Sukses

Beri Penghormatan untuk Moonbin ASTRO, Siaran Music Bank dan M Countdown Berlangsung Tenang dan Sunyi

Siaran acara televisi musik Korea, Music Bank, menghormati Moonbin ASTRO dengan acara yang berlangsung dengan tenang.

Liputan6.com, Jakarta - Industri musik K-Pop berduka atas meninggalnya Moonbin ASTRO 19 April 2023. Sebagai bentuk penghormatan, siaran Music Bank yang tayang pada Jumat, 21 April 2023 diadakan dengan tenang. Music Bank merupakan salah satu acara televisi musik Korea Selatan yang ditayangkan di saluran TV KBS World.

Suasana berkabung tampak sejak awal kemunculan pasangan MC, Eunchae Le Sserafim dan aktor Lee Chae Min. Keduanya bahkan kompak mengenakan pakaian hitam dan putih.

Tak hanya itu, terdapat bros bergambar pita hitam pada sisi kiri dada Eunchae dan Lee Chae Min. Seperti yang diketahui, pita hitam adalah simbol suasana duka.

Musik meriah yang biasanya membuka siaran Music Bank juga ditiadakan. Lebih lanjut, kedua pembawa acara memulai dengan mengungkap belasungkawa untuk mendiang Moonbin.

"Moonbin bersinar melebihi siapa pun di atas panggung. Semoga dia beristirahat dengan tenang," ujar utur keduanya secara bergantian, seperti dikutip dari unggahan kanal YouTube KBS World.

"Music Bank minggu ini akan berjalan dengan tenang. Mohon pengertiannya," lanjut Lee Chae Min.

Tanggapan Penggemar Moonbin ASTRO

Melihat acara yang diadakan dengan sunyi, tenang, dan khidmat, penggemar Moonbin ASTRO merasa bersyukur bahwa industri K-Pop sangat menghormatinya.

"Saya sangat senang bahwa pertunjukan hari ini memiliki nada yang serius, tidak ada yang bersikap seolah-olah tidak ada yang terjadi. Moonbin adalah idola yang menyentuh semua hati kami dengan bakat dan senyumnya yang menular," kata penggemar di kolom komentar kanal YouTube KBS World.

Tak lupa, penggemar juga memuji Eunchae dan Lee Chae Min yang membawa acara dengan baik. 

"Chaemin hebat, kalian dapat melihat bahwa dia sangat tersentuh oleh berita ini dan bahkan suaranya bergetar. Dan juga Eunchae, bersikap profesional dalam situasi ini pada usianya bukanlah hal yang umum. Terima kasih Music Bank karena telah memberikan rasa hormat kepada Moonbin dan keluarga serta teman-temannya," ucap yang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siaran M Countdown Juga Berlangsung Sunyi untuk Menghormati Moonbin ASTRO

Tak hanya Music Bank, program televisi musik Korea lainnya, M Countdown yang berlangsung sebelumnya pada Kamis, 20 April 2023 juga diadakan dengan sunyi.

Sama dengan Music Bank, suasana berduka terlihat dari pakaian kedua pembawa acara, Jooheon MONSTA X dan Miyeon (G)I-DLE, yang berwarna senada hitam putih.

"Hari ini adalah salah satu hari di mana hujan yang jatuh di musim semi tidak menyenangkan. Rekan kami yang telah tertawa dan menangis bersama kami di atas panggung untuk waktu yang lama, tiba-tiba meninggalkan kami untuk menjadi bintang di langit," ujar Jooheon membuka acara.

"Banyak orang mungkin mengalami waktu yang sulit saat ini, kami juga patah hati dengan berita yang tiba-tiba," ujar Miyeon menambahkan di tengah acara, diiringi dengan instrumen yang lembut.

Turut Berduka Atas Meninggalnya Moonbin ASTRO, Yujin IVE Tampak Gemetar Ketika Bicara

Selain pembawa acara, para idola yang harus tampil di panggung juga mengenakan pakaian hitam atau putih.

Salah satunya adalah girl group IVE yang menang di M Countdown. Meskipun menang, raut wajah member IVE tampak sedih. Para warganet juga memerhatikan, Yujin sebagai leader IVE tampak gugup sampai gemetar ketika mengucapkan terima kasih.

3 dari 4 halaman

Member ASTRO Berduka, Cha Eun Woo Tulis Surat Mengharukan

Sesama idola K-Pop tampak turut sedih dan berduka, apalagi dengan member ASTRO. Kesedihan teman-teman segrup Moonbin salah satunya tampak dari surat yang ditulis Cha Eun Woo untuknya.

Ia berkunjung ke area memorial yang digelar agensi untuk sahabat dan fans yang ingin mengucap perpisahan kepada mendiang.

Dilansir dari Allkpop, Selasa (25/4/2023), surat aktor tersebut begitu personal, mengharukan, dan menyentuh hati penggemar.

"Bin-ah. Malam ini aku begitu merindukanmu. Kamu teman yang bandel. Aku enggak bisa tidur, jadi Sanha dan aku keluar untuk jalan-jalan sebentar," tulis Cha Eun Woo di awal surat.

"Apa kamu tidur dengan nyenyak? Semua yang dulu aku lakukan bersamamu, hal-hal biasa yang remeh, sekarang aku begitu merindukannya dan menyesalinya… Di dunia bulanmu, berbahagialah hingga ratusan kali lipat," kata aktor True Beauty menambahkan.

Terakhir, Cha Eun Woo mengungkap janji untuk sahabatnya tersebut,"Semua yang kamu tinggalkan, akan aku jaga dan menjadi tanggunganku untuk menggantikanmu, jadi jangan terlalu cemas. Kamu sudah bekerja keras. Aku merindukanmu, sahabatku.".

4 dari 4 halaman

Penggemar Ucapkan Selamat Tinggal di Unggahan Terakhir Instagram Moonbin

Penggemar menaruh perhatian dan penghormatan pada pemotretan kosmetik terakhir Moonbin ASTRO dengan Clinique. Sebab, potret tersebut menjadi unggahan terakhir di Instagram.

Dalam pemotretan, Moonbin terlihat bersinar dan menawan. Ia menunjukkan dua gaya tampilan yang berbeda.

Di satu sisi, ia menyampaikan perasaan hangat dan nyaman melalui senyum dan gestur lucunya dengan produk tertentu, yang menampilkan pesona kekanak-kanakan. Di sisi lain, Moonbin mewujudkan kesan elegan dengan ketampanannya.

Para penggemar menangkap sisi kepribadian Moonbin yang cerah, hangat, dan lembut. Moonbin membawa energi positif dengan senyum lebar dan interaksi yang menyenangkan dengan produk tersebut.

"Beristirahatlah dengan tenang, Moonbin. Anda melakukannya dengan baik," tulis seorang penggemar. "Moonbin sangat cerah dan nyaman di foto," lanjut lainnya. "Moonbin adalah model terbaik, sangat tampan dan menyegarkan," tulis penggemar lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.