Sukses

11 Cara Jitu Atasi Rasa Jenuh dalam Hubungan Asmara

Jenuh atau bosan dalam menjalin hubungan asmara itu bisa terjadi, Maka perlu upaya kedua belah pihak untuk menjaga hubungan tetap lengket.

Liputan6.com, Jakarta Setiap pasangan pasti pernah mengalami fase bosan atau jenuh dalam hubungan asmara. Terlebih hubungan tersebut telah berlangsung lama.

Merasa bosan adalah fase normal dalam hubungan yang telah berlangsung lama. Situasi ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Hanya perlu gebrakan baru agar hubungan kembali menyenangkan.

"Ketika segala sesuatunya menjadi membosankan, perlu ada upaya untuk membuat segala sesuatunya menyenangkan dan menarik lagi," kata terapis hubungan, Carolyn Cole, LCPC, LMFT, NCC.

Rasa bosan bisa diatasi dengan berbagai upaya yang membutuhkan kerja keras.

“Segala sesuatunya tidak akan menarik tanpa melakukan kerja keras, karena itu bisa sangat menyenangkan,” tambahnya.

Menanggapi hal ini, terapis hubungan lainnya pun menganggap situasi tersebut dialami karena rutinitas yang itu-itu saja.

“Saat kita menjalani rutinitas sehari-hari dan mengemban tanggung jawab didalamnya, membuat hubungan kita menjadi basi,” tambah Kimberly Hershenson, LMSW.

Oleh karenanya, fase bosan dalam hubungan bisa diatasi jika pasangan fokus mendapatkan rasa kasmaran kembali.

“Hubungan bisa diperbaiki dengan fokus mendapatkan kembali gairah tersebut,” lanjut Hershenson.

Tidak perlu merasa bingung harus melakukan apa agar hubungan kembali kasmaran. Berikut 11 cara untuk membantu mengatasi rasa bosan dalam hubungan jangka panjang, dilansir dari Bustle.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Komunikasikan dengan Pasangan

Coba untuk pancing pasangan dengan ide rencana liburan atau kegiatan lainnya yang tidak membosankan. Komunikasi dengan pasangan menjadi langkah awal agar suatu rencana disepakati dan terlaksana.

“Daripada secara terang-terangan memberi tahu pasangan bahwa kita bosan, lebih baik menyarankan sesuatu menyenangkan yang bisa dilakukan bersama-sama,” jelas psikolog Sarah Williams.

2. Berhenti dari Rutinitas yang Itu-itu Saja

Menurut coach dating, Shawnda Patterson, melakukan sesuatu secara spontan diluar dari rutinitas bisa membangun kembali percikan cinta diantara keduanya. 

“Rutinitas dapat membunuh bahkan hubungan yang paling penuh cinta dan membuat mereka merasa membosankan. Kembalikan spontanitas untuk megatasi rasa bosan dalam hubungan,” ungkap Shawnda Patterson.

Contohnya seperti makan malam di restoran baru. Ini bisa sangat menyenangkan karena biasanya makan di restoran langganan.

3. Usaha Lebih seperti Awal Jalin Hubungan

Lakukan hal-hal seperti waktu awal hubungan. Ini saat yang tepat mengembalikan kebiasaan yang telah lama ditinggalkan.

“Jangan pernah berhenti berkencan dengan pasangan. Lalu jangan pernah berhenti berusaha untuk memberi tahu mereka bahwa kita masih cintainya,” saran Patterson.

3 dari 5 halaman

4. Cari Suasana Baru

Menurut pakar hubungan Miyoko Rifkin, mencari suasana baru dengan pemandangan lain adalah suatu keharusan.

“Mengubah lingkungan akan membantu menciptakan respons emosional baru terhadap pasangan,” katanya. 

5. Siapkan Daftar Kegiatan

Alih-alih menambah obrolan, tidak ada salahnya untuk memikirkan hal-hal baru yang menyenangkan agar dilakukan bersama.

Seperti yang dikatakan Hershenson, hal yang tidak biasa dilakukan menambah perasaan senang dalam diri pasangan.

“Melakukan sesuatu yang tidak biasa dapat menambah kegembiraan dalam hubungan. Serta ini membantu kita agar lebih terhubung dengan pasangan.”

6. Sering Bersentuhan

Pasangan yang sudah terlalu sibuk, terkadang lupa untuk sekadar berpegangan tangan. Padahal sentuhan adalah hal yang perlu dilakukan agar hubungan semakin intim.

“Ucapan halo atau selamat tinggal, meringkuk di sofa bersama, berpegangan tangan, bahkan sentuhan non-seksual dapat membangun hubungan antar pasangan,” kata Hershenson.

4 dari 5 halaman

7. Lakukan Hal Romantis

Kehidupan yang sibuk mungkin menghalangi rencana untuk melakukan aktivitas romantis. Namun, sempatkan secara rutin melakukan kegiatan hanya berdua. 

“Atur meja, nyalakan lilin, dan makan enak bersama,” saran Hershenson.

8. Mendukung Hobi Pasangan

Hubungan yang membosankan tidak perlu harus dilakukan secara bersama-sama. Beri waktu pasangan untuk sendiri juga bisa mengatasi rasa bosan. 

“Mereka yang menjaga hubungan, benar-benar mempertimbangkan pasangannya dan mendorong agar mengeksplorasi minat,” kata pelatih kencan Denny Jones.

Ketika bertemu biasanya ada hal yang bisa diceritakan. Sehingga melungkan waktu untuk hobi tidak selalu buruk dalam hubungan.

9. Lakukan Hal yang Membuat Semangat

Merasa bosan dalam hubungan, ternyata belum tentu salah pasangan. Bisa jadi diri sendiri sedang merasa bosan dengan hal lain. Sehingga perlu lakukan kegiatan yang sekiranya membangun semangat lagi, seperti menonton konser misalnya.

“Ketika bosan, jangan jadikan pasangan sebagai hiburan. Carilah hal-hal yang merangsang, membangkitkan semangat, dan menggairahkan,” jelas Richard Matzkin seorang terapis dan juga penulis.

5 dari 5 halaman

10. Rayu Pasangan

Begitu pasangan merasa nyaman dengan hubungan, kerap kali menjadi berhenti merayu. Padahal dengan merayu bisa membangun hubungan lebih menyenangkan. “Bertingkahlah seolah-olah mulai berkencan lagi,” saran Cole.

11. Pasangan yang Telah Menikah Boleh Coba Ini

Seks diperlukan untuk mengembalikan kesenangan dalam hubungan. Seperti yang dikatakan pakar hubungan Rhonda Milrad, LCSW.

“Cobalah beberapa mainan seks, berdandan dengan kostum, mewujudkan fantasi, dan berhubungan seks di tempat baru. Berhubungan seks tanpa beban dapat membuat kita menjadi lebih dekat sebagai pasangan dan percaya diri,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini