Sukses

Kenali Kandungan Nutrisi Air Kelapa, Ini 6 Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Air kelapa punya banyak manfaat bagi kesehatan, ini 6 di antaranya

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan konsumsi air kelapa. Selain manis dan menyegarkan, kemurnian air kelapa juga diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Melansir Verywell Fit, air kelapa mengandung vitamin C ditambah karbohidrat dan elektrolit yang dapat membantu pemulihan cairan setelah berolahraga.

Menurut The United States Department of Agriculture (USDA), satu cangkir air kelapa atau setara 245g menyediakan kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 44g (gram)
  • Lemak: 0g
  • Natrium: 64mg (miligram)
  • Karbohidrat: 10.4g
  • Serat: 0g
  • Gula alami: 9.6g
  • Protein: 0,5g
  • Vitamin C: 24,3mg
  • Kalium: 404mg
  • Karbohidrat: 10,4g

Satu porsi air kelapa menyediakan sekitar 10 gram karbohidrat dan sekitar 9 gram gula alami. Sayangnya, es kelapa yang dijual di pinggir jalan, restoran, hingga produk air kelapa dalam kemasan sering dimaniskan dengan gula tambahan.

"Jadi periksalah labelnya dengan cermat jika Anda ingin membatasi gula," mengutip Verywell Fit pada Minggu, 8 Oktober 2023.

Jika tanpa gula tambahan, air kelapa adalah sumber vitamin C yang sangat baik, dengan 24mg per satu cangkir.

Jumlah tersebut adalah 32 persen dari angka kecukupan gizi yang direkomendasikan untuk wanita. Dan 27 persen untuk pria, berdasarkan pola makan 2.000 kalori per hari.

Air kelapa juga mengandung vitamin B thiamin (sekitar 8 persen dari angka kecukupan gizi harian).

Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan

Air kelapa mengandung beberapa nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan, termasuk elektrolit kalium, magnesium, dan natrium.

Berikut adalah beberapa manfaat air kelapa yang harus kamu tahu.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Air Kelapa Bantu Lindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Air kelapa mengandung antioksidan yang membantu melindungi terhadap radikal bebas atau molekul yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh dan dapat menyebabkan kanker.

Meskipun air kelapa sendiri tidak dapat mencegah atau mengobati kanker jenis apa pun, antioksidan yang dikandungnya berguna untuk melawan kerusakan sel.

Air Kelapa Bantu Turunkan Gula Darah

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa air kelapa dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan kadar gula darah. Namun, hal ini belum diteliti secara memadai pada manusia.

Air Kelapa Bantu Seimbangkan Elektrolit

Beberapa orang mengonsumsi air kelapa sebagai suplemen elektrolit setelah berolahraga. Minuman ini menyediakan elektrolit seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium, dan karbohidrat untuk membantu meningkatkan fungsi otot.

Air kelapa memiliki kalori lebih sedikit dibandingkan minuman olahraga pada umumnya dan bebas gluten.

 

 

3 dari 3 halaman

Hindari Konsumsi Terlalu Banyak

Meski air kelapa memiliki banyak manfaat, tapi konsumsi berlebihan bukanlah tindakan yang bijak.

Meskipun kalium merupakan mineral penting, mengonsumsinya terlalu banyak dapat menyebabkan hiperkalemia (kelebihan kalium dalam darah).

Sebab, air kelapa mengandung potasium, meminumnya dalam jumlah banyak dapat menyebabkan masalah ini.

Kelebihan kalium dalam darah tidak terjadi pada semua orang, tapi mereka yang mengidap penyakit ginjal kronis atau sedang mengonsumsi obat-obatan, termasuk ACE inhibitor, harus berhati-hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.