Sukses

Kembangkan Infrastruktur dan Keahlian, Island Hospital Jadi Finalis Rumah Sakit Pariwisata Terbaik Malaysia

Island Hospital menjadi finalis Rumah Sakit Unggulan untuk program Rumah Sakit Medical Tourism Malaysia -- 'Flagship Medical Tourism Hospital'.

Liputan6.com, Jakarta - Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) mengumumkan Island Hospital sebagai finalis Rumah Sakit Unggulan untuk program Rumah Sakit Medical Tourism Malaysia -- 'Flagship Medical Tourism Hospital'.

Program tersebut merupakan inisiatif MHTC guna menetapkan standar baru dalam wisata medis global (global medical tourism) dengan Malaysia sebagai ikon dunia untuk tujuan wisata medis.

Didukung penuh oleh Kementerian Kesehatan Malaysia, program ini merupakan upaya kolaborasi badan internasional IQVIA dan Joint Commission International (ICI). Tujuannya, memberikan pengalaman end-to-end bagi pasien dengan berdasarkan pada praktik terbaik keunggulan medis dan layanan serta branding internasional.

Flagship Medical Tourism Hospital menjadi komponen penting cetak biru industri wisata medis Malaysia selama lima tahun terakhir, yang bertujuan memberikan pengalaman Perjalanan Perawatan Keseahtan Terbaik di Malaysia pada 2025.

Terpilihnya Island Hospital sebagai finalis dalam program ini menjadi bukti komitmen Malaysia dalam menyediakan layanan kesehatan berkualitas tinggi dengan standar internasional.

Island Hospital menyatakan, pencapaian tersebut merupakan hasil dari upaya tanpa henti pihaknya dalam memastikan keselamatan pasien. 

"Terpilih sebagai finalis untuk program ini merupakan pencapaian yang signifikan bagi Island Hospital. Kami bangga menjadi bagian darinya, karena rumah sakit tetap berkomitmen untuk menyediakan layanan kesehatan berkualitas tinggi yang memenuhi standar internasional dan memberikan pengalaman pasien yang luar biasa," demikian pernyataan Island Hospital melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Selasa, 21 Maret 2023.

Rumah sakit ini telah aktif dalam wisata medis selama lebih dari 20 tahun. Island Hospital diketahui memiliki sejumlah layanan unggulan seperti Diabetes Centre, Fertility Centre, Health Screening Centre, Heart Centre, Movement Disorder Clinic, Rehabilitation & Physiotherapy, Spine Centre, Urology Centre, dan Digestive Centre. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kembangkan Fasilitas Baru

Rumah sakit yang terletak di Penang, Malaysia ini pun aktif berinvestasi menumbuhkan dan mengembangkan infrastruktur serta keahlian untuk memenuhi kebutuhan pasien lokal maupun internasional.

Komitmen membawa pariwisata medis di Penang dan Malaysia ke tingkat selanjutnya diwujudkan melalui kemitraan publik - swasta dengan pemerintah kota Penang dalam bentuk Island Medical City pada 2016.

Proyek tersebut menandai evolusi Island Hospital menjadi penyedia layanan kesehatan regional terkemuka yang menawarkan perawatan terbaik di kelasnya bagi pasien sekaligus aspirasi menjadi salah satu institusi medis terbesar dan terkemuka di Asia Tenggara. Visi tersebut dinilai selaras dengan tujuan Program Rumah Sakit Pariwisata Medis Unggulan.

 

 

3 dari 3 halaman

Fasilitas Peel Wing

Pada Oktober 2022, Island Hospital meresmikan fasilitas baru Peel Wing. Dengan fasilitas baru dan luas tersebut, Island Hospital siap mencapai tujuan wisatawan perawatan kesehatan yang menghasilkan hingga 80 persen dari pendapatannya dalam beberapa tahun ke depan.

Sejak 2018, Island Hospital juga telah menginvestasikan lebih dari RM0,5 miliar untuk membangun infrastruktur fisik, digitalisasi kesehatan dan sumber daya manusia. Hal itu merupakan wujud komitmen dalam penyediaan layanan kesehatan berkualitas.

Melalui kemitraan strategis dengan pemangku kepentingan publik dan swasta, diperkirakan pada 2023, limpahan ekonomi dari wisatawan kesehatan ke Penang akan mencapai lebih dari RM1 miliar per tahun. Perkiraan tersebut berdasarkan kegiatan dari hulu ke hilir di sektor perhotelan, layanan, ritel, dan transportasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.