Sukses

Isi Salad Buah yang Benar Bukan Dicampur Gunungan Keju kayak Neynis Food

Salad buah Neynis Food yang viral di TikTok identik dengan gunungan keju dan dihargai murah

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial TikTok tengah disuguhkan dengan drama Neynis Food, penjual salad buah seharga Rp10 ribu yang sempat memberikan review kurang memuaskan terkait salad buah milik kompetitornya, Salad Nyoo.

Nesya Anastasya sebagai salah satu pemilik Neynis Food sempat membahas salad buah yang dibelinya dengan harga Rp39 ribu. Namun, menurutnya, salad buah tersebut hanya berisi dua buah, semangka dan melon.

Sedangkan, salad buah yang dibanderol dengan harga Rp10 ribu milik Neynis Food menggunakan lebih banyak pilihan buah. Salad Neynis Food itu pun berisi mayones dan keju segunung.

Pemilik Neynis Food kerap kali bangga dengan salad buah viral yang mereka jual. Dianggap lebih worth to buy karena bisa menjual salad murah dan isinya penuh dengan buah, keju, dan mayones.

Lantas, seperti apa sih sebenarnya gambaran salad buah yang benar?

Salad Buah Tidak Pakai Keju Segunung

Pertama, salad buah yang benar atau sehat sebenarnya tidak dianjurkan menggunakan keju apalagi segunung.

Keju memang kaya akan kalsium. Namun, keju mengandung kalori tinggi sekitar 100 kalori per 30 gram.

Jadi, semakin banyak keju yang digunakan, akan semakin tinggi pula jumlah kalorinya.

"Sebaiknya jangan menggunakan dressing salad berupa keju," kata dr Kartika Mayasari seperti dikutip melalui Klikdokter pada Jumat 4 Agustus 2023.

Menurut Kartika, penggunaan keju dalam salad berlebihan akan berkontribusi dalam membuat berat badan naik secara signifikan.

Begitu pula dengan penggunaan mayones salad buah. Sebenarnya, dressing yang bersifat creamy seperti mayones hanya akan menambah kalori, lemak, dan sodium di dalamnya.

Alhasil, salad buah yang dianggap punya citra sebagai makanan sehat akhirnya luntur dan berujung menjadi makanan super tinggi kalori.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Salad Pakai Mayones Jadi yang Paling Buruk

Bahkan, mengutip WebMD, salad yang mengandung mayones sebenarnya masuk kategori salad paling buruk yang bisa Anda konsumsi.

Buah-buahan yang seharusnya dapat menjadi pilihan sehat tergeser manfaat kesehatannya akibat penggunaan mayones.

Jika pun ingin menggunakan mayones, maka hanya dianjurkan penggunaannya sekitar satu sendok kecil saja.

Dengan begitu, mayones tidak akan menutupi manfaat buah-buahan yang ada dalam semangkuk salad buah.

3 dari 4 halaman

Salad Buah Sehat Pakai Buah-Buahan Segar

Selain itu, salad yang sehat dianjurkan menggunakan buah yang segar. Bukan menggunakan buah-buahan yang sudah dipotong, berada dalam suhu ruang, dan terpapar udara selama berjam-jam.

Terlebih, buah memang bisa menambah rasa manis dan antioksidan. Sehingga salad buah yang benar tak perlu lagi pakai tambahan susu kental manis untuk bikin rasanya makin nikmat.

Sebab, salad buah yang berasal dari buah segar dan berkualitas tinggi pasti akan manis dengan alami.

4 dari 4 halaman

Komentar Warganet Lihat Salad Buah Neynis Food yang Viral

Sejak viral, banyak warganet akhirnya berbondong-bondong melirik salad buah yang dijual Neynis Food. Ada pun ternyata cukup banyak komentar negatif yang dilontarkan pada salad buah Neynis Food.

"Makan keju itu mah, bukan makan salad buah pakai keju," kata warganet.

"Kok saus (mayones) salad buahnya encer banget? Jatuhnya kayak es buah. Apalagi pakai cup minuman," tulis seorang warganet.

"Salad kan wajib pakai kulkas. Hmm, ini kok gini kak," ujar warganet lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.