Sukses

Menyukai Sahabat Sendiri, Ini Cara Ungkap Perasaan Tanpa Memutus Tali Pertemanan

Sulit untuk mengendalikan rasa suka kepada seseorang, termasuk sahabat sendiri. Lalu, harus apa bila menyukai teman dekat?

Liputan6.com, Jakarta - Jatuh cinta pada sahabat sendiri bisa saja terjadi. Namun, hal ini kerap memunculkan pergumulan di hati antara menyimpan rasa itu sendiri atau menyampaikan ke dia. 

Nyatanya, bukan hal yang tidak mungkin untuk beralih dari sekdaar teman menjadi pasangan tapi harus melakukan suatu pengujian sebelum menyatakan rasa cinta ke sahabat seperti disampaikan terapis hubungan Dr. Darcy Sterling.

Sterling mengingatkan untuk memikirkan baik-baik tentang keputusan untuk mengungkapkan perasaan kepada sahabat. 

Pastikan bahwa Anda dan dia adalah lajang. Lalu, sedang ingin menjalin sebuah hubungan romantis. Jika tidak sama, maka menyatakan rasa suka ke dia akan merusak persahabatan yang sudah dimiliki.

Bila Sahabat Merespons Rayuan

Untuk mengetahui apakah seorang sahabat tertarik untuk melanjutkan hubungan romantis atau tidak, ada beberapa indikator yang dapat diketahui.

Ketika sahabat juga melakukan tindakan seperti memberikan sentuhan ringan pada lengan, melakukan kontak mata, atau mencondongkan tubuh selama percakapan bisa saja punya perasaan yang sama.

'Jika seorang sahabat melakukan semua ini, ada kemungkinan besar dia merasakan hal yang sama,' jelas pakar kencan tersebut mengutip laman Bustle.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Temukan Cara Tepat untuk Membahas Hubungan

Setelah memutuskan bahwa mengungkapkan perasaan adalah langkah yang tepat, inilah saatnya menemukan cara yang tepat untuk melakukannya. 

Sterling menyarankan untuk mencari topik ringan saat memulai percakapan, seperti memberikan beberapa pertanyaan. “Pastikan salah satu pertanyaan yang  diajukan adalah, 'Apakah kamu pernah memiliki perasaan terhadap sahabat?'” jelasnya. 

“Jika jawabannya 'ya', seseorang dapat mengajukan pertanyaan yang lebih tajam seperti, 'Apa saranmu kepada seseorang yang memiliki perasaan terhadap sahabat?'” Ini adalah cara untuk bisa mengetahui perspektif dia tentang menjalin hubungan asmara dengan sahabat. 

 

3 dari 3 halaman

Bila Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Seperti kebanyakan hal yang patut diperjuangkan, selalu ada kemungkinan untuk terluka. Bila sudah menyampaikan rasa suka ke sahabat tapi dia memilih untuk berteman saja tanggapi hal tesebut dengan santai.

Sterling merekomendasikan untuk menggunakan sedikit humor untuk mengatasi situasi tersebut dan bergerak maju jika perasaan tidak dibalas. 

Setelah ketegangan mereda, seseorang dapat menjelaskan bahwa dia akan berkomitmen pada persahabatan tersebut dan terbuka. Perjelas bahwa seseorang ingin memastikan persahabatan tidak rusak dan kemudian mereka dapat mulai melanjutkan hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini