Sukses

Sinead O'Connor Meninggal 1,5 Tahun Usai Kematian Memilukan Putranya

Sekitar 1,5 tahun lalu, putra Sinead O'Connor bernama Shane meninggal dunia. Kini, dirinya menyusul sang putra.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari penyanyi Irlandia Sinead O'Connor. Ia dikabarkan meninggal dunia selang 18 bulan setelah kematian putranya yang berusia 17 tahun, Nevi'im Nesta Ali Shane O'Connor atau karib disapa Shane.

Sinéad O'Connor meninggal dunia pada usia 56, kabar ini dikonfirmasi oleh keluarganya.

"Dengan sangat sedih kami mengumumkan meninggalnya Sinéad yang kami cintai. Keluarga dan teman-temannya sangat terpukul dan telah meminta privasi pada saat yang sangat sulit ini,” kata keluarga dalam sebuah pernyataan mengutip New York Post, Kamis (27/7/2023).

Pada Januari 2022, pelantun lagu “One More Day” itu mengabarkan bahwa putranya Shane meninggal dunia karena bunuh diri.

Saat itu, dia menulis di Twitter: "Putraku yang tampan, Nevi'im Nesta Ali Shane O'Connor, cahaya hidupku, memutuskan untuk mengakhiri perjuangan duniawinya hari ini dan sekarang bersama Tuhan.”

"Semoga dia beristirahat dalam damai dan semoga tidak ada yang mengikuti teladannya. Sayangku. Aku sangat mencintaimu. Semoga kau dalam kedamaian,” tulis Sinead saat itu.

Sebelum ditemukan meninggal, Sinead mengumumkan bahwa keberadaan anaknya yang ketiga dari empat bersaudara ini sempat tak diketahui alias hilang.

Disampaikan bahwa meninggalnya putra Sinead O'Connor dari musisi Donal Lunny ini membuat dirinya pilu tapi pasrah ketika mengabarkan sang putra sudah tak ada lagi di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sempat Gagal Mengakhiri Hidup

Sebelum ditemukan meninggal, Shane sempat mencoba bunuh diri dua kali tapi gagal dan sempat dirawat di rumah sakit.

Namun, saat berada di rumah sakit, Shane kembali kabur dan mencoba mengakhiri hidup. 

Sinead O'Connor sebelumnya sempat mengungkapkan perasaan cemasnya sambil mengumumkan di media sosial bahwa ia tak mendapatkan kabar putranya.

"Pesan ini untuk putraku, Shane. Shane, ini sudah tidak lucu lagi perkara hilang ini. Kamu membuatku takut. Bisakah kamu melakukan hal yang benar dan melapor ke pos polisi sekarang? Jika kamu bersama Shane, tolong hubungi polisi demi keselamatannya," tulis Sinead sambil mengunggah potret putranya.

Sinead O'Connor juga sempat memprotes pihak rumah sakit lantaran putranya yang masih remaja itu dibiarkan keluar setelah dua kali mencoba mengakhiri hidup.

3 dari 5 halaman

Di Tengah Masa Berkabung

Setelah sang anak ditemukan tewas, Sinead O'Connor lantas mengunggah video musik lagu Bob Marley yang berjudul "Ride Natty Ride" untuk mengenang putranya.

"Ini untuk Shaney-ku. Cahaya hidupku. Pelita bagi jiwaku. Sayangku yang bermata biru. Kamu akan selalu menjadi cahayaku. Kita akan selalu bersama. Tak ada batasan yang bisa memisahkan kita," lanjut penyanyi itu.

Sinead O'Connor juga sempat mengunggah foto putranya tanpa menuliskan apapun sebagai cuitannya.

4 dari 5 halaman

Kepergian Sang Putra Pengaruhi Mental Sinead O'Connor

Kepergian sang putra dengan cara yang amat disayangkan membuat Sinead O’Connor menyimpan luka hati yang dalam. 

Beberapa hari sebelum berita bahwa sang penyanyi meninggal dunia, ia membuat sebuah unggahan memilukan, mengenai Shane.

Dalam unggahan di akun Twitter yang kini telah dinonaktifkan, wanita 56 tahun tersebut menyatakan ia hidup bagai “undead night creature” atau makhluk malam tanpa nyawa.

“Sejak saat itu hidup bak makhluk malam tak bernyawa. Dia adalah cinta dalam hidupku, penerang jiwaku. Kami adalah satu jiwa yang dibelah dua,” tulis Sinead O’Connor pada 17 Juli 2023 lalu, dilansir dari People, Kamis (27/7/2023).

“Dia adalah satu-satunya orang yang mencintaiku tanpa syarat. Aku tersesat tanpa dirinya,” tambahnya.

Pada 8 Juli, ia juga sempat membagikan video yang memperlihatkan penampilan dirinya dan apartemennya yang berantakan. Menurutnya, kepergian sang putra memang tak baik bagi fisik dan mentalnya.

“Aku kayak t**, karenanya aku sebelumnya enggak mau bikin video…tapi kamu tahu lah, dengan anakmu yang meninggal dengan cara yang sungguh disayangkan, memang tak baik untuk tubuh atau jiwamu,” kata dia.

5 dari 5 halaman

Kontak Bantuan

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.shoppingmode google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.