Sukses

11 Manfaat Tidur Siang untuk Remaja, Memperbaiki Kualitas Hidupnya

Menurut beberapa penelitian, tidur siang bisa memperbaiki kualitas hidup pada remaja atau anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta Tidur siang bukan hanya aktivitas yang menyenangkan dan bikin kecanduan bagi remaja. Ada segudang manfaat tidur siang untuk remaja yang selama ini jarang disadari, loh. Menurut beberapa penelitian, tidur siang bisa memperbaiki kualitas hidup pada remaja atau anak-anak.

Manfaat tidur siang untuk remaja bisa membantu meningkatkan daya ingat, memperbaiki suasana hati, meningkatkan kewaspadaan, dan meningkatkan kreativitasnya. Selain itu, manfaat tidur siang untuk remaja dampaknya baik pula bagi kesehatannya. Mulai dari kesehatan jantung hingga mencegah obesitas.

Pada studi yang dilakukan ke 23.000 orang Yunani dewasa, jika mereka yang tidur siang ternyata memiliki risiko meninggal karena penyakit jantung yang lebih kecil, di mana hanya sekitar 30 persen, melansir Huffington Post. Penasaran dengan penjelasan lengkap manfaat tidur siang untuk remaja?

Berikut Liputan6.com ulas manfaat tidur siang untuk remaja lebih dalam, Senin (22/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Tidur Siang untuk Remaja

1. Meningkatkan Kewaspadaan

Manfaat tidur siang untuk remaja dapat meningkatkan respon kewaspadaannya. Berdasarkan studi dari NASA (National Aeronautics and Space Administration) pilot yang melakukan tidur siang selama 40 menit ternyata akan lebih waspada.

Selain menjadi lebih waspada, manfaat tidur siang untuk remaja dapat meningkatkan daya konsentrasi. Selain itu, di beberapa penelitian lainnya, menemukan jika tidur siang hari selama 20 menit lebih efektif dampaknya dibandingkan mengonsumsi 200 mg kafein.

2. Menyehatkan Jantung

Manfaat tidur siang untuk remaja dapat membantu meningkatkan kesehatan jantungnya. Pada studi yang dilakukan ke 23.000 orang Yunani dewasa, jika mereka yang tidur siang ternyata memiliki risiko meninggal karena penyakit jantung yang lebih kecil, di mana hanya sekitar 30 persen, melansir Huffington Post. Selain itu, Michael Twery dari National Heart Lung and Blood Institute juga mengatakan kepada jika tidur siang dapat membantu mengatasi stres akibat menjalankan aktivitas sehari-hari.

3. Memperbaiki Daya Ingat

Manfaat tidur siang untuk remaja dapat membantu memperbaiki daya ingatnya. Pada sebuah studi yang dilakukan Universitas Delaware dan Universitas Pennsylvania di Amerika Serikat menunjukkan, bahwa Manfaat tidur siang untuk remaja dapat meningkatkan kecerdasan dan fungsi otak yang berpengaruh pada ingatan.

4. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat tidur siang untuk remaja dapat meningkatkan sistem imun tubuhnya. Tidur siang memicu produksi protein antivirus yang dihasilkan sistem imunitas. Selain itu, manfaat tidur siang untuk remaja mampu mengembalikan kadar hormon serta protein yang dapat membantu melawan stres. Beberapa hal tersebut yang akan membantu tubuh secara otomatis meningkatkan sistem imunitasnya.

5. Meningkatkan Kesabaran

Manfaat tidur siang untuk remaja dapat membantu meningkatkan kesabaran. Peneliti dari Universitas Michigan, Amerika Serikat, telah melakukan riset pada beberapa orang terkait kesabaran.

Ada beberapa orang yang diminta mengerjakan tugas yang memiliki tingkat kesulitan sangat menyebalkan, yaitu dengan menggambar desain geometris pada layar komputer.

Dari penelitian tersebut didapatkan bahwa para peserta pengujian yang telah tidur siang mampu bertahan selama 90 detik, sedangkan para peserta yang tidak tidur siang yang hanya mampu bertahan 45 detik saja. Inilah manfaat tidur siang untuk remaja.

6. Meningkatkan Kreativitas

Manfaat tidur siang untuk remaja ahlinya meningkatkan masalah kreativitas. Lebih tepatnya mampu memberi fokus, kewaspadaan, dan memori yang baik. Dampak tersebut secara bekelanjutan ikut meningkatkan kreativitas dan mampu memberi pola pikir yang baik dalam memecahkan suatu masalah yang membutuhkan pemecahan masalah cukup sulit.

3 dari 3 halaman

Manfaat Tidur Siang untuk Remaja Selanjutnya

7. Memperbaiki Suasana Hati

Manfaat tidur siang untuk remaja bisa diandalkan untuk memperbaiki suasana hatinya. Adanya manfaat tidur siang untuk remaja ini berasal dari neurotransmitter serotonin. Zat tersebut mampu menimbulkan perasaan puas dan sejahtera. Oleh karena itu manfaat tidur siang untuk remaja dapat meningtakan memproduksi neurotransmitter serotonin tersebut.

8. Meningkatkan Tumbuh Kembang

Manfaat tidur siang untuk remaja masih baik untuk masa tumbuh kembangnya. Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University, anak yang rutin tidur siang memiliki pertumbuhan yang lebih optimal, dibandingkan anak yang jarang atau sama sekali tidak tidur siang. Manfaat tidur siang untuk remaja ini disebabkan hormon pertumbuhan akan lebih aktif berproduksi saat anak tidur di siang hari.

9. Mencegah Obesitas

Manfaat tidur siang untuk remaja baik untuk mengontol berat badannya atau mencegah masalah obesitas. Beberapa penelitian menjelaskan remaja atau anak yang tidak tidur siang memiliki risiko lebih tinggi terkena obesitas dibandingkan anak yang rutin tidur siang. 

Hal ini dikaitkan dengan munculnya kecenderungan remaja atau anak untuk makan lebih banyak saat ia lelah. Ketika anak mengalami peningkatan nafsu makan, mereka cenderung memilih makanan dengan kandungan nutrisi yang kurang baik.

10. Mencukupkan Waktu Tidur

Manfaat tidur siang untuk remaja adalah mampu mencukupkan waktu tidurnya yang kurang. Tentu saja tidur siang dapat membantu menghilangkan perasaan lelah dan bikin tidak mengantuk saat beraktivitas. Mengingat, pada saat siang hari merupakan jam yang sangat rawan untuk tubuh mulai terasa lemas dan mengantuk.

11. Mencegah Diabetes

Manfaat tidur siang untuk remaja terakhir mampu mencegah masalah diabetes. Saat tubuh terlalu lelah akan berakibat dalam peningkatan produksi hormon kortisol. Hormon kortisol dapat mengakibatkan pada peningkatan intoleransi glukosa dan lemak pada perut.

Keberadaannya dapat melemahkan sistem imun dan juga otot. Oleh karena itu ada baiknya melakukan tidur siang agar hormon kortisol tersebut dapat terjaga dan pada akhirnya dapat menurunkan risiko terkena diabetes secara berkala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.