Sukses

Fakta Sunscreen atau Tabir Surya, Pelindung Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Ketahui seputar sunscreen atau tabir surya yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah cuaca panas yang masih melanda, penggunaan sunscreen atau tabir surya menjadi salah satu perlindungan ekstra ketika beraktivitas di luar ruangan. Apalagi bagi para pekerja lapangan yang bekerja di bawah sinar matahari langsung.

Merujuk informasi U.S. Food and Drug Administration (FDA), tabir surya harus lulus tes tertentu sebelum dijual. Namun, cara Anda menggunakan produk ini, dan tindakan perlindungan lain yang Anda lakukan, akan membuat perbedaan dalam seberapa baik Anda dapat melindungi diri sendiri dan keluarga dari sengatan sinar matahari.

Sebab, dampak dari dari paparan sinar matahari yang berlebihan dapat mengakibatkan kanker kulit, penuaan dini pada kulit, dan risiko kesehatan lain.

Cara mengaplikasikan dan menyimpan tabir surya

Oleskan 15 menit sebelum Anda pergi ke luar rumah. Hal ini memungkinkan tabir surya (dengan SPF 15 atau lebih tinggi) memiliki waktu yang cukup untuk memberikan manfaat yang maksimal.

  1. Gunakan secukupnya untuk menutupi seluruh wajah dan tubuh Anda (hindari mata dan mulut).  Orang dewasa atau anak-anak dengan ukuran sedang membutuhkan setidaknya satu ons tabir surya untuk menutupi tubuh secara merata dari ujung rambut hingga ujung kaki.
  2. Kenali kulit Anda. Orang berkulit putih cenderung menyerap lebih banyak energi matahari daripada orang berkulit gelap dalam kondisi yang sama.
  3. Oleskan kembali setidaknya setiap dua jam, dan lebih sering lagi jika Anda berenang atau berkeringat. Masih banyak orang yang tidak menggunakan sunscreen dengan benar. Menurut survei terbaru terhadap 1000 orang dewasa Amerika Serikat oleh American Academy of Dermatology, sebanyak 80 persen responden tahu bahwa mereka harus mengoleskan SPF setiap dua jam, namun hanya 33 persen orang yang melakukannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyimpan Tabir Surya Anda

Salah satu yang membuat tabir surya cepat rusak adalah faktor penyimpanan yang salah. Meski sekilas tampak tak ada perubahan pada tabir surya yang rusak, namun terus memakainya hanya akan membuat kulit Anda jadi rentan terbakar.

Untuk menjaga tabir surya Anda dalam kondisi yang baik, FDA merekomendasikan agar wadah tabir surya tidak terpapar sinar matahari langsung. Lindungi tabir surya dengan membungkus wadah dengan handuk atau menyimpannya di tempat teduh.

Wadah tabir surya juga dapat disimpan di dalam pendingin saat berada di luar ruangan dalam waktu yang lama.  Inilah sebabnya mengapa semua label tabir surya harus bertuliskan: "Lindungi produk dalam wadah ini dari panas yang berlebihan dan sinar matahari langsung."

Jaga agar wadah tetap bersih. Pastikan Anda menutup tutupnya setelah menggunakan, dan coba batasi berapa kali Anda membuka dan menutupnya. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum menggunakan tabir surya. Bakteri di tangan Anda dapat berpindah ke botol yang memengaruhi efektivitas tabir surya.

Penting juga untuk mengecek tanggal kedaluwarsa tabir surya untuk memastikan bahan aktifnya masih bekerja dengan baik.

Tabir surya untuk bayi dan anak-anak

Tabir surya tidak direkomendasikan untuk bayi. FDA merekomendasikan agar bayi dijauhkan dari sinar matahari antara pukul 10 pagi dan 2 siang dan menggunakan pakaian pelindung jika harus berada di bawah sinar matahari. 

Bayi memiliki risiko yang lebih besar daripada orang dewasa terhadap efek samping tabir surya, seperti ruam. Perlindungan terbaik untuk bayi adalah menjauhkan mereka dari sinar matahari sepenuhnya.

Tanyakan kepada dokter sebelum mengoleskan tabir surya pada anak di bawah usia enam bulan.

