Sukses

Suga Ulang Tahun ke 30, Member BTS Ini Berdonasi Rp 1 Miliar untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

Suga BTS nampaknya berhasil membuat para ARMY ikut bangga. Pasalnya, Suga ternyata melakukan donasi untuk para korban gempa Turki dan Suriah sebesar 100 juta won.

Liputan6.com, Jakarta Suga baru saja melewati hari bahagianya. Kemarin pada Rabu, 8 Maret 2023, salah satu member BTS  ini merayakan ulang tahunnya yang ke 30 tahun. Suga sempat menyapa penggemarnya melalui sebuah siaran langsung.

Tak hanya itu, Suga BTS nampaknya berhasil membuat para ARMY ikut bangga. Pasalnya, Suga ternyata melakukan donasi untuk para korban gempa Turki dan Suriah sebesar 100 juta won atau sekitar Rp1,1 miliar. 

"Anggota BTS Suga telah menyumbangkan 100 juta won untuk bantuan darurat di Turki dan Suriah, menyusul kerusakan parah akibat gempa bumi yang memecahkan rekor tersebut," ujar pernyataan terbuka yang disampaikan oleh Save the Children mengutip Soompi, Kamis (9/3/2023).

Menurut keterangan itu, Suga BTS merasa bahwa banyak anak dan keluarga yang menderita akibat gempa Suriah dan Turki. Sehingga, ia berharap bantuannya bisa berguna untuk anak-anak di sana.

"Begitu banyak anak-anak dan keluarga yang menderita kerusakan parah akibat gempa ini. Saya menyampaikan belasungkawa kepada para penyintas dan korban," ujar Suga memberikan pernyataannya.

"Saya berharap ini setidaknya menjadi sedikit bantuan untuk anak-anak yang terkena dampak gempa dan semoga (donasi) ini digunakan untuk menyediakan barang-barang bantuan untuk anak-anak," tambahnya.

Pihak Save the Children menyatakan bahwa donasi yang diberikan oleh Suga BTS akan digunakan untuk membeli selimut, kasur, perlengkapan sekolah, dan berbagai keperluan lainnya di daerah terdampak.

Seperti diketahui, pria bernama lengkap Min Yoongi tersebut merayakan hari ulang tahunnya bersama para ARMY. Suga BTS menyalakan live di Weverse sambil menggunakan topi dan membawa kue ulang tahun gemas berwarna biru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Pertama Kalinya Suga BTS Berikan Donasi

Ulang tahun Suga BTS ke 30 ini sebenarnya bukanlah momen pertama dirinya memberikan donasi. Pasalnya, Suga BTS ternyata sudah aktif memberikan donasi setiap hari ulang tahunnya selama karirnya.

Suga BTS diketahui pernah membantu korban kebakaran hutan, pasien kanker anak, upaya pencegahan COVID-19, dan lebih banyak lagi selama bertahun-tahun.

Tindakan yang dilakukan Suga BTS sendiri nampaknya telah menginspirasi banyak ARMY untuk turut melakukan hal baik. Salah satunya yang belum lama dilakukan adalah saat para ARMY berinisiatif untuk memberikan donasi bagi korban Tragedi Kanjuruhan, Malang pada 2022 lalu.

Tragedi Kanjuruhan memang menyisakan luka mendalam bukan hanya bagi dunia persepakbolaan. Melainkan bagi ratusan juta warga Indonesia lainnya, termasuk didalamnya para ARMY atau penggemar grup vokal asal Korea Selatan BTS.

3 dari 4 halaman

Sumbangan ARMY untuk Tragedi Kanjuruhan

Sebagai bentuk empati dan solidaritas antara keluarga Tanah Air, ARMY Indonesia menggalang dana untuk tragedi Kanjuruhan hingga terkumpul hampir Rp200 juta. Proses galang dana dari ARMY Indonesia untuk tragedi Kanjuruhan berawal dari sebuah unggahan di media sosial.

"Hai ARMY, hai #OrangBaik. Atas nama ARMY INDONESIA kami mengucapkan turut berduka cita kepada seluruh korban dari tragedi di stadion Kanjuruhan, semoga semua keluarga yang ditinggalkan dilapangkan dadanya dan diberi kesabaran," tulis keterangan dalam akun Instagram @btsarmy.project pada Senin, 3 Oktober 2022.

"Kami mengajak ARMY di seluruh Indonesia sebagai bentuk empati dan solidaritas antar keluarga se-Tanah Air, satu Bangsa Indonesia untuk ikut berkontribusi untuk membantu para korban dari tragedi ini dengan ikut berdonasi melalui KITABISA," sambung keterangan tersebut.

Galang dana tersebut diberi tajuk 'ARMY INDONESIA UNTUK KORBAN KANJURUHAN' dalam situs donasi dan menggalang dana Kitabisa.com.

4 dari 4 halaman

Bantuan ARMY untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Berdasarkan nominal yang tercantum dalam laman Kitabisa.com, galang dana dari ARMY Indonesia terkumpul hingga Rp447.559.567. Galang dana yang dilakukan oleh ARMY Indonesia juga telah berakhir.

Berdasarkan keterangan, bantuan dari para ARMY nantinya akan disalurkan untuk keluarga korban terdampak. Termasuk untuk modal usaha bagi keluarga yang kehilangan sosok tulang punggung dan santunan pendidikan bagi anak-anak yang ditinggalkan orangtuanya.

"Nantinya dana hasil donasi akan disalurkan langsung oleh tim ARMY Malang," lanjut keterangan dalam unggahan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.