Sukses

Mengenal Istilah Boti yang Jadi Trending Topic Twitter Gegara Ada Cowok Beli Tas Hermes Birkin

Warganet berkomentar 'Boti' ke Danang Wisnu yang memamerkan tas Hermes Birkin

Liputan6.com, Jakarta - Kata 'Boti' masih bertengger di daftar trending topic Twitter pada Rabu, 12 Juli 2023. 'Boti' mendadak muncul usai viralnya kasus suami selebgram, Meylisa Zaara, yang ketahuan selingkuh sama cowok.

Namun, kicauan menggunakan kata 'Boti' juga digunakan warganet untuk mengomentari video milik 'Skincare Guru', Danang Wisnu, yang sedang memamerkan koleksi tas mewahnya.

Dari video yang dibagikan ulang akun @0tk0il pada Selasa 11 Juli 2023, Danang Wisnu terlihat sedang unboxing tas Hermes Birkin.

Nahas, Danang Wisnu malah kena 'rujak' dan mendapat komentar kurang mengenakkan dari warganet.

Danang Wisnu Dikomentari Boti oleh Warganet

Tidak sedikit warganet yang berpendapat bahwa tidak seharusnya seorang cowok memiliki tas birkin 'Hermes' yang dinilai lebih cocok buat perempuan.

"Emang boleh se-boti ini?" kicau @adit_wildan.

Warganet lain yang membaca kicauan @adit_wildan membalasnya dengan komentar yang tidak kalah pedas.

"Elu kali yang boti? Lemes banget ketikannya kayak bencong," kicau akun @dea**** yang merespons kicauan @adit_wildan.

"Jahat banget sih ketikannya. Giliran dikatain balik, mutung. E kok wagu sih?" respons akun @nona*****

Harus Banget Menilai Cowok Boti Gegara Punya Tas Cewek?

Satu per satu akun yang membela Danang Wisnu bermunculan. Banyak dari mereka yang menyayangkan sikap warganet yan langsung merisak dan menyebut Danang sebagai 'boti' hanya karena dia memamerkan tas Hermes birkin.

"Lihatlah para pengganggu ini. Video yang tidak berbahaya ini tidak berpengaruh apa-apa bagi mereka, tapi orang-orang berani berasumsi bahwa dia boti 'Cowok enggak mungkin pakai tas birkin'. Man... Just say you are broke and go," kicau akun @heyiamdito.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Adakah Istilah Boti yang Jadi Trending Topic Twitter Hari Ini di Dunia Kedokteran?

Ketika dimintai tanggapan apakah di bidang kedokteran mengenal istilah boti, dan apakah salah jika seorang laki-laki menyukai barang perempuan yang dalam hal ini memiliki kegunaan yang jelas, Sexologist and Health Educator Member of Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), dr Haekal Anshari M Biomed (AAM) memberikan jawabannya.

"Tidak ada istilah top atau boti dalam kedokteran," kata Haekal dihubungi Health Liputan6.com melalui aplikasi pesan singkat pada Rabu pagi 12 Juli 2023.

Namun, lanjut Haekal, ada preferensi seksual termasuk preferensi dalam melakukan bentuk atau posisi hubungan seksual. Hanya saja preferensi ini bersifat cair atau berubah-ubah.

"Kita tidak bisa menebak orientasi seksua, bahkan preferensi seksual seseorang hanya dari penampilannya saja," ujar Haekal menekankan.

Dengan kata lain, jangan menilai hanya dari kover saja. Sebab, menyukai suatu barang yang mungkin bukan 'cowok banget' atau 'cewek banget' adalah normal.

 

 

3 dari 3 halaman

Boti dan Orientasi Seksual

Lebih jauh Haekal menjelaskan bahwa secara garis besar orientasi seksual berdasarkan skala Kinsey dibagi menjadi :

  • Exclusively Heterosexual
  • Mostly Heterosexual
  • Equally or Bisexual
  • Mostly Homosexual
  • Exclusively Homosexual.

Dijelaskan Haekal, sebagian besar manusia memiliki orientasi seksual 'Mostly Heterosexual', yang baik laki-laki maupun perempuan bisa memiliki ketertarikan dengan sesama jenisnya, tapi tidak selalu memiliki ketertarikan secara kelamin.

"Ya karena orientasi seksual tidak sebatas ketertarikan secara kelamin, tapi juga melibatkan keterlibatan secara emosional, hati, pikiran, dan perasaan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.