Sukses

Warganet Sarankan Pakai BPJS daripada Galang Donasi, Denise Chariesta: Enggak Mau Jadi Beban Negara

Denise Chariesta ramai jadi perbincangan perkara menggalang donasi untuk melahirkan anak yang ada dalam kandungannya.

Liputan6.com, Jakarta Pebisnis sekaligus content creator Denise Chariesta kembali menjadi sorotan warganet. Dirinya ramai jadi perbincangan perkara menggalang donasi untuk melahirkan anak yang ada dalam kandungannya.

Galang donasi yang diberi tajuk "Peduli Denise Hamil Tanpa Suami" diunggah langsung oleh wanita berusia 31 tahun tersebut melalui akun Instagram pribadinya.

"Donasi dari Anda akan digunakan untuk biaya kebutuhan perlengkapan bayi dan biaya untuk lahiran caesar," tulis keterangan dalam poster donasi yang diunggah Denise Chariesta pada Rabu, 5 Juli 2023 lalu.

Denise Disarankan Pakai BPJS

Sontak aksi galang donasi yang dilakukan wanita yang akrab disapa Denise Cadel ini menuai banyak kecaman dari warganet. Namun, ada pula yang baik-baik menyarankan agar dirinya menggunakan BPJS Kesehatan saja.

Sebab, jika menggunakan BPJS Kesehatan, biaya melahirkan anak yang dikandung Denise Chariesta bisa gratis tanpa dipungut biaya apapun lagi.

"Lahiran pakai BPJS gratis. Kalau berat bayar bulanannya pakai yang kelas tiga juga oke kok. Ngurus dari sekarang kak @denisechariesta91 biar bisa dipakai," ujar seorang warganet kepada Denise.

"Lahiran di fasilitas kesehatan juga bisa kok pakai BPJS gratis. Jangan sampai ngemis kak malu," kata pemilik akun @c***a.

Melihat anjuran tersebut, Denise sudah memberikan respons. Namun, dirinya enggan menggunakan BPJS Kesehatan lantaran mengaku tidak mau menjadi beban negara.

"Gue enggak mau pakai BPJS deh kayaknya. Gue takut jadi beban negara. Ya, enggak mau aja jadi beban negara," ujar Denise melalui unggahan di Instagram Story.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Donasi untuk Lahiran Denise Chariesta

Dalam waktu dua hari, Denise Chariesta sudah mengunggah kembali progress donasi yang dilakukannya.

Hingga 6 Juli 2023, dirinya berhasil mengumpulkan hingga Rp3.113.328.

"Yang transfer kirim donasi boleh tulisin nama IG (Instagram) kalian gak? Bingung gimana ucapin terima kasihnya banyak banget. Jadi terharu," kata Denise.

Sambil mengunggah perolehan uang yang sudah diterimanya, Denise Chariesta mengungkapkan bahwa orang-orang yang memberikan donasi padanya adalah orang baik.

"Daftar orang-orang kaya di mataku. Walaupun kasihnya dikit setidaknya walaupun gak kaya material, tapi mereka kaya hati, dan isi pesannya bikin ngakak semua. Terima kasih orang baik," ujar Denise Chariesta.

3 dari 4 halaman

Nominal Donasi yang Diterima Denise Chariesta

Melalui bukti transfer yang diunggah oleh Denise, ada beragam nominal yang diterimanya. Mulai dari Rp1 perak hingga ada pula yang memberikan Rp2 juta.

Dalam beberapa transferan, tertulis pesan-pesan untuk Denise Chariesta.

"Maaf hanya bisa sumbang receh," tulis seorang warganet yang memberikan donasi sebesar Rp100 perak.

"Buat beli popok ye," tulis warganet lain yang memberikan Rp500 perak.

"Sehat-sehat bumil," ujar salah seorang donatur yang memberikan Rp400 perak.

4 dari 4 halaman

Alasan Denise Chariesta Tak Malu Buka Donasi

Dalam unggahan berbeda, Denise Chariesta menjelaskan alasan mengapa dirinya tidak malu untuk membuka donasi. Sebagian warganet heran lantaran selama ini Denise memang terkenal hidup berkecukupan.

"Jujur deh mbak, malu gak sih sampai open donasi sendiri gitu?" tanya warganet.

"Enggak sih, kenapa gue mesti malu? Gue kan yang penting tanggung jawab dan memperjuangkan. Selain open donasi kan gue tetap kerja. Ya, pokoknya gue mau yang terbaik buat baby gue," jawab Denise Chariesta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.