Sukses

Menkes Budi Ungkap Verifikasi Digital STR Seumur Hidup, Sistemnya Mirip LinkedIn Lho

Sistem verifikasi digital STR seumur hidup didesain mirip LinkedIn yang dapat diperbarui sewaktu-waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin baru saja resmi meluncurkan verifikasi digital STR seumur hidup bagi tenaga medis dan kesehatan yang dapat diakses lewat portal SATUSEHAT SDMK atau Sumber Daya Manusia Kesehatan.

Melalui portal tersebut, Menkes Budi membeberkan, sistem verifikasi digital Surat Tanda Registrasi didesain mirip seperti LinkedIn. Dalam hal ini, para dokter, tenaga medis, dan tenaga kesehatan dapat memperbarui data sewaktu-waktu, kapanpun dibutuhkan.

"Yang kami lakukan di sini adalah semuanya akan dilakukan secara digital dan transparan, dengan fungsi audit yang baik. Semua pemilik registrasi ini bisa melihat sendiri datanya dia dan perkembangannya," ungkap Budi Gunadi saat 'Konferensi Pers Launching Platform SATUSEHAT SDM Kesehatan' pada Rabu (11/10/2023).

"Bahkan pemutakhirannya pun bisa dilakukan sendiri, kalau misalnya ada (data) yang salah. Ini dengan bantuan verifikasi dari kami. Jadi sama seperti LinkedIn lah, selalu update oleh teman-teman, mirip dengan itu."

Proses Update Data Transparan

Verifikasi data dilakukan oleh tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Tenaga medis dan tenaga kesehatan tinggal memasukkan data, lalu menunggu datanya terverifikasi.

"Mereka bisa verifikasi dari kami langsung, jadi diupdate semuanya (data), kalau sudah bener langsung ter-update, dilakukan secara digital. Prosesnya juga transparan," lanjut Budi Gunadi.

"Kalau sudah update langsung di portal SATUSEHAT SDMK bisa kelihatan, apakah sudah terverifikasi apa tidak ya distatusnya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sertifikat Dikirim Secara Digital

Pada proses pemutakhiran data dalam portal SATUSEHAT SDMK, sertifikat juga akan dikirimkan secara digital. Hal ini mirip seperti sertifikat vaksinasi COVID-19 dalam PeduliLindungi (sekarang aplikasi SATUSEHAT) dulu.

"Kemudian termasuk juga sertifikatnya, ini akan kami kirim secara digital, bisa langsung ke handphone, ke aplikasi SATUSEHAT seperti PeduliLindungi dulu, ya sertifikat vaksinasi," terang Menkes Budi Gunadi Sadikin.

"Sehingga keasliannya bisa dijaga dan temen-temen bisa cek anytime kalau memang dibutuhkan."

Upaya di atas diperkuat dengan diterbitkannya Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/Menkes/1911/2023 tentang Penyelenggaraan Registrasi dan Perizinan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan Pasca Terbitnya Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan.

Pengurusan STR Seumur hidup dapat dilakukan setelah Named dan Nakes melakukan pemutakhiran data profil melalui portal https://satusehat.kemkes.go.id/sdmk.

3 dari 4 halaman

Memudahkan dan Memurahkan Pengurusan STR Seumur Hidup

Kehadiran portal SATUSEHAT SDMK untuk pengurusan STR seumur hidup diharapkan nantinya portal ini menjadi satu-satunya aplikasi integrasi kesehatan nasional, baik masyarakat maupun tenaga medis juga tenaga kesehatan.

"Diharapkan dengan adanya integrasi ke SATUSEHAT, nantinya SATUSEHAT menjadi satu-satunya aplikasi kesehatan nasional di masyarakat, termasuk juga tenaga medis, tenaga kesehatan," harap Menkes Budi Gunadi Sadikin.

"Saya berharap dengan adanya integrasi SATUSEHAT dan STR seumur hidup akan memudahkan, memurahkan bagi para tenaga kesehatan dan medis dalam memastikan dokumen-dokumen registrasinya terjaga."

Kelola Data Profil Tenaga Kesehatan dan Tenaga Medis

Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kemenkes RI Arianti Anaya menjelaskan, platform SATUSEHAT SDMK merupakan ekosistem pertukaran data kesehatan yang akan dilakukan dan dirancang untuk mengintegrasikan dan mengelola data profil tenaga kesehatan dan tenaga medis.

"Ini juga termasuk tenaga pendukung kesehatan lainnya di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah kita akan memfasilitasi, integrasi profil dari pembaruan data pribadi dan keprofesian-keprofesian di situ," jelasnya.

"Jadi nanti kita akan melihat ada data pribadi dari setiap tenaga kesehatan serta data-data pendukung lainnya. Semuanya terintegrasi dalam SATUSEHAT SDMK."

4 dari 4 halaman

Akses Perizinan STR dan SIP

Di portal SATUSEHAT SDMK, Arianti Anaya menambahkan, dapat mengakses berbagai perizinan terkait STR dan Surat Izin Praktik (SIP).

"Kemudian juga bagaimana kita bisa memasukkan semua kompetensi-kompetensi kita yang dihitung dalam SKP (Satuan Kredit Profesi) ini ke dalam kelompok masing-masing tenaga kesehatan," tambah Ade, sapaan akrabnya.

"Tentunya, kita berharap SATUSEHAT SDMK ini bisa menjadi data yang menyelesaikan semua permasalahan yang sering timbul selama ini."

Kemudahan Perizinan

Selanjutnya, tujuan pemutahiran data melalui platform SATUSEHAT SDMK, yaitu integrasi data tenaga medis dan tenaga kesehatan di seluruh Indonesia dalam satu platform.

"Ini dilakukan sebagai tahap awal itu pemutakhiran data tenaga medis dan tenaga kesehatan untuk kemudahan perizinan dan registrasi. Nantinya bisa masuk ke dalam link-nya," kata Ade.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini