Sukses

Dokter Mawar Meninggal di Nabire, Kemenkes Bicara soal Keamanan Nakes di Papua

Bercermin dari kasus dokter Mawar meninggal di Nabire, bagaimana keamanan tenaga kesehatan (nakes) di Papua?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu tenaga kesehatan yang berada di Papua meninggal dunia. Dokter Mawar meninggal di rumah dinasnya yang berada Kabupaten Nabire, Papua Tengah memunculkan keprihatinan. Terlebih lagi, Indonesia dilanda kekurangan dokter termasuk dokter spesialis serta pemerataan dokter yang belum merata di daerah.

Berkaca dari kasus meninggalnya dokter Mawar, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan soal jaminan keamanan tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di Papua.

Hal ini melihat kondisi di sejumlah daerah di Papua terbilang rawan. Kilas balik pada 15 September 2021, petugas Gabungan TNI dan Polri menemukan dua nakes yang dilaporkan hilang pascapenyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap Puskesmas dan rumah tenaga medis di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua. Satu di antaranya meninggal dunia.

Dokter Mawar Meninggal Dunia, Bagaimana Keamanan Nakes di Papua?

Menilik keselamatan nakes yang bertugas di Papua, menurut Nadia, sudah dikoordinasikan dengan pemerintah daerah (pemda) setempat. Aparat keamanan juga diminta agar nakes mendapat perlindungan.

"Tentunya, sejak ada beberapa kejadian sudah dikoordinasikan dengan pemda setempat dan aparat keamanan di sana untuk memastikan nakes yang bertugas mendapatkan perlindungan keamanan," kata Nadia saat dikonfirmasi Health Liputan6.com melalui pesan singkat pada Jumat, 10 Maret 2023.

Seperti diberitakan, dokter spesialis paru bernama Mawartih Susanty meninggal pada Kamis (9/3/2023) di rumah dinasnya di Kompleks RSUD Nabire, Provinsi Papua Tengah.

Kabar dokter Mawar meninggal di Nabire, di rumah dinasnya di Nabire, Papua Tengah, diunggah oleh dokter spesialis penyakit dalam, RA Adaninggar atau dokter Ning melalui sebuah akun Instagram pribadinya hari ini, Jumat (10/3/2023).

Jika benar, ini harus jadi perhatian semua stakeholder. Dokter ini adalah definisi yg sebenarnya dari PENGABDIAN. Beliau seorang wanita, belum menikah, bukan orang asli Papua, mau bekerja di sana, di daerah yang kabarnya bukan daerah yang aman, dan beliau tidak mau meninggalkan Papua karena beliau adalah satu2nya spesialis paru di sana, tulis dokter Ning.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosok Dokter Mawar yang Dinilai Baik Hati

Di akun Instagram pribadinya, dokter Ning mengunggah foto tangkapan layar 'Dokter Mawar Ditemukan Meninggal di Kediamannya di Kompleks RSUD Nabire' yang diberitakan salah satu situs berita.

 

Di saat semua sedang heboh mengenai isu banyak masyarakat Indonesia berobat ke luar negeri, di sisi lain, perjuangan dokter Indonesia juga jarang menjadi perhatian," tulis dokter Ning.

Berita ini baru kemarin saya dapatkan, kebetulan saya kenal dengan dokter yg ada di berita ini. Dulu kami sekolah bareng, orangnya sangat sangat baik. Semua yg kenal beliau pasti ingat sebaik apa beliau. Orang yang enggak pernah marah.

 

Dokter Ning juga mengaku kaget atas kabar meninggalnya dokter Mawar.

 

Kaget sekali dengar berita ini. Beliau ditemukan meninggal di rumah dinasnya dan ada dugaan sebagai korban tindakan kriminal (masih dalam penyelidikan), demikian tulis dokter Ning.

Beberapa bulan terakhir juga beliau sempat mengeluhkan masalah keamanan di daerah sekitar rumah dinas tapi belum mendapatkan tanggapan serius karena memang belum ada kejadian yang merugikan saat itu. Kasus ini pun sepertinya akan sulit diungkap karena beliau tinggal sendiri di rumah dinas.

 

3 dari 3 halaman

Cari Tahu Penyebab Kematian Dokter Mawar

Unggahan dokter spesialis penyakit dalam, RA Adaninggar terkait kematian dokter Mawar, turut ditanggapi oleh Menkes Budi Gunadi Sadikin. Lewat akun Instagram pribadi, Budi Gunadi menulis di kolom komentar unggahan dokter Ning.

Disampaikan Budi Gunadi, dirinya juga sedang berkomunikasi dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak perihal layanan kesehatan di Papua yang terbilang rawan bagi para tenaga kesehatan (nakes).

 

Saya sudah minta diteliti penyebab kematiannya karena apa. Nanti saya minta secara resmi diupdate, tulis Menkes Budi dalam komentar pada Jumat, 10 Maret 2023.

Saya juga sedang bicara dengan beberapa pihak terkait strategi layanan kesehatan di Papua yang rawan bagi para nakes. Karena sifatnya agak tertutup tidak bisa saya share ke publik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.