Sukses

Jelang Hari Kemerdekaan ke-78 RI, Semua Bayi Bakal Diberi Imunisasi Rotavirus untuk Cegah Diare Berat

Disampaikan Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Muhammad Syahril, pemberian imunisasi RV akan dilaksanakan secara nasional pada 15 Agustus 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh bayi di Indonesia akan mendapat imunisasi tetes rotavirus (RV) jelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Disampaikan Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Muhammad Syahril, pemberian imunisasi RV akan dilaksanakan secara nasional pada 15 Agustus 2023. Langkah ini dilakukan guna melindungi anak Indonesia dari kejadian diare berat.

Syahril mengatakan, sasaran pemberian imunisasi tetes RV paling cepat pada anak usia 2 bulan.

"Sasaran pemberian imunisasi RV dimulai paling cepat pada anak usia 2 bulan (atau bayi yang dilahirkan pada tanggal 16 Mei) yang akan diberikan sebanyak 3 dosis dengan jarak 4 minggu antar dosis, dan imunisasi RV dosis terakhir diberikan pada bayi usia 6 bulan 29 hari,” jelas Syahril.

Sebelumnya, pada 2022, pemberian imunisasi RV di Tanah Air dilaksanakan bertahap di 21 kabupaten/kota di 18 provinsi. Saat itu, sasaran imunisasi adalah 196.876 bayi.

Morbiditas dan mortalitas diare tinggi pada balita jadi pertimbangan pemberian imunisasi RV.

“Ada dua pertimbangan pada saat itu yaitu angka morbiditas dan mortalitas diare yang tinggi pada balita serta kesiapan sumber daya daerah dalam pelaksanaan imunisasi,” jelas Syahril.

Diare hingga saat ini masih menjadi salah satu penyebab kesakitan dan kematian tertinggi pada bayi. Data dari Indonesian Rotavirus Surveillance Network (IRSN) (Soenarto et al, 2017) sekitar 45% kasus rawat inap pada balita disebabkan oleh diare cair akut yang disebabkan Rotavirus. Bahkan Sekitar 9,8% kematian pada bayi dibawah 12 bulan dan 4,55 kematian pada balita usia 12-59 bulan di Indonesia disebabkan oleh diare.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imunisasi RV Dilaksanakan Terpadu

Penyelenggaraan imunisasi dilaksanakan secara terpadu dengan lintas program dan lintas sektoral dalam hal tenaga, sarana, dan dana mulai dari tingkat pusat sampai tingkat pelaksana

Seluruh kebutuhan vaksin dibebankan pada APBN, sedangkan biaya operasional dibebankan pada APBN, APBD dan sumber lainnya yang tidak mengikat.

3 dari 3 halaman

Gejala Infeksi Rotavirus

Rotavirus dikenal sebagai penyebab paling sering penyakit diare di kalangan bayi dan anak-anak. Infeksi rotavirus adalah adalah infeksi virus yang menyebabkan peradangan di saluran pencernaan. Infeksi rotavirus menjadi penyebab umum diare pada bayi dan anak-anak, terutama di negara-negara dengan sanitasi lingkungan yang kurang baik.

Gejala infeksi rotavirus bisa muncul setelah 2 hari terpapar virus ini. Salah satu gejala yang paling sering terjadi adalah diare. Diare yang disebabkan oleh infeksi virus ini dapat menyebabkan hilangnya cairan dari dalam tubuh dalam waktu yang cepat, sehingga rentan terjadi dehidrasi.

Hasil penelitian menunjukkan kasus diare rotavirus banyak terjadi pada anak-anak di bawah usia 2 tahun. Anak-anak berusia 6-11 bulan dan 12-23 bulan memiliki jumlah kasus diare rotavirus tertinggi, masing-masing 54,2% dan 50,6%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.