Sukses

Mengenal NPD atau Narcissistic Personality Disorder, Sifat Virgoun yang Di-Spill Istrinya Saat Bahas Perselingkuhan

Diduga Merupakan Sifat Virgoun, NPD atau Narcissistic Personality Disorder alias Gangguan Kepribadian Narsistik adalah bagian dari gangguan mental

Liputan6.com, Jakarta - Inara Rusli berkali-kali menggunakan tanda pagar (tagar) NPD di dalam unggahan Instagram Strories saat membahas perselingkuhan yang dilakukan Virgoun. Tagar #NPDawareness, #NPDabuser, dan #NPDsurvivor kerap disematkan Inara Rusli ketika membalas komentar atau dukungan yang diterimanya dari warganet.

"Mohon info Mom, NPD apaan, Mom," tanya seorang warganet.

"Narcissistic Personality Disorder. Buka hastag ini biar paham #NPDawareness, #NPDabuser, dan #NPDsurvivor," jawab pemilik akun Instagram terverifikasi, @mommy_starla.

Mengutip situs Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dari artikel yang disusun Tim Promosi Kesehatan RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten, Narcissistic Personality Disorder atau Gangguan Kepribadian Narsistik adalah kondisi ketika seseorang merasa dirinya paling penting, sangat membutuhkan perhatian, dan kekaguman berlebihan.

Dampak dari gangguan kepribadian narsistik seperti yang disebut istri Virgoun menyebabkan rasa empati di diri pengidapnya menjadi berkurang. Meski punya rasa PD selangit, orang yang mengidap Narcissistic Personality Disorder lemah terhadap kritik sekecil apapun.

Dampak Gangguan Kepribadian Narsistik yang Kerap Disinggung Istri Virgoun

Mengutip laman Mayo Clinic, gangguan kepribadian narsistik  memiliki beberapa gejala, yang kerap kali dapat membuat orang tersebut kesulitan untuk menjalin relasi yang baik dengan orang lain. Apa saja itu?

  1. Terus-menerus membutuhkan perhatian dan pujian yang berlebih
  2. Bermasalah dalam membangun relasi yang baik dengan orang lain
  3. Kurang memiliki empati, dan
  4. Tidak dapat menerima kritik.

"Orang dengan gangguan kepribadian narsistik tidak begitu mudah dalam mengatur emosinya, tidak dapat mengelola perasaan frustasinya dengan baik," ujar psikolog klinis, Ramai Durvasula dikutip Health pada Selasa, 25 April 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pahami Cara Menyikapi Orang dengan Gangguan Kepribadian Narsistik

Biasanya, lanjut Ramai, orang narsistik yang diduga terjadi pada Virgoun, akan jarang berubah. Sifat ini bisa kian memburuk seiring bertambahnya usia.

"Maka untuk menjaga kewarasan, jagalah jarak dan kelola ekspektasi Anda," kata Ramai.

Namun, tidak lantas Anda sebagai pasangan atau orang terdekatnya benar-benar harus menyudahi hubungan yang sudah terjalin atau memutus relasi bersama mereka. Sebab, beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menyikapi orang dengan kondisi gangguan kepribadian narsistik.

  1. Jangan menghakimi
  2. Hindari konfrontasi
  3. Olah kata

Penyebab Gangguan Kepribadian Narsistik atau NPD

Di situs Yankes Kemenkes RI, disebutkan bahwa belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan gangguan kepribadian narsistik. Namun, narsistik diduga terkait dengan sejumlah faktor, di antaranya:

  • Faktor genetik : Riwayat narsistik dalam keluarga.
  • Faktor lingkungan : Pola asuh orang tua yang terlalu memanjakan, menuntut, atau tidak memedulikan anak
  • Pengalaman masa kecil seperti penyiksaan atau trauma.
  • Faktor neurobiologi :  Hubungan antara otak dengan pola pikir dan perilaku.

Gejala Narsistik

Gejala narsistik dapat berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahannya. Gejala tersebut dapat berupa :

  1. Mementingkan diri sendiri (egois).
  2. Merasa berhak dan perlu dikagumi secara berlebihan dan terus-menerus.
  3. Merasa lebih baik dari orang lain (superior) meski tidak memiliki pencapaian apa pun.
  4. Merasa istimewa dan hanya ingin bergaul dengan orang yang dianggap setara dengannya.
  5. Membanggakan pencapaian atau bakat diri sendiri secara berlebihan.
  6. Sering mengkhayal tentang kesuksesan, kekuasaan, kecerdasan, kecantikan, atau pasangan yang sempurna.
  7. Menguasai percakapan dan meremehkan atau memandang rendah orang lain yang dianggap tidak setara dengannya.
  8. Mengharapkan perilaku khusus dan kepatuhan dari orang lain.
  9. Memanfaatkan orang lain untuk mendapatkan yang diinginkannya.
  10. Tidak memedulikan perasaan atau kebutuhan orang lain.
  11. Merasa iri pada orang lain atau menganggap orang lain iri padanya.
  12. Memiliki sikap arogan atau angkuh.
  13. Menginginkan yang terbaik dalam semua hal, misalnya mobil atau pekerjaan terbaik.
3 dari 3 halaman

Inara Rusli Bongkar Aib Virgoun yang Ketahuan Selingkuh dan Berbuat Asusila

Inara Rusli mengunggah surat pengakuan sekaligus perjanjian yang dia tanda tangani bersama Virgoun, dan seorang saksi atas nama Tri M. Lubis.

Mencermati isi surat yang diunggah di Instagram Stories Inara Rusli, isinya bikin tepuk jidat. Dalam surat tersebut, Virgoun mengakui melakukan hubungan asusila selayaknya suami istri dengan perempuan lain.

Untuk kenyamanan bersama dan menghormati privasi, nama tiga anak Virgoun dan Ina tim Liputan6.com samarkan termasuk tanggal mulainya Virgoun selingkuh. Virgoun membenarkan hubungan ini dilarang agama maupun hukum negara.

"Dengan surat ini menyatakan saya: Virgoun Teguh Putra. NIK: ***** Mengakui selama masih dalam status menikah dengan saudari: Ina Idola Rusli. NIK: ****,” demikian isi surat yang kemudian ditandatangani Virgoun dan Inara Rusli

"Bahwa benar telah melakukan hubungan asusila selayaknya suami istri yang dilarang oleh agama dan pemerintah dengan saudari: Aushna****** NIK ****** Terhitung sejak tanggal ******** - 27 September 2021,” tulisnya.

Setelah itu, pencetak lagu-lagu hits ini mengaku siap dihukum secara Islam maupun negara Republik Indonesia jika nanti kepergok atau terbukti melakukan perselingkuhan lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.