Sukses

Fungal Acne: Penyebab, Ciri-Ciri, Gejala, dan Cara Atasi dengan Tepat

Fungal acne memiliki istilah medis, yaitu pityrosporum folliculitis atau malassezia folliculitis.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah mendengar istilah fungal acne? Jika belum, istilah tersebut biasa diketahui orang banyak dengan sebutan jerawat jamur. Kondisi tersebut berbeda dengan jerawat pada biasanya. 

Fungal acne memiliki istilah medis, yaitu pityrosporum folliculitis atau malassezia folliculitis. Fungal acne merupakan jerawat yang disebabkan oleh jamur Melassezia. Jerawat tersebut dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit penderitanya.

Kondisi tersebut dapat merusak estetika atau penampilan seseorang jika tidak ditangani dengan baik. Untuk itu, Anda harus mengetahui penyebab, ciri-ciri, gejala, dan cara mengatasinya dengan tepat, ya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab, Ciri-Ciri, dan Gejala Fungal Acne

Fungal acne dapat disebabkan oleh beberapa faktor pemicunya. Terdapat dua faktor yang menyebabkan fungal acne terjadi. 

Faktor Internal

Faktor ini terjadi ketika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan, penyakit yang dimiliki, atau kehamilan.

Faktor Eksternal

Berkebalikan dari yang sebelumnya, faktor ini dipicu oleh produk skincare yang Anda gunakan, kelembapan udara, udara panas, atau keringat.

Kelembapan udara menjadi salah satu faktor yang menyebabkan fungal acne terjadi. Udara yang panas dan lembap akan membuat tubuh lebih mudah berkeringat. Oleh sebab itu, permasalahan fungal acne ini kerap terjadi di negara yang beriklim tropis, seperti Indonesia.

Ciri-Ciri Fungal Acne

Setelah mengetahui penyebab fungal acne terjadi, kali ini Anda harus memahami. Ciri-ciri ketika Anda berada pada kondisi tersebut. 

Kemunculan yang berkelompok

Jika jerawat muncul satu per satu, berbeda dengan fungal acne. Ketika Anda dalam kondisi ini, jerawat akan muncul secara berkelompok pada satu area yang berdekatan. Itu bisa terjadi karena adanya jamur yang mengendap di suatu area kulit. 

Ukuran yang Kecil

Berbeda dengan jerawat batu yang memiliki ukuran besar, fungal acne memiliki ukuran yang kecil. Jerawat akibat dari jamur ini juga biasanya memiliki nanah di dalamnya.

Muncul di Area Wajah yang Berminyak

Fungal acne dapat muncul di area wajah yang paling berminyak, seperti dahi, hidung, dan dagu. Jerawat yang disebabkan oleh jamur ini juga dapat muncul di bagian lengan, dada, hingga punggung.

Gejala Fungal Acne

Terdapat beberapa gejala yang memiliki indikasi bahwa Anda terkena fungal acne.

Terasa Gatal

Fungal acne memiliki gejala jerawat yang terasa gatal. Rasa gatal tersebut akan membuat Anda ingin menggaruknya. Akan tetapi, jika Anda menggaruknya hal itu bisa menyebabkan fungal acne menyebar ke area lainnya.

Terasa Menyengat

Kemunculan fungal acne juga dapat menyebabkan bengkak dan kemerahan yang bisa memberikan rasa sakit terhadap kulit. Kondisi tersebut menimbulkan sensasi menyengat yang membuat Anda risih.

3 dari 3 halaman

Cara Mencegah Fungal Acne

Langkah tepat untuk mencegah fungal acne muncul adalah dengan merawat kulit dan menjaga kebersihannya dengan baik. Pasalnya, jamur akan bersarang di tubuh Anda ketika dalam kondisi kotor dan tidak terawat. 

Dikutip dari Alodokter, berikut ini cara mengatasi fungal acne sekaligus mengontrol pertumbuhan jamur di kulit.

  • Hindari mengenakan pakaian ketat untuk waktu yang lama.
  • Mandi dan ganti pakaian bersih segera setelah berolahraga atau aktivitas apa pun yang menyebabkan keringat.
  • Kenakan pakaian berbahan katun karena mudah menyerap keringat.
  • Gunakan sampo antijamur atau antiketombe sekali dalam seminggu untuk mencegah fungal acne muncul kembali.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sabun mandi yang memiliki formula pH balance dengan perlindungan terpercaya, kandungan bahan aktif yang efektif melindungi dari kuman, busa yang melimpah menjaga kelembaban kulit, dan mengandung gliserin yang terbukti halus dan lembut di kulit.

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.