Sukses

Frugal Living Viral di TikTok, Emang Bisa Hidup Meski Gaji Rp3,5 Juta?

Pembahasan soal frugal living viral di TikTok lantaran bisa menjalani hidup tanpa cicilan padahal gaji Rp3,5 juta

Liputan6.com, Jakarta - Pembahasan terkait frugal living mendadak ramai dibicarakan di TikTok. Hal itu bermula saat beberapa content creator mengunggah video yang menceritakan bagaimana dirinya menerapkan frugal living.

Salah satunya diunggah pemilik akun @chintyamelsan. Wanita yang kini menjadi ibu muda tersebut mengungkapkan awal mula dirinya bisa menjalani frugal living dengan gaji Rp3,5 juta.

"Gaji pertamaku cuma Rp3,5 juta, Rp3 juta aku kasih ke mama, dan aku cuma megang Rp500 ribu untuk bertahan hidup selama satu bulan. Kantorku saat itu lokasinya di Sudirman," ujar Chintya mengutip video yang diunggah melalui akun TikTok pribadinya pada Rabu 26 Juli 2023.

"Tapi Alhamdulillah waktu itu ayah antar jemput aku sampai Stasiun Manggarai, karena kebetulan stasiunnya dekat dari bengkel ayah. Untuk makan aku selalu bawa bekal, bahkan enggak pernah jajan keluar," dia menambahkan.

Konten Frugal Living Viral

Selain itu, ada pula konten terkait frugal living viral lainnya. Kali ini dibuat oleh wanita di balik akun TikTok @si.ibunn.

Sama seperti konten Chintya, wanita yang diketahui bernama Endah itu menjelaskan bagaimana kehidupannya setelah menjalani frugal living.

"Berawal dari gaji Rp3,5 juta. Kalau enggak nerapin frugal living mungkin enggak akan ngerasain bisa staycation setahun sekali, beli Iphone ori pada masanya, bisa jalan sekaligus makan di luar setiap dua minggu sekali," kata Endah.

"Bisa ajak keluarga healing ke luar kota tiap tahun. Healing tiap bulan. Beli mobil cash di tahun pernikahan ketiga, beli rumah di (tahun) pernikahan kelima, sekolahin anak di sekolah favorit, punya asuransi kesehatan premium," dia menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsep Frugal Living yang Dikecam Warganet

Setelah konten-konten di atas ramai, warganet langsung memberikan pendapat masing-masing terkait frugal living yang dijalani. Seorang warganet memberikan komentar dalam video yang dibuat oleh Endah dan Chintya.

"Gue awalnya mikir dia bayar kost gimana. Eh taunya masih di rumah orangtua dan diantar jemput," tulis warganet dalam video Chintya.

"Mungkin frugal living = tinggal di rumah orangtua, enggak bayar listrik, persabunan, uang keamanan dan sampah, dan makan kadang minta orangtua, pampers, susu anak," ujar seorang warganet dalam video Endah.

Melihat komentar itu, Endah sempat membalas dengan menyertakan bagaimana dirinya mengatur keuangan dengan gaji Rp3,5 juta. Sayangnya, konten budgeting yang membedah pengeluaran itu menghilang dari TikTok. 

Sebelum hilang, konten yang bersangkutan sempat dibahas oleh financial planner.

3 dari 4 halaman

Frugal Living Dibahas Financial Planner, Ideal Enggak Sih?

Seorang financial planner yang aktif membuat konten di TikTok melalui akun @ghita.arga menjadi salah satu yang berkomentar. Ghita pun membahas soal ideal atau tidaknya budgeting yang dilakukan Endah.

Menurut Ghita dari perhitungannya, sebenarnya budgeting yang dilakukan belum ideal. Sebab, ada budget yang ditekan dan masih ada pula budget yang justru masih di bawah ideal.

"Sebenarnya ini gak ideal karena kalau ideal itu primernya cuma 50 persen. Sedangkan mbaknya mencapai 72 persen. Nabungnya masih di bawah ideal, masih 22 persen, idealnya 30 persen. Tapi, dia nekan di gaya hidup, nekan di happiness sebesar harusnya 20 persen, dia tekan sampai 6 persen," ujar Ghita.

4 dari 4 halaman

Tekan Budget, Wajar Jika Bisa Beli Aset dari Gaya Hidup Frugal Living

Namun, Ghita mengungkapkan dari perhitungan itu, wajar jika dengan gaji Rp3,5 juta, ada beberapa aset yang bisa dibeli. Hal itu lantaran memang Endah selaku pembuat video itu menekan budget untuk kesenangan hingga sangat kecil.

"Wajar atau enggak sih? Wajar banget, karena dengan gaji UMR atau di bawah UMR akan pasti tidak ideal menurut aturan financial planning, karena biaya hidup tinggi," kata Ghita.

Belum lagi, dengan gaji itu, Endah pun tidak punya cicilan lain.

"Mbak ini sudah bagus banget bisa nabung sampai 20 persen, sedangkan dia enggak punya cicilan. It means good, bagus banget, dan dia tekan happiness-nya sampai angka terkecil yang dia bisa," ujar Ghita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.