Sukses

Hari Musik Nasional, Ketua MPR Bamsoet Beri Dukungan untuk Musik Nasional dan Daerah Terus Berkembang

Ketua MPR Bambang Soesatyo pun turut memberikan ucapan selamat Hari Musik Nasional kepada para pemusik dan penikmatnya. Bersamaan dengan itu, ia juga memberikan dukungan pada musik nasional.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, 9 Maret 2023, Indonesia memperingati Hari Musik Nasional untuk kesekian kalinya. Ketua MPR Bambang Soesatyo pun turut memberikan ucapan selamat Hari Musik Nasional kepada para pemusik dan penikmatnya.

"Selamat Hari Musik Nasional kepada seluruh pemusik dan penikmat musik di Tanah Air, dan menyampaikan bahwa MPR RI terus mendukung musik nasional untuk terus berkembang," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet melalui keterangan yang diterima Health Liputan6.com, Kamis (9/3/2023).

Berkaitan dengan Hasil Musik Nasional, Bamsoet meminta pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memberikan dukungan pada industri musik nasional. Menurutnya, hal itu seharusnya bisa lebih dikembangan dan lebih banyak dinikmati oleh masyarakat.

"Meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan dukungan kepada industri musik nasional agar musik Indonesia, termasuk musik daerah, bisa terus berkembang dan makin banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia, hingga ke penjuru dunia," kata Bamsoet.

Tak berhenti di sana, Bamsoet sendiri meminta Kemenparekraf untuk menjamin para pemusik nasional. Hal ini diupayakan agar para pemusik bisa mendapatkan hak mereka terutama dalam hal hak cipta.

"Meminta pemerintah, dalam hal ini Kemenparekraf, menjamin para pemusik nasional mendapatkan hak-hak mereka, dan memberikan perlindungan karya, seperti hak cipta dengan memberantas pembajakan," ujar Bamsoet.

Seperti diketahui, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013, penetapan Hari Musik Nasional secara resmi dilakukan saat masa pemerintahan Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengingat dan Penyemangat Musik Nasional

Lebih lanjut Bamsoet mengungkapkan bahwa dirinya ikut mengajak seluruh masyarakat agar menjadikan momentum Hari Musik Nasional ini sebagai pengingat dan penyemangat.

"Mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjadikan momentum Hari Musik Nasional ini sebagai pengingat dan penyemangat untuk terus membudayakan dan menjaga musik nasional ataupun musik daerah," kata Bamsoet.

"Dan mendukung musik Indonesia dengan menghargai seniman nusantara dan karya-karya yang dihasilkan," pungkasnya.

Manfaat Musik bagi Kesehatan

Musik telah diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, bahkan bila Anda hanya sekadar mendengarkannya. Salah satunya yang paling sering dibahas adalah manfaatnya untuk kesehatan mental.

Pendapat itu diungkapkan oleh konselor kesehatan mental di Empower Your Mind Therapy, Peta-Gaye Sandiford. Menurutnya, memerhatikan atau merawat diri sendiri baik untuk kesehatan mental. Melakukannya sesederhana bisa lewat mendengarkan musik sehari-hari.

3 dari 4 halaman

Dengarkan Musik, Baik bagi Kesehatan Mental

Terlebih, memerhatikan atau merawat diri sendiri bisa dilakukan dengan cara apapun yang paling nyaman dan Anda sukai. Terpentingnya, bisa mengisi hati Anda dan mengembalikan energi yang sebelumnya telah menurun.

"Mungkin bisa berjalan-jalan santai di luar, memasak makan malam yang bergizi, menulis jurnal untuk meningkatkan rasa syukur, mendengar musik, atau menari. Ini semua bisa jadi hal yang membantu Anda mengisi ulang energi," kata Sandiford mengutip Everyday Health.

Selain itu menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Music Therapy, seseorang yang secara aktif ikut bernyanyi saat mendengarkan musik ternyata dapat merasa lebih berenergi.

Sedangkan pada beberapa orang, mendengarkan beberapa jenis lagu dapat memicu semangat dan energi. Namun, hal itu dianggap tidak begitu berpengaruh pada peningkatan energi.

4 dari 4 halaman

Musik untuk Tingkatkan Produktivitas

Musik sendiri juga telah terbukti dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja kognitif terutama pada orang dewasa. Bahkan, mendengarkan musik juga diketahui dapat membantu seseorang untuk tetap produktif, mengelola kecemasan, dan meningkatkan motivasi.

Hal tersebut dianggap bisa terjadi bila Anda tahu bagaimana cara memilih playlist musik yang tepat.

Mengutip laman The Guardian, mengawali hari bisa dilakukan seperti apa yang diterapkan terapi musik. Konsep ini dikenal sebagai prinsip iso atau teknik yang digunakan para terapis untuk mengubah suasana hati pasien.

Dalam tahap ini, terapis biasanya akan mencocokkan musik dengan suasana hati pasien pada saat itu dan secara bertahap mengubah lagu untuk mencapai keadaan hati yang diinginkan.

Pada tahap awal, lagu juga tidak disarankan untuk memaksa seseorang agar langsung produktif. Melainkan secara bertahap membawa pendengarnya ke arah sana. Setelahnya, Anda bisa perlahan memilih lagu dengan tempo lebih tinggi untuk meningkatkan semangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.