Sukses

Aktris Uhm Jung Hwa Bintangi Drama Korea Doctor Cha, Sempat Idap Kanker Tiroid dan Takut Tak Bisa Berkarier Lagi

Uhm Jung Hwa kembali muncul di drama Korea, ia kembali menjadi pemeran utama setelah 6 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Aktris dan penyanyi Korea Uhm Jung Hwa membintangi drama Korea baru Doctor Cha sebagai pemeran utama, Cha Jung Sook.

Drama ini menandakan kemunculannya pertama kali di layar kaca sebagai pemeran utama setelah enam tahun, melansir situs KBIZoom.

Memulai karier sejak 1989, wanita kelahiran 1969 tersebut dikenal sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh di industri hiburan Korea Selatan.

Bahkan, ia kerap disebut sebagai Madonna versi Korea berkat kontribusinya yang besar di dunia musik dan film.

Idap Kanker Tiroid, Sempat Takut Tak Bisa Lanjutkan Karier

Memiliki pengalaman puluhan tahun, tentu ia telah menghadapi sejumlah tantangan selama berkarier. Salah satunya adalah diagnosis kanker tiroid yang telah sembuh pada 2010 silam.

Pada sebuah acara lima tahun lalu, Uhm Jung Hwa menyingkap kondisi kesehatannya lantaran kanker tiroid yang pernah dialaminya, seperti melansir AllKpop.

“Satu bagian pita suara saya lumpuh dan saya tidak dapat berbicara selama delapan bulan,” terangnya.

Meskipun akhirnya menjalankan operasi, ia sempat takut tidak bisa melanjutkan karier sebagai penyanyi dan aktris.

“Kata orang, kelumpuhan pita suara dapat memengaruhi seumur hidup. Dan saya mulai berpikir, 'Bagaimana jika saya tidak bisa menyanyi, berbicara, atau berakting lagi?' Itu membuatku hampir gila,” ungkapnya.

Namun, Uhm Jung Hwa mengaku menjadi lebih bersyukur setelah melalui pengalamannya dengan kanker.

“Sangat sulit bagi saya saat itu. Saya rasa kepribadian saya berubah setelah kejadian itu. Saya menjadi lebih bersyukur untuk setiap hal kecil,” ia menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Bintang K-Pop Paling Sukses Tahun 90-an

Sebelum K-Pop dikenal luas seperti sekarang, Uhm Jung Hwa adalah salah satu pendahulu yang sukses mengharumkan industri musik Korea.

Wanita yang kini berusia 53 tahun tersebut debut sebagai penyanyi melalui album SORROWFUL SECRET pada 1993 silam.

Sejak itu, Uhm Jung Hwa menjadi penyanyi wanita paling sukses di Korea Selatan. Album keempatnya yang bertajuk Invitation menjadi album paling laris terjual, yaitu mencapai lebih dari 1 juta album copy

Terjun di Dunia Akting, Sempat Bersanding dengan Park Seo Joon

Pada tahun 2002, Uhm Jung Hwa memilih untuk melanjutkan karier sebagai penyanyi sekaligus aktris. Salah satu dramanya yang paling dikenal adalah Witch’s Romance yang tayang pada tahun 2014.

Di sana, ia bersanding dengan Park Seo Joon. Meskipun terlampau lebih tua, para penonton saat itu menyukai karisma keduanya dalam berakting.

3 dari 4 halaman

Sempat Berbisnis dan Jadi Desainer

Selain memiliki karier sukses di industri hiburan, Uhm Jung Hwa juga sempat membuka bisnis clothing dan lingerie line pribadinya. Sebagai pecinta fesyen, ia juga mendesain pakaian yang dijual.

Hanya dalam 3 bulan, ia menghasilkan lebih dari USD 10 juta dari bisnis tersebut. Sebab, hasil desain Uhm Jung Hwa ini tak dipasarkan di Korea, tetapi di New York lewat Corner dan ZHUM.

Berteman Baik dengan T.O.P Bigbang

Uhm Jung Hwa merupakan teman baik T.O.P, rapper boy group legendaris Big Bang. Ia dan T.O.P pernah bekerja sama dan duet untuk single D.I.S.C.O padai tahun 2008 lalu. 

Bahkan setelah menyelesaikan kerja sama tersebut, keduanya dilaporkan masih berhubungan baik.

Dalam sebuah wawancara dalam tayangan KBS Entertainment Tonight beberapa tahun silam, Uhm Jung Hwa membeberkan bahwa pasangan bermusik terbaiknya adalah sang rapper Big Bang tersebut.

4 dari 4 halaman

Sinopsis Doctor Cha, Uhm Jung Hwa Berperan Jadi Dokter

Setelah kemunculan terakhir di drama Our Blues (2022), kini Uhm Jung Hwa berperan sebagai dokter Cha Jung Sook di drama Doctor Cha.

Drama tersebut menceritakan Cha Jung Sook yang memutuskan untuk kembali mengejar karier sebagai dokter setelah 20 tahun menjadi ibu rumah tangga.

Proses yang ia lalui tentu tidak mudah. Ia harus kembali menyesuaikan diri menjadi dokter dengan susah payah, terutama di usianya.

Lebih lagi, dia harus bekerja di rumah sakit yang sama dengan sang suami, Seo In Ho (Kim Byung Chul) yang dikenal sebagai profesor yang disegani di rumah sakit.

Suaminya merupakan kepala dokter bedah di rumah sakit tersebut. Meski sukses sebagai dokter yang tegas dan ditakuti, Seo In Ho menyelingkuhi Cha Jung Sook tanpa sepengetahuan sang istri.

Kelanjutan drama ini dapat disaksikan lebih lanjut di Netflix, tayang setiap hari Sabtu dan Minggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.