Sukses

Penelitian Sebut Polusi Udara Turunkan Usia Harapan Hidup Penduduk Asia

Tak hanya Indonesia, berbagai negara Asia juga tengah bergulat melawan polusi udara. Kualitas udara yang memburuk daoat menimbulkan berbagai masalah kesehatan serta menurunkan usia harapan hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Kualitas udara yang kian memburuk tengah menjadi kekhawatiran masyarakat Indonesia. Selain dari asap kendaraan, buruknya kualitas udara di berbagai wilayah Indonesia juga dipengaruhi kebakaran hutan di banyak titik.

Namun, tidak hanya di Indonesia, ternyata polusi udara mengancam negara-negara Asia lainnya.

Mengutip dari Al-Jazeera, industrialisasi dan pertumbuhan penduduk yang meningkat pesat berkontribusi pada penurunan kualitas udara di Asia, di mana tingkat polusi partikulat saat ini lebih dari 50 persen lebih tinggi jika dibandingkan pada awal abad ini.

Menurut penelitian, kualitas udara yang buruk disebut dapat menurunkan usia harapan hidup penduduknya.

Penelitian yang menggunakan data satelit untuk menghitung dampak peningkatan partikel halus di udara terhadap usia harapan hidup mencatat bahwa orang-orang di Bangladesh, negara paling tercemar di dunia, akan kehilangan usia harapan hidup sebanyak 6,8 tahun per orang, yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan Amerika Serikat yang hanya 3,6 bulan.

Lebih lanjut, dikutip dari Al-Jazeera, laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa polusi udara dapat memperpendek usia harapan hidup rata-rata orang India hingga 5,3 tahun, dan di Delhi—yang dianggap sebagai kota paling tercemar di negara tersebut—mencapai 11,9 tahun.

Ini selaras dengan pendapat Dr Avi Kumar, Konsultan Senior, Pulmonologi di Fortis Escorts, yang mengatakan bahwa daerah dengan tingkat polusi udara yang lebih tinggi cenderung memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengaruh Polusi Udara terhadap Kesehatan

Dokter pun menjelaskan bagaimana kualitas udara yang rendah berpengaruh terhadap tingkat kematian. Polusi udara menyerang paru-paru, merambat ke jantung, ginjal, otak dan perlahan-lahan menyebabkan efek merugikan pada sistem tubuh.

"Seiring berjalannya waktu, kami menyadari bahwa kehidupan produktif selama bertahun-tahun dapat terkikis oleh paparan polusi udara yang berkelanjutan," kata Dr Arjun Khanna, Departemen Kedokteran Paru, Rumah Sakit Amrita, Faridabad kepada India Today.

Menurut Dr Kuldeep Kumar Grover, Kepala Perawatan Kritis dan Pulmonologi, Rumah Sakit CK Birla, Gurugram, paparan polutan seperti partikel (PM2.5), ozon, sulfur dioksida dan nitrogen dioksida dapat menyebabkan masalah pernapasan, penyakit kardiovaskular dan bahkan kanker.

"Seiring waktu, efek kesehatan ini dapat mengurangi harapan hidup, terutama di antara populasi rentan seperti anak-anak, orang tua, dan mereka yang memiliki masalah kesehatan yang mendasarinya."

Polutan seperti partikel (PM2.5 dan PM10), nitrogen dioksida (NO2), dan sulfur dioksida (SO2) dapat mengiritasi sistem pernapasan, yang menyebabkan kondisi seperti bronkitis dan asma. Paparan udara tercemar secara berkelanjutan dapat memperburuk kondisi ini dan mengurangi fungsi paru-paru dari waktu ke waktu.

3 dari 4 halaman

Dampak Polusi Udara

Polusi udara juga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, dan hipertensi. Paparan jangka panjang terhadap polutan dapat berkontribusi pada perkembangan aterosklerosis, suatu kondisi di mana arteri menyempit dan mengeras, meningkatkan risiko komplikasi terkait jantung.

Tak hanya itu, paparan kronis terhadap polusi udara dapat menyebabkan penurunan fungsi paru-paru, terutama pada populasi rentan seperti anak-anak dan orang tua.

Mengurangi secara global tingkat partikel udara yang merusak paru-paru, yang dikenal sebagai PM 2.5, ke tingkat yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dapat meningkatkan harapan hidup rata-rata 2,3 tahun, atau jika digabungkan menjadi 17,8 miliar tahun kehidupan, tulis penelitian yang sama.

Rata-rata usia harapan hidup penduduk Pakistan akan meningkat 3,9 tahun dari pemenuhan pedoman WHO untuk membatasi konsentrasi PM 2.5 tahunan rata-rata menjadi 5 mikrogram per meter kubik, sementara seseorang yang tinggal di Nepal akan hidup 4,6 tahun lebih lama jika pedoman itu dipenuhi, jelas laporan itu.

4 dari 4 halaman

Perlu Langkah-Langkah Penyelesaian

Sementara itu, laporan juga menunjukkan bahwa China telah bekerja untuk mengurangi polusi sebesar 42,3 persen dari 2013 hingga 2021, menyoroti perlunya pemerintah untuk menghasilkan data kualitas udara yang dapat diakses untuk membantu menjembatani ketidaksetaraan global dalam mengakses alat untuk memerangi polusi udara.

Karena ancaman kualitas udara yang sedang berlangsung menimbulkan ancaman kesehatan yang serius bagi kemanusiaan, para ahli mendesak langkah-langkah korektif kritis guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Upaya untuk mengurangi polusi udara dapat berdampak positif pada kesehatan masyarakat dan berpotensi meningkatkan harapan hidup, kata Dr Kuldeep Kumar Grover.

"Upaya untuk mengurangi dampak polusi udara terhadap usia harapan hidup termasuk menerapkan peraturan lingkungan yang lebih ketat, beralih ke sumber energi yang lebih bersih, meningkatkan transportasi umum, dan meningkatkan kesadaran tentang risiko kesehatan yang terkait dengan polusi udara adalah kebutuhan rumah," tegas Dr Avi Kumar.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.