Sukses

5 Manfaat Tidur Siang buat Pekerja, Usir Kantuk dan Performa Makin Moncer

Manfaat tidur siang untuk pekerja bukan cuma bisa hilangkan kantuk tapi juga meningkatkan performa.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta Tidur siang merupakan periode tidur singkat atau sejenak yang biasanya terjadi di siang hari. Bagi banyak orang dewasa, terlebih lagi pekerja, tidur siang dapat membantu menjaga kewaspadaan atau mengatasi kelelahan di siang hari.

Kebutuhan dan manfaat tidur siang dapat bervariasi tiap individu. Meski begitu, ada juga orang dewasa yang tidak terbiasa untuk tidur siang, bahkan di hari libur kerja. Mereka lebih menyukai menghabiskan waktu di siang hari dengan beraktivitas.

Tidur siang yang cukup tidak hanya menghilangkan rasa kantuk, namun juga turut memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Mengutip informasi dari Sleep Foundation, tidur siang untuk orang dewasa dapat memberikan sejumlah manfaat berikut ini:

  1. Tidur siang sejenak dapat memulihkan dan mengurangi kelelahan di siang hari.
  2. Setelah malam hari yang dirasa kurang tidur, tidur siang dapat mengatasi rasa kantuk di siang hari.
  3. Tidur siang dapat sangat bermanfaat bagi pekerja shift yang kesulitan untuk mendapatkan tidur yang cukup dan harus waspada pada jam-jam yang tidak teratur.
  4. Tidur siang sejenak di siang hari dapat meningkatkan performa kinerja di tempat kerja.
  5. Tidur siang dapat meningkatkan fungsi kognitif seperti memori, penalaran logis, dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang kompleks. 

Hal ini dibuktikan dari beberapa penelitian menemukan, bahwa kinerja fisik juga dapat meningkat setelah tidur siang dapat mengalami peningkatan daya tahan, waktu reaksi, dan kinerja kognitif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berapa Lama Sebaiknya Tidur Siang?

Perhatikan durasi tidur siang Anda. Tidur siang sebaiknya jangan terlalu lama. Anda bisa tidur kurang dari 30 menit. Jika lebih dari 30 menit, Anda akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk kembali bangun, atau dalam bahasa sains disebut sleep inertia.

Dalam beberapa kasus, tidur siang yang lebih lama sekitar satu setengah jam mungkin juga bermanfaat. Jangka waktu ini memungkinkan tubuh untuk melewati tahapan-tahapan tidur dan menghindari gangguan.

Jenis tidur siang yang lebih lama ini mungkin sangat membantu bagi pekerja darurat (emergency worker) dan pekerja shift yang berusaha menghindari kelelahan.

Tidur siang mungkin terlalu berlebihan jika mengganggu tidur di malam hari. Terkadang tidur siang selama 90 menit atau lebih dapat menyegarkan, namun dapat menjadi masalah jika dilakukan terlalu lama.

Tidur siang yang terlalu lama justru bisa membuat Anda makin mengantuk, kurang fokus, dan berisiko mengganggu tidur pada malam hari. Ketergantungan pada tidur siang dapat berakibat gangguan tidur seperti insomnia.

3 dari 4 halaman

Kapan Harus Tidur Siang?

Para ahli biasanya merekomendasikan agar orang dewasa tidur siang delapan jam atau lebih sebelum tidur malam. Waktu yang tepat untuk tidur siang adalah pukul 1–3 siang.

Anda sebaiknya tidak tidur siang setelah jam 3 sore karena tidur pada waktu tersebut dapat mengganggu waktu tidur malam. Tidur siang yang terlalu larut di siang hari dapat menyebabkan masalah tidur di malam hari.

Bagi sebagian orang, tidur siang mungkin terasa alami atau bahkan perlu dilakukan setelah makan siang. Ini dikenal sebagai tidur siang setelah makan siang (post-lunch dip).

Meskipun makan siang dapat berperan mengatasi rasa kantuk di sore hari, rasa kantuk setelah makan siang terkait dengan ritme sirkadian.

Ritme sirkadian adalah jam internal tubuh yang mengikuti siklus 24 jam. Dalam siklus ini terdapat dua periode puncak yang dialami seseorang untuk mengantuk. Puncak terbesar terjadi pada malam hari, dan puncak kedua terjadi pada sore hari.

Ingatlah untuk Mengatur Alarm

Sebelum tertidur saat tidur siang, setel alarm untuk durasi tidur siang yang diinginkan,  umumnya sekitar 20 menit. Misalnya, jika Anda ingin tidur siang pada jam 12 siang, nyalakan alarm pada pukul 12.20 atau paling telat pukul 12.30.

Saat alarm berbunyi, jangan menekan snooze untuk tetap tidur, karena hal ini dapat berisiko membuat Anda tertidur lebih nyenyak. Mengatur alarm kedua untuk berbunyi tak lama setelah alarm pertama, dapat membantu menghindari tidur siang terlalu lama.

Cobalah untuk bangun segera setelah alarm berbunyi, lalu lakukan peregangan atau berjalan-jalan untuk menghilangkan rasa kantuk setelah tidur siang.

4 dari 4 halaman

Tempat untuk Tidur Siang

Lingkungan tidur yang baik adalah sejuk, tenang, dan gelap. Pengaturan tidur siang yang nyaman dapat membantu mencegah gangguan yang tidak diinginkan atau terbangun.

Bagi orang yang bekerja dari rumah, kamar tidur mungkin merupakan tempat yang baik untuk tidur siang karena sudah diatur untuk mendorong tidur. Menambahkan tirai anti tembus pandang atau mesin white noise untuk memblokir gangguan dapat membantu, baik di malam hari maupun saat tidur siang.

Di lingkungan kantor terkadang kamu akan merasa sulit untuk memejamkan padahal waktu tidur siangmu terbatas. Karena itu, penting untuk memperhatikan lingkunganmu agar benar-benar bisa merasakan manfaat tidur siang.

Aksesori seperti penyumbat telinga atau masker mata dapat mengurangi gangguan selama tidur siang. Jika memungkinkan, tidur siang harus dilakukan di tempat yang tidak memungkinkan terjadinya gangguan.

Jangan lupa beritahu dulu atasan bila akan meninggalkan meja kerja untuk tidur siang.

Beberapa kantor bahkan mungkin memiliki tempat tidur siang atau area tenang lainnya untuk relaksasi atau tidur siang singkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini