Sukses

7 Tanda Anda Berada dalam Situationship, Salah Satunya Tidak Pernah Membicarakan Masa Depan

Situationship atau hubungan tanpa status mungkin jadi pilihan Anda yang baru saja putus cinta atau belum siap berhubungan serius. Namun, jika sudah jatuh cinta, tentu Anda tidak ingin terus berada dalam situationship. Berikut 7 tanda situastionship yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah lama dekat dengan doi tapi belum ada kejelasan apa-apa? Hati-hati, jangan-jangan Anda terjebak dalam situationship.

"Situationship adalah hubungan romantis yang dijalani sebelum atau tanpa percakapan tentang kejelasan status hubungan," jelas Saba Harouni Lurie, LMFT kepada Women's Health.

Lurie menambahkan bahwa dinamika seperti ini bisa bersifat sementara, misalnya setelah Anda berkencan dengan seseorang, tetapi masih terlalu dini untuk membahas status hubungan.

Mantan sosiolog Tinder dan Bumble, Jess Carbino, PhD, menekankan bahwa label atau status dapat membantu menciptakan makna dan menentukan harapan terhadap hubungan yang dijalani. "Situationship dapat didefinisikan sebagai hubungan romantis yang tidak memiliki komitmen, aturan serta harapan," katanya.

Mengingat semua ini digunakan untuk mendefinisikan hubungan tanpa status, para ahli berpikir apakah situationship sudah menjadi hal yang umum.

Yah, tapi tentu saja, menjalani hubungan tanpa status bisa jadi menyenangkan. Ini karena Anda bisa bebas dan tidak merasa terkekang. Apalagi, Anda jadi punya waktu untuk mengenal seseorang lebih dalam tanpa merasakan tekanan untuk segera membuat keputusan, ujar mak comblang Christie Tcharkhoutian, PhD, LMFT.

Masalahnya adalah, seringkali, salah satu dari Anda akan mulai benar-benar jatuh cinta, sebut pakar hubungan Abby Medcalf, PhD.

Begitu emosi terbentuk, berada dalam situationship benar-benar menyesakkan. "Anda mulai merasa ditolak karena orang tersebut tidak menginginkan Anda sepenuhnya," lanjut Medcalf.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Situationship

Tanda-tanda situationship menurut situs Women's Health, antara lain:

1. Tidak Ada Perkembangan dalam Hubungan

Jika hubungan Anda stuck disitu melulu, tandanya Anda berada dalam situationship. "Salah satu tanda utama dari situationship adalah bahwa hubungan itu bersifat kompartemen dan orang tersebut tidak terintegrasi ke dalam hubungan sosial lainnya, seperti teman dan keluarga," kata Carbino.

Ia menambahkan bahwa lamanya situationship juga merupakan kunci untuk mengevaluasi apakah hubungan tersebut bisa berkembang menjadi sesuatu yang lebih serius.

2. Tidak Ada Konsistensi

Salah satu daya tarik utama dari hubungan yang serius adalah Anda dapat bertemu dan berbicara dengannya secara teratur. Namun, hal ini tidak ada dalam situationship.

"Dia tidak mengajak Anda nongkrong tiga kali seminggu," kata Tcharkhoutian. Kalaupun dia melakukannya, tidak ada garansi hal yang sama akan terjadi di minggu berikutnya.

3. Hanya Membuat Rencana Jangka Pendek

Seseorang yang berada dalam hubungan serius membuat rencana berminggu-minggu, berbulan-bulan, terkadang bertahun-tahun sebelumnya. Sebaliknya, dalam situationship, waktu yang dibutuhkan untuk merencanakan sesuatu lebih singkat (beberapa jam atau hari).

3 dari 4 halaman

4. Tidak Pernah Membicarakan Masa Depan

Percakapan dalam situationships biasanya hanya tentang apa yang di depan mata, misalnya mau makan atau nonton apa. Logikanya cukup sederhana, jika Anda tidak akan menjalaninya untuk jangka panjang, mengapa membicarakan masa depan?

Jika belum berdiskusi tentang masa depan, itu bisa menjadi tanda Anda berada dalam situationship, kata Medcalf.

5. Tidak Ingin Hubungan Serius

Ada kalanya beberapa orang langsung jujur mengatakan bahwa hubungan Anda berdua hanyalah hubungan tanpa status.

"Percayalah apa yang dikatakannya," ujar Medcalf menjelaskan. "Manusia bukanlah makhluk yang rumit."

Kalaupun dia tidak mengatakannya dengan gamblang, perhatikan tindakannya. "Seseorang menunjukkan apa yang dipikirkannya tentang Anda melalui tindakan," kata Medcalf. "Jika ia tidak menelepon, berarti dia tidak begitu menyukaimu."

6. Selalu Gelisah

Hanya karena hubungan Anda tidak memiliki ekspektasi atau tekanan layaknya hubungan serius, bukan berarti Anda tidak akan stres.

"Anda sadar berada dalam situationship jika Anda terus merasa cemas akan adanya ketidakpastian, ambiguitas, dan ambivalensi," jelas Medcalf.

4 dari 4 halaman

7. Bosan

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan hal-hal baru dan berbeda merangsang sistem penghargaan otak, membanjirinya dengan dopamin dan norepinefrin. Sistem penghargaan neurologis itu kebetulan merupakan bagian otak yang sama yang aktif pada tahap awal hubungan romantis.

Setiap pakar hubungan akan memberi tahu Anda bahwa untuk menjaga hubungan tetap hidup diperlukan pengalaman-pengalaman baru dengan pasangan. Akan tetapi, dalam situationship, Anda mungkin melakukan hal yang sama berulang-ulang hingga bosan.

"Jika tidak jelas, tidak memiliki arah, dan tidak memiliki struktur apa pun, itu akan basi, dan itu tidak akan menyenangkan lagi," Tcharkhoutian menegaskan.

Pada akhirnya, semua kembali pada Anda. Jika memang belum ada niat menjalin hubungan serius atau baru saja putus cinta, situationship bisa jadi jawabannya. Gunakan kesempatan ini untuk mengeksplor hal-hal baru dan mengenal si dia secara lebih dalam dengan bebas tanpa merasa tertekan.

Jika memang saling mencintai, akan datang saatnya kalian mulai menyatakan perasaan masing-masing dan menjalin hubungan yang lebih serius.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini