Sukses

Tidak Menakut-nakuti, Raisa dan Hamish Daud Ajari Zalina soal Menjaga Kesehatan Gigi dengan Cara Fun

Raisa dan Hamish Daud mengajari Zalina soal kesehatan gigi dengan cara menyenangkan.

Liputan6.com, Yogyakarta Kebiasaan anak menjaga kesehatan gigi akan ditentukan dari cara orangtua memberikan contoh. Kebiasaan baik menjaga kesehatan gigi pun sudah pasangan selebritas Raisa dan Hamish Daud lakukan pada putri semata wayangnya, Zalina. 

Hamish Daud mengungkapkan bahwa salah satunya dilakukan dengan mengenalkan Zalina pada cara sikat gigi yang seru.

"Aku baru saja membelikan dia sikat gigi yang ada kayak timer-nya gitu. Timer-nya jalan untuk tiga menit," kata Hamish Daud dalam acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2023 bersama Pepsodent di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Selasa (12/9/2023).

"Jadi dia enggak boleh berhenti sikat gigi sampai timer-nya berhenti nyala-nyala. Tapi jadi seru," sambungnya.

Raisa menambahkan, Zalina juga senang bermain dokter-dokteran. Dari sanalah, Zalina bisa mendapatkan informasi soal bagaimana menjaga kesehatan gigi.

"Alhamdulillah anaknya itu memang senang kayak dokter-dokteran gitu. Segala macam tentang human body, tentang dokter, dia itu senang. Senang baca juga," ujar Raisa.

Pasangan yang kini didapuk sebagai Brand Ambasador Pepsodent ini mengatakan bahwa mereka mengajarkan tentang kesehatan gigi lebih berfokus pada sesuatu yang menyenangkan.

"Jadi aku mulai dari beliin dan bacain tentang datang ke dokter, datang ke dokter gigi. Sesuatu yang fun, kita jadikan another kegiatan secara keluarga," kata Raisa lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hindari Menakuti-Nakuti Anak tentang Masalah Gigi

 

Lebih lanjut, Raisa mengungkapkan bahwa pendekatannya dengan Zalina tidak dengan menakut-nakuti.

Justru, Raisa akan mencari cara yang memang menyenangkan untuk sang anak. Seperti bermain sikat gigi boneka, misalnya.

"Mungkin approach-nya beda. Aku enggak terlalu yang, 'Nanti giginya hitam, ompong'. Enggak sih, lebih ke yang serunya gimana. Terus kita sikatin gigi bonekanya," ujar Raisa.

 

3 dari 4 halaman

Hamish Daud Sebut Zalina Suka Belajar dari Buku

Selain dengan menggunakan cara-cara yang menyenangkan untuk belajar tentang kesehatan gigi, menurut Hamish Daud, ada cara complicated yang menarik untuk Zalina.

Hamish Daud mengungkapkan bahwa Zalina tahu persoalan gigi lewat buku yang membahas soal anatominya.

"Kadang-kadang complicated, karena dia itu sebelum tidur suka baca buku-buku anatomi. Benar-benar mulut nyambungnya ke leher, ke badan. Jadi kayak seru banget pelajari badan kita gitu," kata Hamish Daud.

 

4 dari 4 halaman

Zalina Anak Raisa dan Hamish Daud Belum Pernah Sakit Gigi

Dalam kesempatan yang sama, Raisa mengungkapkan jikalau Zalina belum pernah merasakan sakit gigi.

Hal itu dikarenakan Raisa dan Hamish Daud memang membiasakan kontrol ke dokter spesialis gigi, dan prosesnya berusaha dibuat menyenangkan.

"Alhamdulillah, enggak (pernah sakit gigi) Cuma memang kita check up ke dokter gigi karena dapat banyak mainan, dia senang. Terus dia dapat pengalaman pertama giginya dibersihkan," ujar Raisa.

"Pertama memang takut. Tapi dokternya spesialis gigi anak. Jadi pinter banget, dan sebelumnya sudah di-prepare dulu. Enggak yang datang terus langsung (periksa atau tindakan)," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini