Sukses

Ucapan Hari Perawat Nasional 2023 dari Jokowi hingga IDI

Berbagai pihak memberikan ucapan Hari Perawat Nasional 2023 kepada mereka yang merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai pihak memberikan ucapan Hari Perawat Nasional 2023 kepada mereka yang merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan di Tanah Air. Mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), berbagai kementerian hingga organisasi seperti Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia mengucapkan selamat serta berterima kasih atas jasa para perawat.

"Selamat Hari Perawat Nasional," tulis Presiden Jokowi di atas gambar ilustrasi perjuangan para perawat yang diunggah di Twitter-nya tadi pagi dala.

Jokowi menuturkan para perawat tidak hanya memberi senyuman tulus dan kesabaran dalam merawat pasien. Namun, juta tetap profesional dalam memberikan layanan kesehatan.

"Mereka tidak datang sekadar memberi senyum yang tulus, sikap sabar, atau menularkan semangat. Mereka hadir memberi pelayanan profesional yang membangunkan harapan. Para perawat Indonesia telah membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi setiap orang yang membutuhkan," tulis Jokowi.

Kemenkes

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga memberikan ucapan kepada para perawat. 

"Perawat memiliki peran yg sangat besar untuk memberikan pelayanan kesehatan yang profesional dan berkualitas, sesuai dengan kebutuhan masyarakat," tulis Kemenkes. 

"Terima kasih atas kepedulian dan kerja keras yg tulus demi menyehatkan Indonesia," lanjut Kemenkes lagi. 

 

Kemenpan RB

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) menuturkan bahwa profesi satu ini punya peran besar dalam membuat masyarakat Indonesia sehat. Tak cuma itu, perawat juga punya peran dalam membuat angka harapan hidup masyarakat tinggi.

"Profesi perawat turut berperan dalam mewujudkan tercapainya kualitas kesehatan dan angka harapan hidup yang tinggi."

"Terima kasih kepada seluruh perawat dan nakes Indonesia yang telah bekerja sepenuh hati," tulis kementerian ini di akun Twitter yang terverifikasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BKKBN dan IDI

BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyampaikan apresiasi atas dedikasi para perawat Tanah Air. 

"Terima kasih telah berjasa mengabdikan diri dan berdedikasi untuk memberikan perawatan kesehatan bagi keluarga Indonesia," tulis BKKBN.

IDI

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) yang beranggotakan para dokter di Tanah Air menyampaikan terima kasih atas jasa perawat yang membantu dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

"Apresiasi yang tinggi atas dedikasi yang sangat baik dalan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Indonesia," kata IDI di akun Twitternya.

 

3 dari 3 halaman

Bertepatan dengan HUT PPNI

Peringatan Hari Perawat Nasional ini juga bertepatan dengan hari lahirnya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). PPNI lahir pada 17 Maret 1974.

Peringatan Hari Perawat Nasional dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap seluruh perawat. Untuk tema tahun ini Hari Perawat Nasional 2023 dan HUT PPNI ke-49 mengusung "Gapai Sejahtera dengan Profesionalisme".

PPNI menjadi organisasi satu-satunya yang mewadahi perawat di Indonesia, seperti dilansir dari laman resminya.

Organisasi ini hadir sebagai wadah pembuatan kebijakan, pemersatu, pembina, pengembang, dan pengawas keperawatan di Indonesia (AD-ART PPNI, 2015).

Peran Perawat

Apa tugas seorang perawat? Perawat juga memiliki berbagai peran. Menurut Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan (Pusdatin Kemenkes) 2017, peran-peran perawat meliputi:

  • Care provider (pemberi asuhan).
  • Manager and community leader (pemimpin komunitas).
  • Educator (pendidik)
  • Advocator (pembela)
  • Researcher (peneliti)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini