Sukses

Simak 4 Alasan Mengapa Kucing Tidak Mau Makan, Berikut Cara Mengatasinya

Terdapat sejumlah alasan mengapa kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya seperti ini

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang mengeluh kucing susah makan dan menganggap ini hanya karena si kucing rewel saja. Padahal, bisa jadi ini merupakan masalah serius.

Meski susah makan dapat menjadi masalah semua hewan peliharaan, hal ini bisa lebih berbahaya bagi kucing.

Ketika hewan tidak mengonsumsi makanan yang cukup, mereka harus mengandalkan cadangan lemaknya untuk energi.

Sebelum lemak yang disimpan dapat digunakan untuk bahan bakar, harus diproses oleh hati. Proses ini membutuhkan pasokan protein yang cukup.

Penurunan berat badan yang cepat pada kucing dapat membuat persediaan protein habis dengan cepat. Akibatnya, hati menjadi kewalahan. Ini dapat menyebabkan gagal hati atau biasa disebut lipidosis hati.

Biasanya, kucing tidak mau makan merupakan tanda-tanda dari gejala suatu penyakit. Apabila kucing Anda sudah menunjukkan gejala tersebut, segeralah berkonsultasi dengan dokter hewan.

Semakin cepat masalah ditanggapi, semakin mudah pula penanganannya.

Mengapa Kucing Tidak Mau Makan?

1. Vaksinasi

Reaksi negatif tehadap suntikan, termasuk vaksinasi, dapat menjadi alasan lain mengapa kucing tidak mau makan, melansir dari PetMD.

Meskipun vaksin berperan besar untuk menyelamatkan hewan, tapi vaksin juga bisa memberi efek samping ringan pada beberapa hewan. Salah satu efek sampingnya adalah kehilangan nafsu makan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Infeksi Saluran Pernapasan Bisa Jadi Alasan Kucing Tidak Mau Makan

Kehilangan nafsu makan dapat menjadi alasan utama adanya penyakit pada kucing, salah satunya infeksi saluran pernapasan. Penyakit ini dapat menurunkan nafsu makan karena hidung tersumbat, demam, atau kelelahan.

Jika hidung kucing tersumbat, mereka akan lebih sulit mencium bau makanan. Akibatnya, mereka tidak mau makan.

Apabila ini terjadi, Anda bisa mencoba memberi makanan basah, terutama yang memiliki aroma kuat. Jika tetap tidak mau, coba ganti rasa atau teksturnya.

Gejala infeksi saluran pernapasan pada kucing menurut PetMD di antaranya banyak bersin, mata berair, dan pilek.

Penyakit hidung lainnya seperti polip hidung dan tumor juga dapat memengaruhi indra penciuman dan nafsu makan kucing.

3 dari 4 halaman

Depresi Bisa Jadi Salah Satu Alasan Kucing Tidak Mau Makan

Lingkungan Asing

Perubahan rutinitas bisa mengakibatkan nafsu makan hilang. Selain itu, beberapa hewan mungkin mengalami mabuk mobil atau pesawat saat bepergian. Hal ini dapat menyebabkan mual, sehingga menolak untuk makan.

Masalah Psikologis

Jika hasil konsultasi dengan dokter menunjukkan bahwa kucing Anda tidak sakit secara fisik, bisa jadi psikologisnya yang bermasalah.

Layaknya manusia, kucing bisa mengalami kecemasan atau depresi. Hal ini mengakibatkan mereka tidak mau makan.

Terkadang, orang baru atau perubahan rutinitas dapat memengaruhi psikologis kucing. Perlu diingat bahwa pada umumnya, kucing butuh waktu cukup lama untuk menyesuaikan diri dengan pola baru.

Makan Yang Tidak Seharusnya

Layaknya manusia, kucing juga memiliki rasa ingin tahu. Namun, terkadang ini bisa berdampak buruk.

Tak jarang kita melihat kucing berusaha memakan tali, ikat rambut, atau benda lain yang bisa tersangkut di perut atau usus kecilnya.

Segera hubungi dokter hewan apabila curiga kucing Anda telah memakan sesuatu yang tidak seharusnya dimakan, disertai penurunan nafsu makan.

4 dari 4 halaman

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Kucing Tidak Mau Makan?

Kucing tergolong cukup pintar dalam menyembunyikan rasa sakit mereka. Oleh sebab itu, penting bagi pemilik untuk memperhatikan apabila ada perubahan, khususnya dalam hal makan.

Kucing dewasa, terutama yang kelebihan berat badan, dapat menderita lipidosis hati jika mereka berhenti makan. Jadi, segera konsultasikan ke dokter hewan.

Ada banyak pilihan pengobatan untuk kehilangan nafsu makan, tapi pengobatannya tergantung pada penyebabnya.

Jika ada masalah kesehatan, kucing Anda mungkin membutuhkan antibiotik, perubahan pola makan, rawat inap dan terapi cairan, obat anti mual, bahkan pembedahan.

Apabila dokter hewan menyatakan bahwa kucing Anda sehat, tetapi pemilih makanan, Anda dapat memberi makan dengan tekstur, rasa, atau bentuk yang berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.