Sukses

Cara Menghilangkan Stretch Mark Pada Kulit yang Mengganggu, Bisa Dilakukan di Rumah

Namun, jika kamu mencari cara menghilangkan guratan halus ini di rumah saja, maka beberapa tips berikut bisa untuk dicoba.

Liputan6.com, Jakarta Stretch mark merupakan garis-garis yang muncul pada permukaan kulit, khususnya di beberapa area tertentu seperti perut, paha, dan lengan. Kondisi ini biasanya bisa terjadi pada perempuan yang baru melahirkan maupun yang memiliki berat badan berlebih alias obesitas. Guratan halus pada kulit tersebut sudah pasti mengganggu penampilan dan bikin banyak perempuan jadi tidak percaya diri.

Dibutuhkan kesabaran dan waktu yang relatif lama dalam mengatasi stretch mark pada kulit. Hal tersebut juga bergantung pada kondisi kulit dan faktor genetik yang dimiliki oleh tiap orang. Makanya, banyak yang memilih untuk pergi ke rumah sakit agar bisa mendapatkan perawatan laser, yang dipercaya dapat menghilangkan garis stretch mark dengan lebih cepat. 

Namun, jika kamu mencari cara menghilangkan guratan halus ini di rumah saja, maka beberapa tips berikut bisa untuk dicoba.

Melakukan Eksfoliasi

Menghilangkan garis halus akibat stretch mark bisa dilakukan dengan rutin mengeksfoliasi area kulit yang terdampak. Meski perawatan ini biasanya dimanfaatkan untuk wajah, namun kulit bagian tubuh lain nyatanya juga bisa diberikan perawatan yang sama. 

Melakukan eksfoliasi ini memang tak bisa menghilangkan sepenuhnya area yang mengalami stretch mark. Namun, setidaknya guratan-guratan halus yang ada bisa tersamarkan dan tak separah kondisi awalnya. Untuk produk eksfoliasi sendiri, kamu bisa memilih yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit yang dipunya. 

Menggunakan Gel Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya sudah terkenal dan tak perlu diragukan lagi. Apalagi kalau urusan mengatasi permasalahan kulit seperti stretch mark. Di dalam bahan alami ini, terdapat kandungan vitamin E yang bantu memproduksi kolagen, serta meningkatkan elastisitas dan kelembaban pada kulit. 

Jika dioleskan dengan rajin dan telaten, maka stretch mark yang kamu alami bisa perlahan berkurang. Kamu bisa mengaplikasikan produk gel lidah buaya secara merata ke permukaan kulit yang memiliki garis-garis halus stretch mark. Setelahnya, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

Memanfaatkan Krim Topikal

Tips selanjutnya yang bisa dicoba untuk menghilangkan stretch mark adalah dengan memanfaatkan krim topikal. Umumnya, ada dua macam jenis krim topikal yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan seperti ini. Di antaranya adalah krim retinoid dan krim asam hialuronat. 

Keduanya memiliki cara kerja yang sama, yaitu dengan merangsang produksi kolagen pada kulit untuk mempercepat proses regenerasi. Namun, jika kamu menggunakan metode perawatan ini, maka sebaiknya dilakukan atas anjuran dokter, ya. Sebab, penggunaan krim topikal sendiri biasanya akan memakan waktu yang relatif lama untuk menghilangkan tanda stretch mark yang dialami.

Minyak Vitamin E

Memanfaatkan vitamin E juga bisa jadi solusi baik untuk menghilangkan garis stretch mark di permukaan kulitmu. Kebaikan yang dimiliki oleh vitamin ini dipercaya mampu memudarkan garis halus pasca melahirkan ataupun saat sedang kelebihan berat badan. Selain itu, vitamin E juga dapat digunakan untuk mengembalikan elastisitas kulit. 

Itulah beberapa cara sederhana untuk memudarkan stretch mark pada area kulit. Menariknya, berbagai produk perawatan ini bisa kamu temukan dan beli secara mudah lewat berbagai e-commerce yang ada. Namun, pilih yang memang bisa memberikan keuntungan dan kemudahan, ya. Mulai dari diskon, gratis ongkir, serta fitur-fitur canggih yang dapat diandalkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini