Sukses

Pemudik Siap Kembali ke Jakarta, Muhadjir Effendy: Jika Badan Tidak Fit, Segera Istirahat

Kepada pemudik yang bersiap kembali ke Jakarta, segera istirahat jika merasa badan tidak fit.

Liputan6.com, Bandar Lampung Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy berpesan kepada para pemudik yang akan bersiap kembali ke Jakarta. Pesan ini seiring dengan arus balik mudik Lebaran Idul Fitri 2023 yang mulai bergerak.

Ia mengingatkan bagi para pemudik yang akan kembali ke Jakarta untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan istirahat yang cukup supaya tubuh tetap bugar.

"Jadi, sesuai dengan imbauan Bapak Presiden (Joko Widodo/Jokowi) kepada para pemudik yang akan kembali ke tanah rantauannya, tetap patuhi protokol-protokol kesehatan," pesan Muhadjir saat meninjau arus balik Lebaran 2023 di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung pada Selasa, 25 April 2023.

"Jika merasa badan tidak fit, segeralah beristirahat sebelum melanjutkan kembali perjalanannya."

Pelayanan Mudik di Pelabuhan Panjang Sudah Cukup Baik

Untuk pelayanan yang diberikan kepada para pemudik di Pelabuhan Panjang dinilai Muhadjir sudah cukup baik. Ia menjelaskan bahwa pada masa arus balik ini, khusus untuk truk angkutan yang naik dari Pelabuhan Panjang akan diturunkan ke Pelabuhan Indah Kiat.

"Saya lihat Pelabuhan Panjang siap untuk menerima arus balik, baik itu dari kapalnya, pelabuhannya, maupun personilnya," lanjutnya.

"Hal ini dilakukan agar pelayanan yang diberikan kepada pengendara jauh lebih baik dibandingkan pada arus mudik Lebaran beberapa hari lalu."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemudik yang Kembali ke Jakarta Jangan Berbarengan

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengimbau kepada pemudik Lebaran 2023 tidak secara berbarengan kembali ke Jakarta. Pernyataan ini sebagaimana anjuran dari Presiden Jokowi.

"Sesuai imbauan bapak Presiden Jokowi, yang tidak penting untuk pulang sekarang 25 dan 24 April pulangnya nanti. Tapi jangan pulang semuanya nanti tanggal 29 dan 30 April," ujar Latif kepada wartawan, Selasa (25/4/2023).

"Bagi-bagi pada waktu 25, 26, 27, 28, 29, 30 April. Panjang waktunya, jangan bersama-sama sehingga keadaan arus bisa kita imbau."

Latif mengatakan, dukungan dan kerja sama dari masyarakat atau pemudik dinilai penting supaya kendaraaan mau masuk ke Tol Dalam Kota, JORR utara, dan selatan, tidak terjadi penumpukan.

"Ini akan lancar semua. Mohon dukungan kerja sama seluruh masyarakat," ucapnya

Arus Tol Dalam Kota Masih Terkendali

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto bersama Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman meninjau langsung arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek pada Senin malam 24 April 2023.

Latif mengatakan, jumlah kendaraan yang melintas masih di angka 3.000 kendaraan per jam. Lalu lintas yang mengarah ke Tol Dalam Kota maupun Tol JORR masih terkendali.

"Yang masuk ke Dalam Kota juga masih terkendali, masuk ke Tanjung Priok, JORR Utara juga masih terkendali, masuk ke JORR Selatan arah Pondok Indah juga sangat terkendali," katanya.

3 dari 4 halaman

Belum Ada Kemacetan di Ruas Jalan Tol Arah Jakarta

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto bersama Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menjelaskan, berdasarkan pengamatan petugas kepolisian, belum ada kemacetan di ruas jalan tol arah Jakarta.

Pihak kepolisian pun terus mengimbau masyarakat yang kelelahan untuk tidak berhenti di bahu jalan. Sebab, lanjut dia, hal tersebut kerap kali menjadi penyebab terjadinya kemacetan.

"Jangan sampai ada hambatan sekecil apapun. Misalnya, yang kita antisipasi adalah parkir di bahu jalan, karena capek berhenti, ini harus masuk ke rest area semuanya," terang Latif.

"Apabila terjadi accident (kecelakaan) sesegera mungkin harus kita selesaikan. Sehingga tidak terjadi penumpukan."

Tetap Siaga Jika Terjadi Pelonjakan Volume Kendaraan

Namun demikian, Latif menyebut pihak kepolisian tetap siaga jika sewaktu-waktu terjadi pelonjakan volume kendaraan yang hendak masuk ke Jakarta. Ia memastikan agar arus lalu lintas berjalan lancar tanpa hambatan.

"Apabila kami menerima arus besar, kita sudah siap. Yaitu seluruh pintu tol sudah kita siapkan untuk pemantauan. Setelah keluar pintu tol di arteri kita atur sedemikian rupa, penjagaan diperketat. Sehingga tidak ada hambatan sama sekali di jalur tol ini," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Arus Mudik Lebaran Lancar

Terkait mudik Lebaran tahun ini, Menko PMK Muhadjir Effendy bersyukur semuanya lancar.

Alhamdulillah, secara umum masih lancar arus mudik terakhir ini, hanya beberapa ruas jalan mengalami kelambanan karena harus berbagi antara mereka yang akan masuk ke rest area seperti di Rest Area KM 102A dengan mereka yang akan terus melanjutkan perjalanan,” ujarnya saat melihat kepadatan menuju Rest Area 102A Tol Cipali, Minggu (23/4/2023).

Saat berada di Reat Area KM 102A, Muhadjir menyampaikan, pihaknya telah memberikan arahan kepada jajaran petugas yang ada di lokasi rest area untuk memberi imbauan kepada para pengunjung agar disiplin memerhatikan waktu istirahat.

Ia meminta agar para pemudik tidak berlama-lama berada di rest area sehingga dapat bergantian dengan para pemudik lain yang juga ingin beristirahat.

Hal ini disampaikan agar para pemudik saling memberikan suasana nyaman dan berbagi hak dalam memanfaatkan rest area. Arahan tersebut juga berlaku bagi rest area lain sepanjang ruas tol Cikampek-Kalikangkung.

Lihat Perkembangan Arus Mudik Pasca Lebaran Idul Fitri 

Pemantauan di atas disampaikan Muhadjir setelah menyusuri sepanjang ruas tol dari Cikampek hingga Kalikangkung guna melihat perkembangan arus mudik pasca Lebaran Idul Fitri 1444 H serta memastikan kesiapannya dalam menyambut arus balik yang akan segera berlangsung.

Peninjauan ini dilakukan pasca dilaksanakannya rapat koordinasi tingkat menteri yang sebelumnya telah diadakan. Sejumlah titik didatangi oleh Muhadjir, diantaranya Rest Area Subang, Rest Area Majalengka, serta Gerbang Tol Kalikangkung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini