Sukses

Viral Menteri Basuki Ambil Alih Tugas Wartawan, Warganet: Kok Lucu Terus Sih?

Lagi-lagi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menghibur warganet. Kini dirinya kegep jadi wartawan saat temani Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah jadi rahasia umum jikalau gerak-gerik Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dr Ir H Mochamad Basuki Hadimuljono selalu mencuri perhatian warganet.

Kini, video Menteri Basuki tengah mengambil alih tugas wartawan viral di media sosial TikTok. Tampak cuplikan saat Menteri Basuki memegang handphone salah satu wartawan untuk merekam omongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ada di sebelahnya.

"Menteri mendadak jadi wartawan," ujar pemilik akun @prabzoey mengutip video unggahannya yang menampilkan Menteri Basuki saat kegep membantu wartawan, Jumat (11/8/2023).

Menteri Basuki sendiri sempat terlihat menanyakan suatu hal pada wartawan yang dipegang handphone-nya. Tampak Menteri Basuki ingin memastikan rekamannya sudah berjalan.

Menteri Basuki Doorstop Presiden Jokowi

Selama beberapa menit, Menteri Basuki pun tampak sigap berada di samping Presiden Jokowi sambil ikut merekam dengan handphone wartawan.

Setelah kesempatan doorstop selesai, Menteri Basuki mengembalikan handphone itu pada wartawan yang bersangkutan.

Ternyata momen lucu itu terjadi ketika Presiden Jokowi usai peresmian Sodetan Ciliwung di Jakarta Timur pada 31 Juli 2023 lalu.

Video tersebut masih viral hingga hari ini di media sosial TikTok. Bahkan, hingga beberapa hari lalu, masih banyak warganet yang memberikan pada video Menteri Basuki jadi wartawan itu.

Hingga tulisan ini dipublikasikan, setidaknya video Menteri Basuki jadi wartawan sudah ditonton lebih dari 2,4 juta kali oleh warga TikTok. Ada pula hampir 300 ribu likes bertengger dalam video yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Terhibur Lihat Kelakuan Menteri Basuki

Selain masuk dalam for you page (fyp), video Menteri Basuki jadi wartawan juga dikomentari oleh lebih dari 1.900 warga TikTok.  

"Bapak satu ini (Menteri Basuki) memang paling beda wkwkwkw sehat-sehat Pak Basuki," tulis seorang warganet.

"Pak Basuki kok lucu terus sih," kata warganet lain dengan emoticon tertawa.

"Dia kan menteri pekerjaan umum. Jadi semua pekerjaan bisa," ujar warganet.

"Kemarin jajan tutut, sekarang jadi wartawan," sambung warganet lain.

"Pak WKWKWKWK mood banget apalagi yang beli tutut," tulis akun @h***o.

3 dari 4 halaman

Momen Menteri Basuki Jajan Tutut di Pasar

Seperti diketahui, sebelumnya Menteri Basuki ketahuan jajan saat tengah menemani Presiden Jokowi kunjungan ke Pasar Parungkuda, Sukabumi.

Momen itu terjadi pada Jumat, 4 Agustus 2023 lalu. Melalui video singkat, Presiden Jokowi menghampiri Menteri Basuki yang tengah berkumpul bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Beli tutut," ujar Erick Thohir mengadu pada Presiden Jokowi soal tentengan yang dibawa Menteri Basuki mengutip video yang tayang pada kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Ketahuan jajan tutut, Menteri Basuki langsung sigap memberikan klarifikasi. Menurutnya, tutut bisa bermanfaat untuk menumbuhkan rambut.

"Tutut, buat rambut pak," kata Menteri Basuki memberi klarifikasi.

4 dari 4 halaman

Menteri Basuki Jajan Tutut Bareng Erick Thohir

Dalam video berbeda yang diunggah Menteri BUMN Erick Thohir, terlihat ternyata keinginan membeli tutut itu datang dari dirinya dan Menteri Basuki.

"Beli tutut di pasar bareng Pak Bas," tulis Erick Thohir mengutip video yang diunggah melalui akun TikTok @erick.thohir.

Warganet ramai mengomentari video Menteri Basuki dan Erick Thohir yang jajan tutut. Ada yang menduga-duga apa yang dikatakan Jokowi pada keduanya.

"Jadi kayak lihat anak-anak sekolahan beli cilok pas pulang sekolah deh kalian. Ada Pak Bas, Pak Erick juga, Pak Presiden," kata warganet lain sambil tertawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.