Sukses

UI Edukasi Warga dan Nakes di IKN Atasi Henti Jantung di Tempat Umum, Bekali dengan Basic Life Support

Universitas Indonesia (UI) berkolaborasi dengan PT Kimia Farma, PT Paragon Technology and Innovation, Dinas Kesehatan Kalimantan Timur, dan IMANI Care menyelenggarakan pelatihan Basic Life Support (BLS) di Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Kejadian henti jantung atau henti napas sangat mengancam jiwa, ditambah jika tidak mendapatkan tindakan yang cepat dan benar maka akan mengakibatkan kematian.

Menurut Institute for Health Matrics and Evaluation (2019), angka kematian akibat penyakit Kardiovaskular di Indonesia mencapai 651.481 penduduk per tahun. Bahkan, penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia.

Untuk itu, Universitas Indonesia (UI) berkolaborasi dengan PT Kimia Farma, PT Paragon Technology and Innovation, Dinas Kesehatan Kalimantan Timur, dan IMANI Care menyelenggarakan pelatihan Basic Life Support (BLS) di Aula Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aji Batara Agung Dewa Sakti (ABADI) Samboja, Kalimantan Timur pada 30 September hingga 1 Oktober 2023. 

Pelatihan BLS ini bertujuan untuk memberikan peserta keterampilan yang diperlukan dalam merespon secara cepat, tanggap, dan efektif pada situasi kritis sambil menunggu bantuan medis datang.

“Pelatihan BLS ini untuk memberikan keterampilan kepada nakes dan masyarakat di Puskesmas dan RSUD Wilayah IKN. Pelatihan BLS ini membekali para nakes dan non nakes untuk memberi pertolongan pertama jika menemukan kejadian cardiac arrest atau henti jantung di tempat umum,” ujar Ketua Tim Pengmas UI Ns. La Ode Abd Rahman, S.Kep., MBA.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh UI dan para mitra ini diikuti oleh 64 peserta yang terdiri dari 38 tenaga kesehatan (nakes) dan 26 peserta non-kesehatan yang berasal dari Puskesmas dan RSUD sekitar wilayah IKN. Turut hadir dalam kegiatan yakni Kepala Bagian Kepegawaian Umum dan Keuangan RSUD ABADI Samboja dr Yazid.  

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelatihan BLS Mengacu pada AHA Guideline 2015

Para peserta mendapatkan pelatihan teori serta pelatihan praktis yang mencakup skenario-skenario keadaan darurat. Pelatihan BLS oleh IMANI Care mengacu kepada American Heart Association (AHA) Guideline 2015.

AHA Guideline 2015 merupakan pedoman penatalaksanaan kegawatdaruratan henti jantung yang banyak dirujuk oleh lembaga pelatihan kegawatdaruratan, serta dapat diaplikasikan secara universal, baik untuk masyarakat maupun tenaga kesehatan terlatih.

Peserta pelatihan menyambut baik kegiatan karena dinilai bermanfaat meningkatkan skill mereka dalam melakukan pertolongan pertama pada kejadian darurat. 

“Saya merasa senang dapat mengikuti pelatihan ini, karena melalui kegiatan ini mampu meningkatkan skill saya dalam melakukan pertolongan pertama pada pasien saat kondisi gawat darurat,” kata Murni yang merupakan peserta nakes dari Puskesmas Samboja.

3 dari 3 halaman

Diharapkan Kegiatan Serupa Terus Diadakan

Sementara itu, Muroni yang juga merupakan salah seorang peserta non-nakes menyampaikan, berkat adanya kegiatan pengmas ini dirinya menjadi lebih memahami dan mengerti dalam menghadapi situasi darurat pada pasien henti jantung dan henti napas.

“Saya sebagai sopir ambulans dan staf admin merasa terbantu dengan pelatihan ini. Saya jadi tahu cara memberikan pertolongan pertama kepada pasien yang mengalami henti jantung dan henti napas. Ke depannya, saya berharap kegiatan ini tetap terus diadakan untuk kami tenaga non-nakes yang bekerja di Puskesmas,” kata Muroni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini