Sukses

Selain Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Masyarakat banyak percaya air kelapa mampu membantu memelihara kesehatan. Apa saja manfaatnya?

Liputan6.com, Jakarta Selain menyegarkan, masyarakat banyak meyakini air kelapa mampu membantu memelihara kesehatan. 

Selain itu, apa saja manfaat yang terkandung jika Anda mengonsumsi air kelapa? Beberapa penelitian mengungkapkan manfaat baik dari meneguk segarnya air dalam buah kelapa ini. 

 

Sumber Mineral Alami

Air kelapa merupakan sumber mineral alami, termasuk kalium, magnesium, kalsium, dan natrium. Mineral elektrolit penting ini berperan besar bagi tubuh, termasuk kesehatan jantung, fungsi tulang, dan otot.

Faktanya, beberapa mengklaim air kelapa setara dengan keseimbangan elektrolit yang ditemukan di banyak minuman isotonik.

 

Membantu Mencegah Batu Ginjal

Penting bagi manusia untuk memiliki asupan cairan yang cukup. Hal ini dilakukan untuk menghindari pembentukan batu ginjal. 

Batu dibuat ketika senyawa seperti kalsium dan oksalat bergabung membentuk kristal yang dapat bergabung bersama untuk membuat batu.

Sebagaimana ditulis BBC Good Food pada 4 November 2021, menurut penelitian, tak hanya mengurangi jumlah batu, minum air kelapa juga dapat mencegahnya menempel pada ginjal dan saluran kemih.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Daya Tahan dan Bantu Obati Jerawat

Dapat Mendukung Performa Atletik

Mengonsumsi air kelapa ternyata juga dapat meningkatkan daya tahan dan kinerja atletik. Hal ini terjadi karena air kelapa mengandung karbohidrat dalam bentuk glukosa (gula sederhana) yang dikombinasikan dengan dua komponen utama yang sering ditemukan dalam minuman olahraga komersial, mineral elektrolit natrium dan kalium.

Menurut penelitian, minum air kelapa sebelum berolahraga meningkatkan kemampuan berolahraga di lingkungan bersuhu tinggi.

Penelitian lainnya menemukan bahwa air kelapa yang diminum setelah berolahraga membantu rehidrasi dengan cara yang mirip dengan minuman olahraga karbohidrat-elektrolit, tetapi tidak berdampak signifikan pada performa olahraga.

 

Melembapkan Kulit dan Mengobati Jerawat

Manfaat yang sering dijadikan alasan utama untuk mengonsumsi air kelapa, khususnya bagi para kaum hawa, adalah dapat melembabkan kulit.

Hal ini dapat dilakukan baik dengan meminumnya atau mengoleskannya ke kulit sebagai efek pelembap.

Hasil penemuan penelitian yang dilakukan pada tahun 2017, air kelapa memiliki efek antimikroba. Para peneliti menunjukkan bahwa mengoleskannya ke kulit juga dapat membantu mengobati jerawat.

3 dari 4 halaman

Berpotensi Punya Efek Antikosidan dan Bantu Kelola Gula Darah

Berpotensi Memiliki Sifat Antioksidan

Menurut penelitian yang dilakukan pada hewan, air kelapa mengandung senyawa yang memiliki efek antioksidan pelindung. Dua dari fitonutrien yang terkandung dalam air kelapa ini adalah asam shikimat dan asam caffeic. Hal itu bermanfaat dalam penelitian pada hewan mulai dari penurunan penanda kolesterol hingga peningkatan kesehatan hati.

Akan tetapi, hingga saat ini penelitian tersebut belum dilakukan kepada manusia. Oleh karena itu, belum bisa dipastikan apakah manfaat tersebut dapat dinikmati juga oleh manusia.

 

Bantu Kelola Kadar Gula Darah

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu mengatur kadar gula darah dan dapat menjadi sumber magnesium. Magnesium membantu mengatur kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes.

Hal yang sama juga terjadi pada penelitian ini, yaitu belum dilakukan kepada manusia. Masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan kesamaan efek ini pada manusia.

4 dari 4 halaman

Aman untuk Dikonsumsi Semua Orang?

Untuk mayoritas orang secara umum, air kelapa tergolong aman untuk dikonsumsi. Namun, jika Anda mengalami gagal ginjal atau kondisi ginjal yang mengharuskan Anda untuk mengatur asupan kalium yang masuk ke dalam tubuh, disarankan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi minuman ini atau tanyakan kepada ahli terlebih dahulu. 

Selain itu, air kelapa merupakan sumber karbohidrat. Jadi, jika Anda telah didiagnosis menderita diabetes, tanyakan terlebih dahulu kepada dokter Anda sebelum menjadikan air kelapa sebagai bagian dari list diet Anda. 

Ada sebagian kecil kelompok orang yang memiliki reaksi alergi terhadap kelapa. Namun, hal itu jarang terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.