap Penyakit Mematikan, Ini 6 Makanan yang Efektif Mencegah Kanker

Pemilihan menu makanan yang tepat memiliki dampak signifikan dalam pencegahan penyakit dan salah satu penyakit mematikan yang selalu menjadi perhatian adalah kanker.

Liputan6.com, Jakarta Makanan menjadi salah satu aspek kunci dalam menjaga kesehatan tubuh. Pemilihan menu makanan yang tepat memiliki dampak signifikan dalam pencegahan penyakit dan salah satu penyakit mematikan yang selalu menjadi perhatian adalah kanker.

Dilansir dari World Health Organization (WHO), kanker merupakan pertumbuhan sel-sel abnormal yang tumbuh secara tak terbatas dan bisa bermula hampir di setiap organ pada tubuh. Selain itu, WHO dan seluruh institusi kesehatan lainnya pun menganggap bahwa kanker merupakan penyakit yang kompleks dan memerlukan perhatian serius.

Salah satu langkah mitigasi untuk mengurangi risiko kanker yang dapat menimpa seseorang adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat pun bisa diterapkan melalui berolahraga secara rutin hingga konsumsi makanan yang sehat.

Nah, untuk makanan yang sehat, terdapat beberapa makanan yang dianjurkan dikonsumsi guna mencegah penyakit kanker muncul di tubuh seseorang. Apa saja daftarnya?

1. Buah Kaya Antioksidan

Mengonsumsi makanan yang memiliki antioksidan tinggi bisa membantu mencegah radikal bebas pemicu pertumbuhan sel kanker. Terdaftar pada American Institute for Cancer Research, apel, anggur, dan ceri bisa menangkal sel jahat tersebut.

Selain itu, buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis bisa dikonsumsi untuk mendukung kekebalan tubuh. Jika kedua hal ini dikombinasikan, tentu bisa berperan dalam mencegah perkembangan sel kanker.

2. Makanan Tinggi Protein

Protein menjadi nutrisi yang sangat diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, protein juga berperan untuk memperbaiki jaringan yang mungkin mengalami kerusakan. Beberapa sumber protein rendah lemak yang disarankan bagi penderita kanker yaitu daging tanpa lemak, susu, telur, dan yogurt.

3. Tomat

Selain menjaga kesehatan kulit, mata, dan kadar gula darah, tomat juga berperan dalam pencegahan sel kanker. Buah ini kaya akan nutrisi seperti kalium, kromium, serta vitamin A, C, dan K.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, kandungan likopen dalam tomat telah terbukti memiliki sifat antikanker. Dengan demikian, mengonsumsi tomat secara teratur dapat menjadi bagian penting dari pola makan yang sehat untuk mencegah penyakit ini.

4. Rempah-Rempah

Rempah-rempah yang sebagian besar orang ketahui mungkin hanya untuk meningkatkan rasa pada makanan. Namun ternyata rempah juga memiliki berbagai manfaat positif bagi kesehatan. 

Salah satu contohnya adalah kunyit. Umumnya, kunyit digunakan untuk meningkatkan aroma, rasa, dan warna alami pada hidangan. Di sisi lain, kunyit ternyata bisa berpotensi mengurangi risiko kanker. Ini karena adanya senyawa curcumin yang dipercaya bisa membantu mencegah kanker, khususnya di usus besar.

5. Salmon dan Tuna

Ikan laut yang paling baik dikonsumsi untuk mencegah ataupun melawan sel kanker adalah salmon dan tuna. Ini karena kedua jenis ikan tersebut memiliki asam lemak omega-3 tinggi yang dipercaya baik untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Dengan begitu, cobalah untuk mengganti jenis ikan yang lain dengan ikan salmon atau tuna sebagai lauknya. 

6. Teh Hijau

Umumnya, teh hijau digunakan sebagai bahan minuman. Faktanya, teh jenis ini juga sering digunakan sebagai bahan makanan. Katekin yang terkandung di dalamnya memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Epigallocatechin-3-gallate (EGCG) sebagai salah satu jenis katekin diidentifikasi sebagai senyawa antikanker yang efektif membunuh sel kanker. Teh hijau ini disarankan untuk dikonsumsi jika memiliki ciri-ciri kanker di area paru-paru, mulut, esofagus, dan kandung kemih.

Penyakit kanker yang sering dianggap mematikan tentu bisa diatasi dengan menjaga pola makan. Enam rekomendasi di atas merupakan senjata ampuh dalam bentuk pilihan makanan yang dapat membantu melindungi tubuh.

Selain itu, jenis makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas tentu akan mengatasi pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu, jadikan pola makanan yang tepat sebagai langkah awal dalam melawan resiko penyakit yang mengancam ini.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.