Sukses

Tips Bikin Rambut Tumbuh Lebih Cepat, Termasuk Jangan Sering Diikat

Berikut beberapa tips untuk membuat rambut tumbuh lebih cepat. Termasuk mengubah gaya rambut.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak orang, memiliki rambut tebal adalah idaman. Maka, beberapa cara dilakukan agar bisa punya rambut tebal. 

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang memengaruhi tebal dan tipisnya rambut seseorang. Yakni:

  • Penuaan

Rambut menjadi lebih tipis seiring bertambahnya usia. Dan ini adalah hal yang wajar. Perubahan ini cenderung lebih berdampak pada laki-laki dibanding perempuan seperti mengutip laman Health.

  • Penyakit atau Perubahan Hormon

Kondisi fisik tertentu dapat memengaruhi kerontokan rambut. Misalnya demam tinggi bisa menyebabkan kerontokan. Selain itu, banyak orangtua mengalami kerontokan rambut yang signifikan setelah melahirkan. Rambut rontok dapat terjadi setelah operasi besar, penyakit infeksi serta kehilangan banyak darah.

  • Stres Parah

Trauma, putus cinta, perceraian, atau setelah kehilangan orang yang dicintai bisa membuat stres parah. Hal tersebut bisa berimbas ke rambut rontok. 

 

Jika, bukan karena hal di atas dan ingin membuat rambut lebih tebal, American Academy of Dermatology Associations (AADA) memberi tips bila ingin rambut lebih tumbuh lebih cepat sehingga terlihat lebih tebal.

1. Ubah Rutinitas Gaya Rambut 

Kebiasaan mengikat rambut dengan gaya ekor kuda atau kepang ketat dapat merusak rambut dan menyebabkan rambut rontok. 

Penggunaan rol rambut saat tidur atau penggunaan ekstensi rambut dalam jangka waktu lama.

Para ahli merekomendasikan untuk sering-sering mengubah gaya rambut jika ingin pertumbuhan rambut lebih baik. Sehingga disarankan untuk membiarkan rambut terurai. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ubah Kebiasaan Perawatan Rambut

Hindari melakukan perawatan rambut yang bisa merusak bagian itu.

  • Hindari mengeringkan rambut dengan hair dryer.
  • Saat berenang di kolam, lindungi rambut dengan topi renang atau cuci bersih setelahnya.
  • Kurangi penggunaan pewarna atau pengeritingan rambut.
  • Rambut keriting sangat rentan terhadap kerusakan, dan mungkin memerlukan perawatan yang cermat. Disarankan untuk keramas seminggu sekali atau dua kali dan mengaplikasikan kondisioner secukupnya pada rambut.

 

3 dari 4 halaman

Pakai Suplemen Rambut

Suplemen vitamin tertentu mungkin berguna untuk mendorong pertumbuhan rambut. 

Namun, AADA menyarankan agar masyarakat hanya mengonsumsi suplemen ini berdasarkan resep dokter. Suplemen vitamin yang dapat membantu pertumbuhan rambut antara lain biotin, zat besi, atau zinc.

 

4 dari 4 halaman

Seberapa Cepat Biasanya Rambut Tumbuh?

Kebanyakan orang memiliki sekitar 2-5 juta folikel rambut di tubuhnya.

Pertumbuhan rambut terjadi di seluruh tubuh, termasuk lengan, kaki, wajah, dan ketiak. Namun rambut paling banyak tumbuh di kepala, yang memiliki sekitar 100.000 folikel rambut.

Biasanya, rambut tumbuh sekitar setengah inci pada bulan tertentu. Kebanyakan rambut akan terus tumbuh selama kurang lebih enam tahun sebelum rontok dan kemudian tumbuh kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini