Sukses

Sejarah Hari Ayah Sedunia, Pertama Kali Dirayakan pada 1910

Hari Ayah sedunia diperingati setiap tahun pada hari Minggu ketiga di bulan Juni. Bagaimana sejarah dan asal usul Hari Ayah ini?

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ayah sedunia tahun ini diperingati pada Minggu, 18 Juni 2023. Momen ini tak kalah istimewa dari Hari Ibu.

Hari Ayah sedunia diperingati setiap tahun pada hari Minggu ketiga di bulan Juni. Hari ini dibuat untuk menghormati sosok ayah di seluruh negara, sebagai hari yang menunjukkan rasa sayang dan penghargaan atas semua yang mereka lakukan.

Jadi, sebenarnya dari mana asal-usul hari ini dan kapan pertama kali dirayakan?

Kapan Hari Ayah Sedunia Pertama Kali Dirayakan?

Hari Ayah Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 1910. Akan tetapi, membutuhkan waktu lebih dari enam puluh tahun agar hari tersebut menjadi resmi.

Hari Ayah terinspirasi oleh Hari Ibu, yang sudah menjadi hari libur komersial sejak tahun 1908, seperti melansir USA Today.

Pada tahun 1914, Hari Ibu diresmikan oleh Presiden Woodrow Wilson, yang menetapkan bahwa Minggu kedua bulan Mei akan dijadikan hari untuk menghormati para ibu di Amerika.

Kemudian pada tahun 1916, Wilson mengakui Hari Ayah, dan pada tahun 1924, Presiden Calvin Coolidge mendorong negara-negara bagian untuk merayakan hari tersebut.

Tahun 1966 merupakan awal sejarah Hari Ayah. Presiden Lyndon B. Johnson membuat pernyataan presiden pertama yang menghormati para ayah, menetapkan Minggu ketiga bulan Juni sebagai Hari Ayah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosok Di Balik Ide Hari Ayah

Menurut History.com, sosok di balik ide Hari Ayah adalah Sonora Smart Dodd. Ia lahir pada tahun 1882 dan dianggap sebagai orang yang memulai Hari Ayah.

Dodd, yang meninggal pada tahun 1978, dibesarkan oleh seorang veteran Perang Saudara yang menikah dan menjadi duda sebanyak dua kali dengan memiliki total 14 anak, seperti melansir Times of India.

Oleh karena itu, dia ingin menghormati kasih sayang yang diberikan oleh para ayah.

Pada tahun 1910, dia mengajukan petisi kepada Aliansi Menteri Spokane untuk menghargai keberanian dan pengabdian semua ayah, seperti ayahnya, William Dodd.

Ia mengusulkan Hari Ayah untuk dirayakan pada tanggal 5 Juni, yang merupakan hari ulang tahun ayahnya.

Para pemimpin agama setempat menyukai gagasan Hari Ayah tersebut. Setelah berdiskusi, mereka setuju untuk merayakannya pada Minggu ketiga bulan Juni.

3 dari 3 halaman

Cara Seru Merayakan Hari Ayah

Pada Hari Ayah, berbagai hal bisa dilakukan untuk membuat ayah Anda merasa istimewa.

Hal terpenting yang bisa Anda berikan kepada ayah adalah waktu. Banyak ayah yang merindukan kebersamaan dengan anak-anak mereka.

Meskipun mereka tidak terlalu mengekspresikan emosinya, mereka ingin sekali menghabiskan waktu bersama anak-anak mereka.

Selain memberikan waktu, Anda juga bisa melakukan kegiatan lain untuk membuat mereka senang.

Bawa mereka ke tempat favoritnya, ajak mereka makan di restoran kesukaannya, atau hal lainnya yang membuat mereka senang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.