Sukses

Menkes Budi Sebut Pasang Air Purifier Enggak Mahal, Bikin Udara Bersih dari Polusi

Pemasangan air purifier dinilai tidak mahal agar membuat udara bisa bersih dari polusi.

Liputan6.com, Jakarta - Air purifier atau alat pemurni udara dapat dimanfaatkan untuk menghalau polusi udara yang masuk ke dalam ruangan. Fungsi air purifier juga menjadikan kualitas udara di rumah atau ruangan menjadi lebih baik.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin menuturkan, air purifier yang khusus menekan partikel polusi udara PM2.5 dapat diperoleh masyarakat lewat e-Commerce. Dengan demikian, kualitas udara di dalam ruangan bisa menjadi lebih bersih.

"Kan ada air purifier yang ada buat PM2.5. Nah itu bisa dipasang. Kalau beli enggak terlalu mahal, jadi ya masing-masing rumah bisa punya," tutur Budi Gunadi saat Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI di Gedung DPR RI, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (30/8/2023).

"Itu ada (dijual) di Tokopedia, Shopee juga ada. Tentunya, untuk bisa lebih bersih (udaranya) dari polusi."

Pakai Masker KF94 atau KN95

Selain air purifier, Budi Gunadi menyarankan, masyarakat yang harus beraktivitas di luar ruangan dengan kualitas udara memburuk dapat memakai masker medis. Standar masker yang disarankan adalah yang memiliki kerekatan agar partikel polutan tak mudah terhirup.

"Kalau pakai masker yang bisa nyaring PM2.5, ini particulate matters paling kecil. Kalau mau pakai masker yang KF94 atau KN95 ya," sarannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menjaga Kelembaban Udara

Pada kesempatan berbeda, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) Mohammad Syahril menyampaikan, penggunaan air purifier di tengah kondisi polusi udara yang memburuk tentu diperbolehkan.

Hal ini melihat fungsi air purifier untuk menjaga kelembaban udara.

Penggunaan air purifier dapat mengurangi kelembaban di dalam ruangan sehingga mencegah munculnya jamur yang bisa menjadi sumber penyakit. Alat ini juga dapat mengurangi munculnya jamur di sejumlah tempat.

"Ya boleh kok air purifier. Itu salah satu bentuk upaya yang bisa kita lakukan. Kalau kita pada saat haji dan umroh ya pakai itu juga kan ya. Dan itu buat kelembaban," ujar Syahril saat berbincang dengan Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, ditulis Selasa (22/8/2023).

"Sama seperti muka kita, tangan kita disemprotin air supaya basah. Agar apa? Agar kelembaban itu bagus."

3 dari 3 halaman

Cegah Polusi Udara di Dalam Ruangan

Ketua Bidang Redaksi Majalah Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Feni Fitriani Taufik menilai air purifier bisa membantu mencegah polusi udara di dalam ruangan. 

"Air purifier gunanya untuk mencegah polusi udara di dalam ruangan dan memang itu bisa membantu," kata Feni dalam keterangan pada 12 Agustus 2023.

Air purifier merupakan alat pemurni udara yang digunakan untuk mendapat udara sehat di dalam rumah atau ruangan. Alat ini bekerja dengan cara menyedot udara ke dalam penyaring, kemudian disalurkan kembali menjadi udara dengan kualitas bersih.

Harus Rajin Dibersihkan

Menurut Feni, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan alat pemurni udara, salah satunya yakni kapasitas pemakaian dan besarnya ruangan yang bisa disaring oleh alat tersebut.

"Untuk perawatannya, menggunakan filter air purifier harus mendapat perhatian (rajin dibersihkan)," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini