Sukses

Awas, Bisa Muncul Masalah Penglihatan Bila Abai Kesehatan Mata

Hari Penglihatan Sedunia yang tahun ini jatuh pada 12 Oktober jadi pengingat untuk merawat kesehatan mata sehingga bisa tetap produktif di tempat kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam 20 tahun terakhir, perkembangan teknologi informasi terjadi sangat pesat. Kehadiran komputer dan perangkat layar lainnya membuat pekerjaan jadi lebih mudah dan produktivitas meningkat.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah seorang pekerja tidak boleh mengabaikan kesehatan mata karena hal tersebut bisa menimbulkan gangguan pada indra penglihatan tersebut. 

“Sebenarnya ini (kehadiran teknologi) memberikan keuntungan, tetapi hati-hati ternyata menimbulkan masalah kesehatan terutama mata,” kata dokter spesialis mata konsultan Antonia Kartika dalam talkshow Hari Penglihatan Sedunia yang diperingati tahun ini pada 12 Oktober 2023.

Berikut beberapa permasalahan yang bisa muncul akibat penggunaan layar yang berlebihan.

- Computer Vision Syndrome

Pekerjaan yang menggunakan layar sistem informasi sangat akrab dengan penggunaan layar komputer bisa memunculkan masalah kesehatan mata bernama Computer Vision Syndrome.

“Penyakit ini dikenal juga Digital Eye Strain. Mata terasa tidak nyaman dan ini berhubungan dengan pemakaian, contohnya terlalu lama di depan layar,” jelas Kartika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Computer Vision Syndrome

Merujuk pada jurnal yang diterbitkan di Jepang bahwa bisa sampai 80 persen orang yang menggalami Digital Eye Strain atau Computer Vision Syndrome mengeluhkan sakit kepala.

“Tentunya ini berhubungan dari pemakaian komputer yang tidak benar, posisi duduk tidak baik, dan juga sudut penglihatannya tidak sesuai,” jelas Kartika.

Posisi duduk membungkuk dan menatap komputer, tidak sesuai dengan ergonomi. Hal itu bisa menimbulkan masalah kesehatan lain seperti sakit kepala. 

“Sehingga ini menimbulkan sakit kepala yang nantinya berdampak terhadap produktivitas kerjanya.”

Cara Mencegah

Menurut Kartika, untuk mencegah Digital Eye Strain seharusnya layar komputer diberi jarak pandang sekitar 15 derajat di bawah garis mata. Lalu atur posisi duduk agar kaki menyentuh lantai dan punggung tidak membungkuk.

"Layar komputer ditempatkan menghindari glare lampu di atas jendela," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Mata Kering

Keluhan lain yang muncul akibat bekerja terlalu lama di depan layar adalah mata kering

“Ketika mata kita jarang berkedip karena fokus, maka akan ada dry eye atau mata kering. Mata rasanya terbakar, berair, dan justru banyak mengeluarkan air,” kata Kartika. 

Lalu, bisa juga mata menjadi buram lalu sulit fokus arah pandang. 

“Mata menjadi buram, kemudian sulit memfokuskan dari jauh ke dekat dengan lebih cepat,” lanjutnya.

Kartika menyarankan, agar cegah gangguan kesehatan mata dengan memperhatikan faktor lingkungan dan komputer atau layar. Upaya ini dapat menjaga kesehatan mata itu sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.