Sukses

Aktor Senior Korea Byun Hee Bong Meninggal, Keluarga Sebut karena Kanker Pankreas

Menurut keluarga, Byun Hee Bong meninggal dunia saat berjuang melawan penyakit kanker pankreas yang kembali muncul.

Liputan6.com, Jakarta - Aktor senior Byun Hee Bong meninggal dunia pada Senin, 18 September 2023 di umur 81. 

Perwakilan keluarga mengumumkan bahwa "Byun Hee Bong meninggal dunia pada hari ini (Senin, 18 September 2023)."

Menurut keluarga, Byun meninggal dunia saat berjuang melawan penyakit kanker pankreas yang sebelumnya telah dinyatakan sembuh seperti mengutip Soompi pada Selasa 19 September 2023.

Kanker pankreas mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Belum semua orang memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan pankreas, apalagi memiliki pemahaman mengenai berbagai faktor dan risiko tentang kanker pankreas.

Pankreas adalah organ yang berada di rongga perut dan memiliki fungsi untuk membuat hormon dan yang membantu mencerna makanan.

Kanker pankreas terjadi ketika sel-sel normal di pankreas berubah menjadi sel-sel abnormal dan tumbuh di luar kendali seperti mengutip laman EMC Hospital. 

Kanker pankreas memiliki dua jenis yang paling sering terjadi, yaitu jenis kelenjar eksokrin yang disebut sebagai adenokarsinoma pankreas dan jenis kelenjar endokrin disebut sebagai karsinoma pankreas neuroendokrin atau tumor sel islet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala dan Diagnosis Kanker Pankreas

Mendiagnosis kanker pankreas biasanya ketika seseorang datang ke dokter setelah mengalami gejala berminggu-minggu atau berbulan-bulan. 

Melansir WebMD pada Selasa 19 September 20203, gejala kanker pankreas sering kali berupa sakit perut, penurunan berat badan, atau penyakit kuning (kulit menguning). 

Selama pemeriksaan, dokter akan mencatat riwayat kesehatan dan mempelajari riwayat penyakit, seperti waktu timbulnya penyakit, sifat dan lokasi nyeri, riwayat merokok, dan masalah medis lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Faktor-Faktor Risiko Kanker Pankreas

Berikut ini adalah faktor risiko kanker pankreas

  • Usia

Risiko mengalami kanker pankreas meningkat seiring bertambahnya usia. Lebih dari 80% kasus terjadi pada orang berusia antara 60 hingga 80 tahun.

  • Genetika

Lima persen hingga 10% penderita kanker pankreas memiliki anggota keluarga dekat yang juga mengidapnya.

  • Diabetes

Sebagian besar risiko ini terjadi pada penderita diabetes tipe 2.

  • Merokok

Semakin sering seseorang merokok, semakin tinggi risikonya.

  • Obesitas dan tidak aktif

Dalam sebuah penelitian terhadap 88.000 perawat yang memiliki indeks massa tubuh (BMI, ukuran tinggi badan dibandingkan berat badan) lebih tinggi dari 30, lebih besar kemungkinannya terkena kanker pankreas.

Mereka yang sering berolahraga memiliki risiko terkena kanker pankreas sekitar setengahnya dibandingkan mereka yang tidak berolahraga sama sekali.

4 dari 4 halaman

Tentang Byun Hee Bong

Byun Hee Bong lahir pada tahun 1942 di Jangseong di Provinsi Jeolla Selatan, Byun memulai debutnya di industri hiburan pada tahun 1966 sebagai pengisi suara untuk jaringan TV besar MBC. 

Ia memulai akting dengan muncul di berbagai serial TV, seperti The First Republic (1981), The Joseon Dynasty 500 Years: Seoljungmae (1985) dan The Legendary Doctor - Hur Jun (1999) .

Byun Hee Bong meninggalkan kesan yang mendalam bagi penggemar film, baik itu di dalam dan luar negeri. Atas perannya dalam empat film populer karya sutradara terkenal Bong Joon-ho. Yakni Barking Dogs Never Bite (2000), Memories of Murder (2003), The Host (2006) dan Okja (2017).

Byun Hee Bong pernah memenangkan penghargaan sebagai aktor paling populer dalam kategori TV di Baeksang Arts Awards ke-21 untuk perannya dalam serial drama periode The Joseon Dynasty 500 Years: Seoljungmae, dan aktor pendukung terbaik di Blue Dragon Awards ke-27 untuk perannya dalam The Host.

Pada tahun 2020, ia menerima Eungwan Order of Cultural Merit, dekorasi budaya Korea Selatan kelas tertinggi kedua, dari pemerintah sebagai pengakuan atas kontribusinya terhadap pengembangan budaya pop bangsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.