Jenis Tabir SuryaTabir surya tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk:

  • Losion
  • Krim
  • Batangan
  • Gel
  • Minyak
  • Butters
  • Salep
  • Semprotan

Petunjuk penggunaan produk tabir surya dapat bervariasi sesuai dengan bentuknya.  Sebagai contoh, tabir surya semprot tidak boleh dioleskan langsung ke wajah Anda. Ini hanyalah salah satu alasan mengapa Anda harus selalu membaca label sebelum menggunakan produk tabir surya.

3 dari 4 halaman

Memahami Label Tabir Surya

Spektrum luas

Tidak semua tabir surya berspektrum luas, jadi penting untuk mencarinya pada label. Tabir surya dengan spektrum luas memberikan perlindungan dari radiasi ultraviolet (UV) matahari.

Ada dua jenis radiasi UV yang perlu Anda lindungi - UVA dan UVB. Spektrum luas memberikan perlindungan terhadap keduanya dengan menyediakan penghalang kimiawi yang menyerap atau memantulkan radiasi UV sebelum dapat merusak kulit.

Tabir surya yang tidak berspektrum luas atau tidak memiliki SPF minimal 15 harus mencantumkan peringatan:

"Waspada Kanker Kulit/Penuaan Kulit: Menghabiskan waktu di bawah sinar matahari meningkatkan risiko kanker kulit dan penuaan dini pada kulit. Produk ini telah terbukti hanya membantu mencegah kulit terbakar, bukan kanker kulit atau penuaan kulit dini."

Sun Protection Factor (SPF)

Tabir surya dibuat dalam berbagai macam SPF. Nilai SPF menunjukkan tingkat perlindungan dari sengatan matahari yang diberikan oleh produk tabir surya. Semua tabir surya diuji untuk mengukur jumlah paparan radiasi UV yang diperlukan.

Produk yang diberi label dengan nilai SPF yang sesuai. Nilai SPF yang lebih tinggi (hingga 50) memberikan perlindungan yang lebih besar terhadap sengatan matahari. Karena nilai SPF ditentukan dari tes yang mengukur perlindungan terhadap sengatan matahari yang disebabkan oleh radiasi UVB, nilai SPF hanya menunjukkan perlindungan UVB tabir surya.

Pada Juni 2011, tabir surya yang lulus uji spektrum luas dapat menunjukkan bahwa tabir surya tersebut juga memberikan perlindungan terhadap UVA. Untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari tabir surya, pilihlah tabir surya dengan SPF minimal 15.

Jika kulit Anda putih, Anda mungkin menginginkan SPF yang lebih tinggi, yaitu 30 hingga 50.

Tabir surya dengan SPF di atas 50 belum tentu penangkal sinar UV yang baik. Sebab sampai saat ini belum ada evaluasi yang membuktikan hal tersebut.

4 dari 4 halaman

Salah Paham soal SPF

Ada kesalahpahaman yang populer bahwa SPF berhubungan dengan waktu paparan sinar matahari. Contohnya, banyak orang percaya bahwa, jika mereka biasanya terbakar sinar matahari dalam satu jam, maka tabir surya SPF 15 memungkinkan mereka untuk berada di bawah sinar matahari selama 15 jam (misalnya, 15 kali lebih lama) tanpa terbakar sinar matahari.

Hal ini tidak benar karena SPF tidak secara langsung berhubungan dengan waktu paparan sinar matahari, tetapi dengan jumlah paparan sinar matahari.

Sinar matahari lebih kuat di tengah hari dibandingkan dengan pagi dan sore hari. Itu berarti risiko terbakar sinar matahari lebih tinggi pada tengah hari. Intensitas matahari juga terkait dengan lokasi geografis, dengan intensitas matahari yang lebih besar terjadi pada garis lintang yang lebih rendah.

Tabir surya dari negara lain

Di Eropa dan di beberapa negara lain, tabir surya diatur sebagai kosmetik, bukan sebagai obat, dan tunduk pada persyaratan pemasaran yang berbeda.

Tabir surya yang dijual di Amerika Serikat diatur sebagai obat karena membuat klaim obat - untuk membantu mencegah sengatan matahari atau mengurangi risiko kanker kulit dan penuaan dini yang disebabkan oleh matahari.

Jika Anda membeli tabir surya di luar Amerika Serikat, penting untuk membaca label untuk memahami petunjuk penggunaan dan potensi perbedaan antara produk tersebut dan produk AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini