Sukses

Menko Muhadjir: Pemudik Jangan Paksakan Terus Berkendara Jika Ngantuk, Bahaya

Bagi pemudik yang mengendarai kendaraan pribadi lewat jalur darat pada mudik Lebaran 2023, diminta untuk tidak memaksakan diri terus berkendara bila mulai lelah dan mengantuk.

Liputan6.com, Jakarta Arus mudik Lebaran 2023 mulai terasa di berbagai titik lewat berbagai moda transportasi. Bagi pemudik yang mengendarai kendaraan pribadi lewat jalur darat diminta untuk tidak memaksakan diri terus berkendara bila mulai lelah dan mengantuk.

"Pemudik jangan paksakan diri untuk terus berkendara jika ngantuk atau kelelahan, karena dapat berbahaya," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy dalam keterangan pada Senin, 17 April 2023.

Pengendara motor maupun mobil bisa menepi di tempat yang aman. Bisa juga pemudik memanfaatkan rest area atau pos mudik untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalannan.

"Pengendara bisa beristirahat di rest area ataupun di pos terpadu kepolisian, hingga kondisi fisik kembali segar dan bugar," kata Muhadjir Effendy mengutip dari Antara.

Pengelola Tol Tambah Imbauan untuk Pengguna Beristirahat

Menko meminta para pengelola jalan tol dapat menambah tulisan peringatan pada sejumlah titik. Di dalamnya berisikan imbauan bagi pengendara yang tengah melakukan perjalanan ke kampung halaman untuk segera beristirahat jika kondisi fisik sudah kelelahan.

"Saya menyarankan supaya ada peringatan berupa pengumuman atau tulisan imbauan untuk beristirahat, bagi pengendara," kata Muhadjir Effendy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Istirahat Tiap 2-4 Jam Sekali

Pemudik yang mengendarai kendaraan pribadi juga diminta untuk beristirahat secara berkala. Hal tersebut bahkan tertuang dalam aturan pasal 90 ayat (3) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang disebutkan bahwa perlu beristirahat 30 menit setelah berkendara 4 jam.

Istirahat berkala juga disampaikan dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto. Ia menyarankan pemudik beristirahat setiap dua jam sekali. Ini merupakan poin penting guna menjaga kebugaran tubuh selama perjalanan mudik.

"Tubuh sekuat apa pun butuh istirahat. Itu adalah keyword yang harus dipahami semua orang," kata Michael.

"Nggak ada orang yang super, berangkat dari Jakarta ke Malang, nyetir mobil sendirian dari subuh langsung sampai di Malang pada saat malam hari tanpa istirahat, nggak ada," tambahnya lagi.

 

3 dari 3 halaman

Mudik Lebih Awal Dapat Diskon

Muhadjir juga kembali menganjurkan masyarakat untuk mengambil waktu mudik lebih awal guna mengurangi potensi penumpukan kendaraan dan kemacetan saat perjalanan.

"Bagi masyarakat yang bisa, maka dianjurkan untuk berangkat mudik lebih awal, guna mengurangi potensi penumpukan kendaraan sehingga lebih nyaman selama perjalanan," kata Muhadjir.

Pemudik yang mengambil waktu berangkat dan balik mudik lebih awal akan ada potongan harga perjalanan sebesar 20 persen yang berlaku di beberapa ruas jalan tol.

Menko mencontohkan terdapat beberapa operator jalan tol yang memberikan diskon 20 persen, antara lain Tol Jakarta-Cikampek (operator PT Jasamarga), Tol Cikupa Merak (operator PT Marga Mandalasakti/Astra), Tol Bakauheni-Kayu Agung (operator PT Hutama Karya).

Muhadjir Effendy ​​​​​​​mengatakan jumlah pemudik Lebaran 2023 diperkirakan mencapai 123 juta orang atau meningkat dibandingkan dengan tahun 2022 yang 85 juta orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini