Sukses

Kisah Asep Wirayasa, Mahasiswa FK Unpad Sabet Penghargaan dari Menkes

Mahasiswa FK Unpad Asep Wirayasa menerima penghargaan dari Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Liputan6.com, Karawang Mahasiswa Program Profesi Kedokteran Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran, Asep Wirayasa mendapatkan penghargaan dari Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. Penghargaan itu dilatarbelakangi Asep dinilai sebagai mahasiswa berprestasi Jawa Barat bidang Kesehatan.

Pemberian penghargaan dari Menkes Budi dilakukan saat acara Peresmian Center of Excellence (CoE) RSUD Karawang, Jawa Barat pada Sabtu (15/7/2023) lalu.

Asep Wirayasa mendapatkan penghargaan dari Budi Gunadi karena prestasinya dalam banyak ajang perlombaan, baik nasional maupun Internasional selama Asep menjadi mahasiswa S-1 FK Unpad.

Asep sendiri baru lulus program Sarjana pada 11 Juli 2023 lalu dan akan mengikuti wisuda Sarjana pada Agustus 2023 mendatang, dikutip dari laman resmi Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Senin (31/7/2023).

Inovasi Design Revolusioner Detector Bakteri e-coli 

Salah satu prestasi internasional yang diraih Asep, yaitu ajang Japan Design Idea & Invention Expo (JDIE) di Tokyo, Jepang pada 7-8 Juli 2023.

Saat itu, ia mendapatkan penghargaan dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Thailand sebagai Penemu Ilmiah Terbaik Internasional atas inovasinya dalam menemukan design revolusioner detector bakteri e-coli berbasis smartphone.

Pada ajang tersebut, mahasiswa FK Unpad itu juga mendapatkan medali emas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peraih Mahasiswa Berprestasi Unpad

Tak hanya itu saja, Asep Wirayasa yang merupakan peraih Juara 3 Mahasiswa Berprestasi Unpad tahun 2019 ini juga mendapatkan penganugerahan sebagai 'The Honorable Mentio' pada sidang kelulusannya di prodi Pendidikan Dokter FK Unpad.

Sebagai salah satu penerima beasiswa Karawang Cerdas, berbagai prestasi yang telah diraih Asep mendapatkan respons positif dari Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Direktur RSUD Karawang dr. Fitra Hergyana sehingga diundang pada acara Peresmian Center of Excellence RSUD Karawang, yang kemudian mendapatkan penghargaan dari Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Penyerahan penghargaan disaksikan juga oleh para direktur RSUD dan Kepala Dinas Kesehatan Se-Jawa Barat.

3 dari 4 halaman

Juara Ajang Regional Medical Olympiad

Sebelumnya, Asep Wirayasa bersama temannya, Apridya Nurhafizah meraih Juara I dalam ajang Regional Medical Olympiad (RMO) bidang urologi dan reproduksi yang diselenggarakan oleh Ikatan Senat Mahasiwa Kedokteran Indonesia (ISMKI) Wilayah 2 pada Minggu (25/9/2022).

Kompetisi tersebut digelar secara daring. Peserta diminta mengisi 100 soal pilihan ganda di babak penyisihan. Lima tim dengan nilai tertinggi berlanjut masuk ke babak seminifinal untuk melakukan ujian analisis dan lisan.

Selanjutnya, tiga tim bertanding cerdas cermat di babak final. Kompetisi ini diikuti oleh delegasi mahasiswa Fakultas Kedokteran di ISMKI Wilayah 2.

Selama persiapan, Asep dan Apridya melakukan belajar bersama dan uji soal seminggu sekali. Selain itu mereka juga menamatkan kembali materi uroreproduksi dari berbagai macam buku.

Alhamdulillah, ternyata persiapan yang lama dan matang dapat membuahkan hasil yang tidak kami duga,” ujar Asep.

4 dari 4 halaman

Dalami Urologi dan Reproduksi

Asep Wirayasa dan Apridya Nurhafizah mengaku tertarik mengikuti kompetisi tersebut karena memang senang mendalami materi mengenai urologi dan reproduksi.

Selain itu, Asep juga tertarik mempelajari dan mencoba mencari solusi terbaik tentang penyakit menular seksual di Indonesia. Untuk itu, ia harus belajar ilmu dasar secara lebih mendalam untuk mengetahui keunikan setiap penyakit tersebut.

Asep pun berharap ke depannya mahasiswa FK Unpad dapat memenangkan kelima cabang lain di kompetisi tersebut.

“Harapan saya Unpad di tahun berikutnya juga mampu memenangkan kelima cabang lainnya. Karena saya yakin kualitas anak FK Unpad sangat bagus,” harapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini